4 Ekstensi Google Chrome Terbaik Untuk Mahasiswa

Written by Shafira Annisa Putri

Menggunakan internet untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan bagi mahasiswa merupakan sebuah hal yang lumrah. Tentunya, untuk mengakses internet diperlukan bantuan web browser seperti Google Chrome.

Maka dari itu, di bawah ini merupakan empat ekstensi Chrome terbaik untuk mahasiswa yang tentu sudah dicoba kemanjurannya. Semakin cepat tugas selesai, semakin banyak waktu luang untuk streaming deh!

Find Sci Paper

Source: google

Mahasiswa mana sih yang tidak butuh untuk membaca artikel atau jurnal ilmiah sebagai referensi? Walaupun dengan berbagai alasan yang baik dan memang masuk akal, dirasa kebanyakan mahasiswa belum mampu untuk mengeluarkan uang sebesar $40 hanya untuk mengakses sebuah artikel ilmiah.

Seperti sebuah rahasia umum, Sci Hub merupakan sebuah website yang membantu membuat pengetahuan menjadi gratis. Cukup dengan menyalin link artikel ilmiah ke dalam website Sci Hub, artikel dan jurnal ilmiah dapat diakses dengan gratis.

Nah, ekstensi Chrome yang ini memudahkan mengakses artikel dan jurnal ilmiah tanpa harus menyalin link kembali ke dalam website Sci Hub. Cukup menekan ikon ekstensi Find Sci Paper yang sudah diunduh dan artikel akan langsung terbuka pada tab baru.

Weava

Source: google

Pada saat meneliti dari sumber yang ada di internet, terkadang ada beberapa informasi yang bersifat lebih penting dari informasi lainnya. Jika melakukan penelitian dengan sumber referensi buku, mahasiswa dapat dengan mudah menggunakan stabilo untuk memisahkan informasi tersebut.

Weava sendiri merupakan sebuah ekstensi Chrome yang berfungsi bagaikan sebuah stabilo. Penggunaannya pun sangat mudah dan praktis. Terdapat 5 warna tersedia untuk menyoroti informasi penting pada website atau dokumen PDF yang dibuka di dalam Chrome.

Selain itu saat pengguna Chrome menekan ikon ekstensi Weava, mereka akan diarahkan pada tab baru yang memungkinkan untuk mengorganisasikan setiap website dan dokumen yang telah di-highlight sebelumnya.

My Bib Citation

Source: google

Menghindari terjadinya plagiasi, setiap sumber yang digunakan untuk melengkapi sebuah tugas sifatnya wajib dicantumkan di dalam daftar pustaka.

Ekstensi My Bib Citation memudahkan mahasiswa untuk membuat daftar pustaka sesuai dengan berbagai gaya/ketentuan yang biasa digunakkan. Cukup menekan ikon ekstensi My Bib Citation saat membuka tab website yang dijadikan referensi dan akan langsung tersedia sitasi yang dibutuhkan. Setelah itu, sitasi yang telah dibuat oleh ekstensi cukup disalin ke dalam daftar pustaka tugas.

Grammarly for Chrome

Source: google

Mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai bahasa asing,  terutama bahasa Inggris. Namun, masih banyak mahasiswa yang merasa takut untuk menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari mereka.

Dengan fitur yang ditawarkan oleh ekstensi ini, mahasiswa tidak perlu merasa takut lagi. Grammarly sendiri merupakan sebuah layanan yang dapat membantu mengoreksi kesalahan dalam sebuah tulisan bahasa Inggris. Mulai dari mengoreksi tata bahasa hingga gaya dan nada tulisan.

Dengan mengunduh ekstensi ini secara otomatis layanan Grammarly akan tersedia dalam berbagai website yang dibuka di dalam Chrome seperti Twitter dan LinkedIn.

Diatas hanya merupakan empat ekstensi Google Chrome yang dapat membantu meningkatkan produktivitas mahasiswa. Selain ini, terdapat berbagai ekstensi lainnya yang juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa di Chrome Web Store.