Lifestyle, covid-19

5 Ide Kegiatan Quality Time bersama Keluarga Saat #DiRumahAja

Written by Kriscahyani

Adanya pandemi Covid-19 telah memaksa kita berdiam di rumah terkecuali ada hal penting yang harus dilakukan di luar.  Dalam beberapa minggu ini semua instansi diliburkan sesuai kebijakan pemerintah.

Kalau biasanya kita bekerja, sekolah atau menghadiri acara di luar maka saat ini kita harus bertahan untuk bekerja atau mengikuti kelas online dari rumah.

Tentu hal ini membuat kita bosan karena tidak terbiasa sebelumnya. Tapi dengan begitu kita juga lebih memiliki waktu untuk meningkatkan quality time bersama keluarga di rumah.

Terkadang kita seringkali mengabaikan quality timedengan keluarga, padahal hal ini sangatlah penting. Quality time bersama keluarga mampu membuat kita lebih terbuka dan merekat satu sama lain. Apa saja sih yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan waktu yang berkualitas bersama keluarga selagi #dirumahaja?

Nah, berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan bersama keluarga di rumah. Yuk disimak!

Memasak

source : unsplash.com

Tuntutan pekerjaan atau kegiatan berangkat pagi hari lainnya terkadang membuat keluarga melupakan momen sarapan bersama. Nah mumpung ada kesempatan berkumpul di rumah, kamu sekeluarga bisa menyempatkan untuk memasak menu sarapan atau makan siang kalian sendiri.

Dengan memasak, kita akan tahu selera masing-masing anggota keluarga. Selain itu memasak bersama juga akan menanamkan sifat gotong royong pada anggota keluarga yang masih kanak-kanak.

Makan Malam Spesial

source : unsplash.com

Jadwal yang berbeda tidak hanya membuat keluarga melewatkan sarapan tetapi juga makan malam. Nah selain memasak, kamu dan keluarga dapat melanjutkan quality time saat makan malam.

Makan malam spesial bisa jadi berbeda dari biasanya karena menu yang lebih banyak dari biasanya. Atau kalian dapat menentukan menu ala-ala negara yang berbeda. Misal menu makan malam ala nusantara, kemudian di kesempatan lain ala Jepang, dan seterusnya. Terdengar seru kan?

Saat makan malam, akan tiba waktu berbincang yang ikut menambah suasana hangat keluarga. Obrolan makan malam membuat kamu dan keluarga bertukar pikiran dan berbagi pengalaman sehingga akan saling terbuka.

Bermain Bersama

source : unsplash.com

Bermain bersama adalah cara mudah dan menyenangkan untuk terhubung dan membuat kenangan dengan keluarga. Alih-alih memilih digital game pilihlah game jadul yang euforianya lebih terasa kehidupan nyata. Misalnya melalui permainan monopoli, ular tangga, kartu, scrabble dan sebagainya yang bisa dimainkan banyak orang.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan potret selagi kamu dan keluarga senang-senang dalam bermain, itu akan jadi kenang-kenangan nantinya kalau kalian sulit memiliki waktu bersama atau saling merindukan satu sama lain.

Nobar Film

source : unsplash.com

Nonton film bareng keluarga adalah salah satu hal paling menyenangkan untuk dilakukan di rumah. Kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya seperti nonton di bioskop.

Siapkan popcorn atau cemilan lainnya dan duduklah di ruang keluarga, pilihlah film komedi agar kamu dan keluarga bebas tertawa. Kamu akan merasakan kehangatan keluarga selagi menatap layar selama satu jam lebih.

Nah tidak cukup rasanya kalau hanya sekali, kamu dan keluarga bisa melakukannya beberapa kali dalam seminggu. Kamu dan keluarga dapat bergiliran mengajukan film yang akan kalian tonton sesuai selera yang berbeda. Dengan begitu adil dan tentunya menyenangkan bukan?

Berkebun

source : unsplash.com

Apakah kamu memiliki lahan menganggur di pekarangan rumahmu? Kalau iya, cobalah memanfaatkannya dengan berkebun bersama keluarga. Bisa jadi berkebun bunga atau barangkali sayur dan buahbuahan.

Berkebun bersama keluarga akan menjadi salah satu alternatif kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan ini bisa membuat rumahmu lebih sejuk dan indah.

Ternyata tidak hanya itu, sebuah studi menyatakan bahwa berkebun dapat mengurangi stres lho! Tunggu apalagi? Nikmatilah waktumu bersama keluarga dengan berkebun yang turut menghilangkan stres.

Kita tidak tahu pasti kapan penyebaran virus Covid-19 berakhir, oleh karena itu untuk sekarang tetaplah untuk di rumah saja demi pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Tinggal di rumah tidak semembosankan yang kamu pikirkan.

Cobalah untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan quality time dengan keluarga agar kamu dan anggota keluargamu saling merekat. Jangan lupa juga, kamu harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ya di rumah!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read