Lifestyle, kecantikan, perawatan tubuh dan kecantikan

5 Tips Ampuh Mengatasi Beruntusan (Fungal Acne)

Written by Regina Gistansya

Wanita pada umumnya selalu bermasalah dengan jerawat. Namun sebagian wanita yang tidak memiliki masalah dengan jerawat cenderung akan bermasalah dengan fungal acne atau yang lebih dikenal sebagai beruntusan.

Fungal acne merupakan bentolan – bentolan yang biasanya berada di wajah, punggung , dada dan bahu disebabkan oleh jamur bernama Mallassezia dan mengakibatkan bentolan seperti jerawat. Umumnya fungal acne datang secara berkelompok. Jika kamu memiliki masalah dengan fungal acne, berikut adalah tips ampuh untuk mengatasinya!

Pastikan Kosmetik dan Skincare Aman Untuk fungal Acne

Photo by Liubov Ilchuk on Unsplash

Sudah membeli produk terkenal dan mahal tapi beruntusan tetap tidak hilang?  Apa sebabnya?

Sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan skincare atau kosmetik pastikan dulu produk tersebut aman untuk fungal acne. Ketika kamu membeli pruduk yang sudah terkenal khasiatnya tapi malah semakin beruntusan bisa jadi produk tersebut tidak aman untuk fungal acne.

Agar terbebas dari beruntusan, hindari kandungan Fatty acid seperti Lauric acid, stearic acid, Myristic acid dan kandungan lainnya yang mengandung minyak. Hal ini dikarenakan kandung tersebut merupakan makanan jamur Mallassezia, yang dapat membuat beruntusanmu semakin parah.

Untuk mengetahui kandungan suatu produk dan memahami aman atau tidak kandungan tersebut untuk fungal acne, kamu dapat menggunakan bantuan website seperti skincarisma.

Skincarisma merupakan website yang dapat mempermudah kamu memahami kandungan-kandungan dalam skincare dan kosmetik.  Selain itu, Skincarisma juga membantu menentukan kandungan yang cocok untuk tipe kulit kamu.

Menggunakan Kandungan Propolis

Photo by Bee Naturalles on Unsplash

Dilansir dari Wikipedia, propolis atau lem lebah adalah kandungan zat resin yang dikumpulkan oleh madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah, air liur lebah dan tunas pohon.

Propolis dalam pengobatan herbal sudah dikenal khasiatnya, tetapi baru-baru ini banyak brand produk kecantikan korea yang menggunakan propolis sebagai kandungan utamanya. Propolis pada umumnya merupakan anti-septic dan anti-bacteria yang dapat mempercepat penyembuhan luka.  

Propolis dalam kecantikan dikenal mampu untuk mengatasi iritasi kulit dan meredakan gejala pemicu fungal acne. Dengan menggukan produk skincare yang mengandung propolis bisa mempercepat proses dalam menghilangkan fungal acne.

Perbanyak Minum Air Putih

Photo by Boxed Water Is Better on Unsplash

Air putih memang tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk menjaga metabolsime tubuh, air putih juga bermanfaat dalam perawatan wajah. Meminum air putih dengan teratur akan membantu mengatasi masalah wajah seperti bintik hitam, kerutan, dan jerawat.

Seperti yang sudah kita ketahui air putih dapat menghidrasi kulit, dilansir dari Soco.id kulit kering dan dehidrasi dapat menyebabkan fungal acne semakin parah. Nah dengan rajin minum air putih kamu dapat membantu meng-hidrasi kulit wajahmu.

Rajin Mengganti Sprei

Photo by Febrian Zakaria on Unsplash 

Sebelum tidur biasanya wanita akan memakai beberapa rangakain produk skincare untuk melembabkan wajah. Kondisi wajah lembab dan menempel dibantal  akan mempemudah kotoran-kotoran yang ada di bantal tersebut berpindah ke wajahmu.

Nah, wajah yang kotor hanya akan menyebabkan fungal acne bertambah. Agar terhindar dari kondisi tersebut, kamu harus rajin mengganti sprei dan sarung bantalmu. Gantilah sprei minimal sekali dalam dua minggu. Jika kamu malas mengganti sprei setidaknya kamu harus rajin mengganti sarung bantal dua kali dalam seminggu.

Rajin Memotong Kuku

Photo by Zacke Feller on Unsplash

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tanpa disadari manusia selalu menyentuh wajah sesering mungkin. Perilaku menyentuh wajah tersebut sudah ada di DNA manusia sejak manusia berada di dalam rahim.  Padahal, kuku yang kotor dapat menjadi sarang bakteri. Sehingga ketika kamu menyentuh wajah dengan kuku kotor fungal acne pada wajah akan bertambah parah.

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah dengan fungal acne, sebaiknya tidak membiarkan kukumu panjang dan rajinlah memotong kuku.

Cuci Muka Sebelum Tidur

Photo by Curology on Unsplash

Seharian beraktivitas dan menggunakan kosmetik akan mempermudah debu, polusi, dan kotoran menempel pada wajahmu. Apalagi ditambah dengan tidak mencuci muka, maka akan menimbulkan masalah-masalah wajah bermunculan.

Mencuci muka akan memperlancar penyerapan produk untuk kulit  dan membuat skincare-mu bekerja lebih maksimal.

Pada dasarnya, fungal acne dapat dihilangkan apabila kamu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.  Jadi mencuci muka merupakan hal paling penting dalam mengatasi fungal acne.

Nah itu dia beberapa tips untuk mengatasi fungal acne, semoga bermanfaat ya!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read