Produktivitas, Lifestyle

6 Cara untuk Tetap Fokus saat Bekerja dari Rumah

Written by Arni Tsalitsa

Bekerja dari rumah adalah impian yang menjadi kenyataan bagi sebagian orang. Kamu dapat melewati perjalanan jam sibuk, bekerja menggunakan pakaian santai dan menghindari rekan kerja yang mengganggu. Namun pemandangan tumpukan cucian yang tidak dilipat, acara TV favorit pada siang hari, kasur yang nyaman dengan gadget disampingmu, merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan bekerja dari rumah bisa sangat mengganggu.

Menururt Gerald D. Vinci, pemilik Vinci Digital Marketing "Bekerja dari rumah dapat membuka banyak peluang untuk melakukan apa pun selain bekerja. Setumpuk piring di wastafel atau cucian di keranjang mungkin memanggil namamu, tetapi apabila hal ini terjadi terlalu sering, pada akhirnya akan berpengaruh terhadap produktivitas kinerjamu yang menurun".

Lalu apa yang harus dilakukan agar produktivitas bekerjamu di rumah tetap baik dan fokus? Berikut adalah 6 strategi untuk menghindari gangguan-gangguan ketika kamu sedang bekerja dari rumah.

Memiliki ruang kerja tersendiri

Ruang khusus, entah itu kantor yang ada di dalam rumah atau sudut kamar tidur, adalah salah satu kunci untuk tetap sukses dan produktif dalam bekerja. Meskipun kamu di rumah, penting untuk merasa seolah-olah kamu pergi bekerja ke kantor.

Sumber : unsplash.com

"Saya pikir hal terbaik yang dapat kamu lakukan ketika bekerja dari rumah adalah meniru pola atau ruang seperti kantor yang dapat membantu kamu mencapai zona tersebut," kata Stephanie Sharlow, kepala editor DesignRush. "Mengelompokkan kehidupan rumah kamu dari kehidupan kerja kamu adalah kuncinya."

Tetap terhubung dengan rekan kerja

Pastikan menggunakan teknologi untuk menghubungi rekan kerja dan manajer, agar tidak dilupakan komunikasikan secara konsisten tentang kemajuan, gagasan, dan wawasan.

Sumber : unsplash.com

Anggap saja bekerja dengan perusahaan kamu persis bagaimana kamu akan memberikan pembaruan pada proyek, mengobrol dengan orang-orang sepanjang hari dan bergabung dengan rapat. Tetaplah terkoneksi dengan rekan kerja melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn. Situs-situs ini membantu kamu terhubung dengan rekan kerja di tingkat yang lebih pribadi.

Lakukan persiapan kerja

Sebelum hari kerja dimulai, pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan alat dan teknologi yang kamu perlukan agar pekerjaan menjadi produktif. Penting juga untuk memiliki perencanaan jadwal sebelum jam kerja.

Sumber : unsplash.com

Apakah itu membuat daftar tugas harian atau memeriksa alat dan program tambahan yang kamu butuhkan, pikirkan setiap hari sebelum itu terjadi. Muak dengan dinding apartemen atau rumahmu? Pergilah ke kedai kopi yang tenang atau carilah working space agar kamu tetap fokus dan tidak jenuh dengan pemandangan yang itu-itu saja. Punya pekerjaan yang berat? Cobalah gunakan headset untuk mendengarkan musik dan untuk menjauhi stress karena pekerjaan.

Berkomitmen untuk mengerjakan tugas selama jam kerja

Bagi sebagian orang, tetap fokus pada pekerjaan saat mereka bekerja dari jarak jauh akan terasa lebih sulit, terutama pada saat mengawalinya. Saat kamu berada dalam lingkup jam kerja, abaikan cucian, pekerjaan rumah, mencuci piring, ataupun membersihkan lantai.

Sumber : unsplash.com

Tidak apa-apa untuk membuat pengecualian di sana-sini, tetapi secara keseluruhan cobalah untuk tetap pada jam kerja yang normal. Hindari mengobrol di telepon dengan siapa pun apabila hal tersebut tidak penting, menonton TV atau kegiatan lain yang jelas tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Ingatlah untuk bergerak

Sangat mudah untuk tetap terpaku di meja atau sofa sepanjang hari sebagai pekerja jarak jauh, dan itu tentu tidak baik bagi kesehatan kamu atau ketajaman mental kamu. Ingat, bekerja dari jarak jauh tidak perlu secara harfiah berarti dari rumah. Berkenalan dengan klien di kedai kopi, bekerja di lokasi yang memiliki Wi-Fi atau hanya mengubah pemandangan kerja adalah cara agar tetap produktif sambil bergerak.

Sumber : unsplash.com

Jadikan prioritas kerja setiap hari untuk memastikan kamu tidak menetap selama berhari-hari, bersembunyi di rumah atau apartemen. Jika kamu mulai merasa bosan bekerja dari rumah, cobalah untuk berjalan-jalan atau bahkan melakukan olahraga ringan di rumah untuk menjernihkan pikiranmu.

Jangan bekerja 24/7

Memiliki perencanaan kapan pekerjaan dimulai dan berakhir adalah suatu hal yang sangat penting. Jika kamu tidak mematuhi jam kerja yang dijadwalkan, tentu bekerja dari rumah bisa menjadi pekerjaan 24 jam sehari dan dapat menjadi kebiasaan di hari-hari berikutnya.

Sumber : unsplash.com

Oleh karena itu, tetapkanlah jam kantor dan patuhi itu. Apabila kamu sering menunda pekerjaan dan menghabiskan sisa waktu 24 jam untuk menyelesaikan tugas, nantinya kesehatan tubuhmu juga akan terganggu. Jangan lupa untuk istirahat dan makan!