Bisnis

10 Podcast Bisnis Terbaik untuk Pengusaha

Written by Arni Tsalitsa

Podcast adalah siaran non-streaming yang disampaikan melalui audio. Bagi kamu yang baru mengenal podcast, mungkin akan merasa bahwa ini seperti radio. Ya, kamu benar sekali!

Podcast memang hampir mirip dengan radio, tapi tetap saja beda ya…Podcast merupakan rekaman. Biasanya jarang sekali ada iklan, tidak ada selingan lagu dan kamu juga dibebaskan untuk memilih waktu dan topik yang ingin kamu dengarkan lho…

Bagi sebagian entrepreneur, saat ini mendengarkan podcast adalah salah satu cara yang terbaik dan mudah untuk mendapatkan ilmu bisnis serta tips-tips bermanfaat dari para masternya.

Podcast bisnis yang menampilkan kisah-kisah sukses, dapat menginspirasi atau mendorong seorang pengusaha untuk terus maju dan mencoba strategi baru yang belum pernah dilakukan.

10 Podcast Bisnis Terbaik untuk Pengusaha

Podcast telah menjadi salah satu bentuk media modern paling popular dengan topik-topik seperti kewirausahaan dan bisnis, sejarah, kisah misteri, mode, kesehatan, dan lain-lain.

Pemilik bisnis dan CEO kini banyak yang telah membagikan kisah mereka di podcast dengan harapan dapat menginspirasi orang lain atau membantu wirausahawan untuk belajar dari kesalahan mereka.

Lalu apa saja rekomendasi podcast terbaik untuk para pengusaha? Ini dia 10 podcast terbaik yang dapat kamu dengar dan jadikan acuan belajar sebagai seorang pengusaha.

The Indicator From Planet Money

Sumber : npr.org 

The Indicator From Planet Money adalah podcast yang mencakup bahasan ekonomi dan bisnis kreatif, terdapat sesi menghibur yang melibatkan suatu permainan, tantangan, wawancara dengan para ahli dan masih banyak lagi.

Episode baru diposting setiap hari kerja di NPR dan biasanya berlangsung antara enam hingga 20 menit. Episode berfokus pada peristiwa terkini, bisnis, dan ekonomi yang menjadikan podcast  ini menarik dan beragam.

The Tim Ferriss Show

Sumber : mingsmartialarts.co.za

The Tim Ferriss Show adalah seorang penulis dan memproklamirkan diri sebagai "manusia percobaan". Podcast mingguannya mencakup berbagai topik seperti investasi dan seni, dan merupakan salah satu podcast bisnis paling populer di iTunes.

Ferriss mewawancarai para ahli dan tamu untuk memberi suatu wawasan baru, produk yang relevan, kebiasaan dan rutinitas positif, serta strategi untuk sukses. Tamu-tamu yang telah mengisi podcast The Tim Ferriss Show antara lain Arnold Schwarzenegger, Jamie Foxx, Edward Norton, Tony Robbins, dan ratusan lainnya.

The Successful Mind

Sumber : podby.fm

Setelah selamat dari kecelakaan yang hampir fatal sebagai operator forklift, kini David Neagle mengubah jalan hidupnya.

Dia sekarang adalah seorang trainer bisnis yang sukses dan pemilik bisnis jutaan dolar yang membagikan pemikirannya tentang bagaimana pola pikir yang sukses dapat menempatkan seseorang di jalan yang benar di The Successful Mind.

Topik-topik yang telah dibahas pada episode sebelumnya antara lain cara menemukan kebahagiaan, mengatasi hambatan, dan cara membentuk sistem kepercayaan.

Youpreneur FM

Sumber : rainmaker.fm

Youpreneur FM yang dibentuk oleh Chris Ducker adalah podcast mingguan yang memperkenalkan pendengar kepada para pemimpin top bisnis onlinedan juga para wirausaha personal branding.

Setiap episode memiliki rentang panjang waktu mulai dari lima menit hingga satu jam dan mencakup berbagai topik seperti bagaimana membangun merek pribadi, bagaimana kamu dapat memasarkan diri sebagai pakar industri, dan bagaimana meluncurkan produk serta layanan online.

Para solopreneur, konsultan, blogger, dan pekerja lepas (freelancers) biasanya akan menyukai podcast ini secara langsung, saran yang diberikan bisa ditindaklanjuti dan terdapat berbagai sumber termasuk buku dan alat-alat penilaian online untuk melihat langkah selanjutnya.

StartUp

Sumber : ventureasheville.com

StartUp adalah podcast yang mencakup seluk beluk dari apa sebenarnya yang diinginkan untuk memulai suatu bisnis dan menerapkannya di lapangan (praktik).

Masing-masing episode berjalan sekitar 30 menit dan membahas topik-topik dari cara memilih nama untuk perusahaan kamu, mengapa Cina berusaha mengubah citranya, dan bagaimana menyeimbangkan kewirausahaan dengan orang tua.

Host Alex Blumberg adalah jurnalis radio pemenang penghargaan, mantan produser untuk This American Life dan Co-founder NPR's Planet Money. Tuan rumahnya, Lisa Chow, sebelumnya adalah editor senior di FiveThirtyEight dan juga seorang reporter di NPR's Planet Money dan WNYC.

Entrepreneurs on Fire

Sumber : static.libsyn.com

Entrepreneurs on Fire adalah podcast harian yang menampilkan wawancara oleh John Lee Dumas dengan pengusaha paling sukses saat ini.

Setiap episode berlangsung 20 hingga 30 menit (laporan bonus lebih panjang), dan setiap orang yang diwawancarai membagikan perjalanan wirausaha pribadi mereka, momen wirausaha terburuk mereka, momen aha yang mengubah ide mereka menjadi sukses, dan masih banyak lagi.

Marketing Over Coffee

Sumber : listennotes.com

Marketing Over Coffee merupakan salah satu podcast bisnis terbaik. Tuan rumah Christopher S. Penn dan John J. Wall memberikan episode yang dikemas dengan tips pemasaran yang bermanfaat.

Direkam dan diterbitkan setiap hari Kamis pagi, setiap podcast berlangsung selama 20 hingga 40 menit, dan pendengar reguler mengatakan mereka tidak melewatkan satu episode.

Wall dan Penn secara teratur membahas topik-topik yang berfokus pada media sosial, SEO dan search marketing, pemasaran email, dan bagaimana menggabungkan metode pemasaran "cara lama" ke dalam dunia pemasaran modern.

The Blogging Millionaire

Sumber : brandongaille.com

Host Brandon Gaille, blognya memiliki 2 juta pengunjung bulanan dan sekarang dia membagikan rahasianya di podcast dengan masing-masing episode berdurasi sekitar 10 menit.

The Blogging Millionaire dengan cepat dan efektif mengajarkan strategi yang digunakan blogger profesional untuk membangun traffic dan menghasilkan uang dari pekerjaan mereka.

Podcast mencakup topik seperti peretasan SEO, cara menulis judul blog yang efektif, dan kiat untuk menggunakan alat seperti Mailchimp dan Canva. Dia juga membahas aspek-aspek di balik layar dari peringkat di Google, cara menemukan afiliasi bergaji tinggi, dan kiat serta trik untuk menjadi fokus dan produktif.

Behind the Brilliance

Sumber : static.libsyn.com

Behind the Brilliance adalah podcast jangka panjang mingguan yang menawarkan percakapan dengan beberapa inovator terkemuka dunia dalam berbagai industri. Para tamu termasuk pengusaha, jurnalis, fitness leader dan banyak lagi.

Tuan rumah Lisa Nicole Bell memimpin percakapan tentang bagaimana tamunya menemukan jalan mereka dalam kehidupan dan bagaimana pendengar dapat merancang kehidupan ideal mereka di bidang mereka sendiri.

Behind the Brilliance digambarkan sebagai acara Oprah Winfrey di podcast, Lisa menyoroti pekerjaan orang-orang kreatif di semua jenis industri, memungkinkan pendengar untuk melihat secara sekilas seperti apa menjadi kepala redaksi, sejarawan , CEO dan banyak lagi.

Ini cara yang bagus untuk mendapatkan inspirasi dari sumber yang tidak terduga.

How I Built This

Sumber : media.npr.org

Dipandu oleh Guy Raz, How I Built This menggali asal-usul beberapa perusahaan terbesar dan paling sukses di dunia dalam format naratif yang menarik.

Para pendiri dan CEO bisnis yang ditampilkan dalam acara ini mendiskusikan bagaimana mereka terinspirasi untuk memulai bisnis mereka dan ketika kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil. Raz juga mengeksplorasi dengan tamu dampak bisnis mereka terhadap dunia.

Salah satu episodenya adalah mengeksplorasi asal-usul perusahaan pakaian Outdoor Voices, dengan pendiri Tyler Haney yang membagikan visinya tentang pakaian atletik sehari-hari yang kasual dan bagaimana mendiang Jake Burton menumbuhkan bisnisnya yaitu Burton Snowboards (papan luncur) hingga menjadi nama merek snowboard terbesar.

Karyawan vs Pengusaha, Pilih yang Mana?

  ·   5 min read