Entertainment, Opini

3 Rekomendasi Film dari Studio Ghibli di Netflix Indonesia

Written by Shafira Annisa Putri

Mulai Selasa, 7 Juli 2020, Telkom dan IndiHome resmi membuka layanan Netflix. Hal ini tentunya menjadi berita baik bagi para pengguna IndiHome. Sebelumnya, pengguna IndiHome hanya bisa mengakses Netflix menggunakan VPN (Virtual Private Network) yang tentunya harus diunduh dan dibeli lagi secara terpisah.

Netfix sendiri merupakan salah satu media streaming yang menyediakan hiburan seperti film atau serial televisi asal Amerika Serikat. Pembukaan layanan Netflix diyakini dapat mendorong masyarakat untuk menghindari menonton dari situs bajakan. Dengan dimudahkannya akses terhadap konten secara resmi, diharapkan masyarakat tidak mempergunakan situs bajakan yang tentunya merugikan para pekerja kreatif.

Nah, dari banyaknya film dan serial yang terdapat di dalam Netflix, film-film yang diproduksi studio animasi Ghibli menjadi yang termasuk menarik untuk ditonton, lho! Berikut beberapa rekomendasi film studio Ghibli yang bisa kamu tonton di Netflix untuk menemanimu selama karantina.

The Wind Rises

Source: google

Film yang dirilis pada tahun 2013 ini mendapatkan skor sebesar 88% dari website Rotten Tomatoes. Rotten Tomateoes sendiri adalah situs review dan rating film yang bisa dijadikan rujukan untuk mempertimbangkan menonton sebuah film.

The Wind Rises bercerita tentang kisah nyata Jiro Horikoshi seorang insinyur kedirgantaraan Jepang. Romansa dan perjalanan menggapai impian digambarkan dengan baik dalam film. Mulai dari impian Jiro semenjak kecil untuk terbang dan membangun pesawat hingga kisah cintanya dengan Naoko.

Dari kisah Jiro Horikoshi, penonton dapat belajar bagaimana cara menyiasati rintangan yang diberikan oleh hidup untuk mencapai impian.

Ocean Waves

Source: google

Sama seperti The Wind Rises, film Ocean Waves mendapatkan skor sebesar 88% di website Rotten Tomatoes. Ocean Waves dirilis pada tahun 1993 dan juga diketahui dengan judul I Can Hear The Sea.

Ocean Waves bercerita tentang cinta segitiga di antara teman SMA. Walaupun begitu, jangan langsung menganggap film ini remeh. Tidak ada adegan perkelahian atau jalan cerita berlebihan antara dua teman lelaki untuk mendapatkan hati teman wanita mereka tersebut.

Ocean Waves menggambarkan secara realistis bahwa terkadang orang yang tidak memperlihatkan ketertarikannya dengan seseorang justru akhirnya yang berakhir dengan orang tersebut. Hati memang mudah berbolak-balik ya.

Ocean Waves dapat memberikan penonton suatu sudut pandang baru yang mungkin lebih segar. Hal tersebut dikarenakan Ocean Waves merupakan film pertama yang bukan diarahkan oleh dua sutradara yang selalu menyutradarai film studio Ghibli yaitu Hayao Miyazaki atau pun Isao Takahata, lho!

Spirited Away

Source: google

Mungkin kamu pernah mendengar judul film ini? Ya, Spirited away merupakan buah karya dari Studio Ghibili yang amat sering diperbincangkan penyuka film lho! Spirited Away mendapatkan skor sebesar 97% dari Rotten Tomatoes dan bisa dibilang merupakan film produksi Ghibli yang paling terkenal.

Bercerita tentang kisah seorang anak bernama Chihiro dan kedua orang tuanya yang secara tidak sengaja tersesat ke sebuah tempat hiburan bagi para roh untuk beristirahat. Untuk membebaskan dirinya dan orang tuanya dan keluar dari tempat tersebut, Chihiro harus bekerja di sana.

Di balik animasinya yang memanjakan mata dan jalan ceritanya yang mendebarkan hati, sebuah teori menduga film ini merupakan sebuah perumpamaan untuk sebuah isu penting yaitu praktik pelacuran anak.

Benar atau tidaknya teori itu masih dapat diperdebatkan. Namun, di saat menonton Spirited Away dipastikan penonton akan merasakan petualangan seru sebagai Chihiro di dunia para roh.

Nah, itulah beberapa judul film Ghibli yang dapat kamu nikmati melalui Netflix untuk menemanimu. Satu tips dari penulis, kalo kamu tau, film-film studio Ghibli memang cocok sekali untuk menenangkan sekaligus memotivasi diri jadi cobalah menontonnya disaat sore-sore deh biar suasananya juga lebih mendukung!