Produktivitas, Lifestyle

5 Alasan Pentingnya Membiasakan Baca Buku

Written by Regina Gistansya

Kebiasaan adalah kegiatan yang sering kita lakukan secara berulang-ulang setiap hari. Dalam ilmu sosiologi kebiasaan dikenal sebagai folkways yang berarti perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan bentuk yang sama dan secara sadar.

Lama-kelamaan perbuatan tersebut dianggap baik oleh masyarakat dan akan dilakukan secara turun temurun ke generasi selanjutnya.  

Kebiasaan merupakan salah satu hal penting dalam hidup. Kebiasaan dapat menentukan sikap seseorang dimasa depan dan mempengaruhi kesuksesannya. Oleh karena itu, sebaiknya kebiasaan yang kita miliki dimasa sekarang adalah kebiasaan yang memiliki dampak positif dan membantu kita dalam menentukan karier dimasa depan.

Salah satu kebiasaan yang harus kita terapkan di masa sekarang adalah membaca buku. Lalu mengapa membaca buku harus dijadikan sebagai kebiasaan? Yuk simak alasan berikut ini!

Menambah Wawasan

“Buku sebagai gudang ilmu”, mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah tersebut. Buku dapat berisi informasi mengenai segala hal yang ada di dunia dan berisi pengalama hidup seseorang. Membaca buku dapat menambah wawasan kita serta dapat memerikan kita pelajaran dari setiap pengalaman orang lain.

Ketika kamu menjadikan baca buku sebagai kebiasaan maka hari-harimu akan di isi oleh wawasan baru, informasi baru, dan pengalaman baru.  Semakin banyak wawasan yang kamu miliki maka tentunya kamu akan semakin cerdas.

Dapat Mengalihkan Rasa Sakit

Dalam ilmu kesehatan terdapat teknik untuk manajemen rasa sakit, salah satunya bernama teknik distraksi. Dilansir dalam yosefedia.com teknik distraksi merupakan metode untuk mengalihkan pemikiran dan perhatian pasien dengan hal-hal lain, yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit yang sedang dialami.

Salah satu kegiatan distraksi yang dapat dilakukan adalah membaca buku. Dengan membaca buku akan mengalihkan rasa sakit yang sedang kamu alami. Hal ini dapat kamu coba saat merasa sakit hati, cobalah membaca buku yang memberikan euforia menyenangkan dan mengimajinasikan situasi dalam buku tersebut.

Maka secara tidak sadar rasa sakit hati yang kamu alami akan teralihkan dan tidak akan terasa sakit lagi.

Kebiasaan yang Membantu Kesuksesan

“aku rela dipenjara asalkan dengan buku, karena dengan buku aku bebas” –Moh Hatta

Banyak tokoh terkenal yang menyatakan bahwa salah satu kebiasaan yang membantu mereka meraih kesuksesan adalah membaca buku. Jika melihat orang-orang yang sudah sukses, kebanyakan dari mereka tidak terlepas dari kebiasaan membaca buku.

Seperti tokoh-tokoh terkenal di Indonesia misalnya, Moh Hatta, B.J Habibie, Najwa Shihab, Maudy Ayunda, Merry Riana, dan masih banyak lagi orang-orang sukses lainnya yang memiliki kebiasaan membaca buku.

Buku sebagai gudang ilmu tentu akan membantu kamu untuk meraih kesuksesan. semakin banyak kamu membaca buku maka semakin banyak keahlian yang dapat kamu gali.  Misalnya ketika kamu membaca buku mengenai desain grafis maka kamu akan memiliki keahlian baru. Kemudian, semakin banyak keahlian yang kamu miliki maka akan mempermudah kamu untuk mencari kerja dan membangun usaha  sendiri.

Mengurangi Stres

Semakin berkembangnya zaman semakin banyak beban yang membuat manusia merasakan stres. Orang yang mengalami stres biasanya orang yang sedang menghadapi banyak masalah. Masalah pekerjaan, masalah keluarga, masalah pertemanan bahkan masalah kecil seperti banyaknya tugas sekolah yang harus di kerjakan pun dapat mengakibatkan stres.

Namun, tahukah kamu? Stres dapat dikurangi dengan membaca buku. Penyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Sussex. Dikemukakan bahwa dengan membaca buku selama 6 menit, maka level stres akan berkurang sebanyak 68 persen.

Nah ketika kamu menjadikan baca buku sebagai kebiasaan, kamu juga dapat terhindar dari stres.

Waktu tidak akan terbuang sia – sia

Tentu kamu pernah mendengar istilah “waktu adalah uang” bukan? Istilah tersebut menggambarkan betapa pentingnya waktu dalam kehidupan ini. Waktu akan terus berjalan dan tidak dapat terulang kembali. Oleh sebab itu, sebaiknya manfaatkan waktu yang kamu miliki dengan sebaik-baiknya.

Waktumu tidak akan terbuang sia-sia jika kamu memiliki kebiasaan membaca buku. Menghabiskan waktu luang untuk membaca buku akan lebih bermanfaat dari pada bermain gadget dan sibuk mengakses media sosial, atau memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak kamu pikirkan.

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa buku adalah gudang ilmu, dengan menjadikan baca buku sebagai kebiasaan sehari-hari sama halnya dengan berinvestasi untuk masa depan, karena ilmu yang didapat akan berguna untuk masa depanmu kelak.

Nah, ternyata banyak sekali ya manfaat dari membaca buku. Oleh karena itu,  mulai sekarang kamu harus rajin membaca buku ya!