Lifestyle

4 Aplikasi Investasi Online yang Patut Kamu Coba

Written by Adrianus Sukanto

Berkembangnya teknologi digital telah membuat banyak hal berubah menjadi online. Termasuk investasi yang saat ini dapat kamu lakukan secara online. Dibandingkan dengan investasi offline, investasi online dinilai lebih praktis.

Investasi offline membutuhkan waktu yang cukup lama karena memungkinkan kita harus mengantre. Lain halnya dengan investasi online yang mudah dijangkau melalui gadget, kita tidak perlu repot-repot mengunjungi ke perusahaan yang menyediakan layanan investasi. Selain itu, waktu yang dibutuhkan hanya beberapa menit saja.  

Kemudahan tersebut menyebabkan investasi online lebih digandrungi oleh sebagian besar orang, termasuk anak muda. Tidak sedikit anak muda di Indonesia yang berencana untuk melakukan investasi di usia muda.

Berinvestasi di usia muda merupakan langkah yang bijak untuk kamu lakukan. Mengapa demikian? Tentu saja, melihat harga kebutuhan yang semakin mahal, maka kamu juga membutuhkan uang yang cukup banyak agar segala kebutuhanmu terpenuhi. Ketika kamu melakukan investasi, secara tidak langsung kamu telah belajar mengelola uang untuk masa depanmu.

Namun, salah satu hal yang menghambat generasi muda untuk melakukan investasi adalah minimnya pengetahuan akan cara berinvestasi secara online. Hal ini mengakibatkan mereka menjadi ragu untuk memulai investasi. Keraguan ini juga didorong oleh pemikiran akan modal yang harus dipersiapkan.

Mungkin hal ini juga yang sedang kamu rasakan, ya. Nah tenang saja, kamu tidak perlu khawatir untuk mulai berinvestasi. Sekarang kamu tetap dapat melakukan investasi online walaupun hanya dengan modal minim secara lho! Berikut 4 aplikasi yang dapat kamu coba untuk melakukan investasi online dengan modal minim.

Bareksa

Sumber: Bareksa.com

Jika kamu ingin mencoba investasi reksadana, Bareksa sudah tidak perlu kamu ragukan lagi kualitasnya. Pasalnya, Bareksa telah resmi diluncurkan sejak 2013. Selain itu, aplikasi ini telah meraih penghargaan dari The Asian Banker pada tahun 2018 dan Kemenkeu RI di tahun berikutnya.

Menariknya lagi, Bareksa telah menyediakan fitur investasi baru, yaitu emas. Melalui aplikasi ini, kamu dapat memulai investasi dengan modal Rp 100.000 saja, lho!

Bibit

Sumber: bibit.id

Opsi lain jika ingin melakukan investasi reksadana dan obligasi adalah aplikasi Bibit. Menariknya, Bibit memiliki fitur yang cukup unik, yaitu Robo Advisor. Fitur ini dapat membantu kamu untuk memilih reksadana sesuai dengan profil risiko dan jumlah modal yang kamu investasikan.

Selain itu, kamu dapat berkonsultasi via chat melalui aplikasi tersebut perihal investasi dan informasi lainnya yang kamu butuhkan. Dengan adanya fitur ini, Bibit memang menargetkan investor pemula. Kamu dapat melakukan investasi dengan modal dari Rp 10.000 melalui aplikasi ini.

Tamasia

Sumber: Tamasia.co.id

Berbeda dengan Bareksa dan Bibit, Tamasia merupakan aplikasi investasi emas. Jika kamu berpikir bahwa investasi emas membutuhkan modal yang banyak, maka kamu keliru.

Tamasia menawarkan kamu untuk melakukan investasi emas dimulai dengan modal yang sangat minim, yaitu Rp 10.000. Namun, besaran gram emas yang akan kamu dapat dengan modal Rp 10.000 tersebut akan dikalkulasikan berdasarkan harga emas saat itu (1 gram = Rp 835.294 per 12 Juni 2020).

Koinworks

Sumber: koinworks.com

Aplikasi ini merupakan aplikasi 2P2 Lending (Peer-to-Peer Lending). Aplikasi ini telah diluncurkan sejak 2016 silam. Hingga kini, pengguna aplikasi ini telah mencapai 300.000 pengguna aktif di seluruh Indonesia.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang serupa dengan Bibit, yaitu KoinRobo. Adanya fitur ini memudahkan pengguna untuk masalah pendanaan mereka, sehingga keuntungan bunga yang telah diprediksi dapat terpenuhi pada saat waktu yang telah ditetapkan.

Itulah 4 aplikasi investasi yang dapat kamu coba sebagai investor pemula. Setelah membaca 4 opsi aplikasi di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?

Sejatinya, masih banyak aplikasi investasi serupa yang dapat kamu jelajahi sendiri. Ketika kamu telah memutuskan untuk melakukan investasi, pastikan bahwa kamu paham cara berinvestasi yang bijak dan peluang risiko yang ada, ya!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read