Produktivitas

6 Jenis Musik Ini Dikenal Dapat Meningkatkan Produktivitas. Apa Sajakah Itu?

Written by Arni Tsalitsa

Musik bukan hanya sarana untuk menghibur diri sendiri, musik juga dapat mendorong kreativitas dan membantu kita menjadi lebih produktif.

Mendengarkan musik juga bisa menjadi terapi, menghilangkan perasaan stres sehingga kamu dapat berkonsentrasi lebih baik.

Beberapa jenis musik tampaknya membantu mempelajari dan meningkatkan kemampuan kita untuk memproses informasi.

Musik juga dapat membantu menghalangi kebisingan latar belakang atau situasi yang mengganggu serta ada juga jenis lain yang disinkronkan dengan gelombang otak kita untuk menginduksi "momen eureka".

Jadi, jika kamu berjuang dengan produktivitas dan ingin tahu musik apa yang seharusnya kamu dengarkan, ini dia enam jenis musik yang akan memberi kamu dorongan besar dalam produktivitas.

Musik Klasik

Mendengarkan musik klasik dapat membantu orang melakukan tugas dengan lebih efisien. Mendengarkan komposer klasik dapat meningkatkan aktivitas otak dan bertindak sebagai katalis untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Berbagai penelitian telah mengkonfirmasi bahwa mendengarkan musik klasik meningkatkan kemampuan seseorang untuk memanipulasi bentuk dan memecahkan teka-teki spasial.

Tidak adanya kata-kata dalam musik juga dapat menjadi salah satu faktornya, karena lagu yang berisi lirik biasanya dianggap sebagai gangguan ketika kamu mencoba untuk fokus. Musik klasik dikenal sebagai penenang, rileks dan membantu mengurangi stres.

Musik Alam (Nature Music)

Mendengarkan suara-suara alam, seperti ombak yang menerjang atau sungai yang mengoceh, telah terbukti meningkatkan fungsi dan konsentrasi kognitif.

Suara alam bekerja paling baik ketika memiliki suara yang menenangkan, seperti air yang mengalir atau hujan, sementara lebih banyak suara yang menggelegar seperti suara burung dan suara binatang dapat mengganggu.

Suara alami dapat meningkatkan suasana hati dan kefokusan kita saat bekerja . Ini mungkin karena suara alam membantu menutupi suara yang lebih kasar, lebih mengganggu, seperti orang berbicara atau mengetik.

Musik Sinematik

Musik sinematik dari film (soundtrack) dapat membuat kamu merasa seperti sedang melakukan sesuatu yang menginspirasi atau penting.

Soundtrack epik yang muluk-muluk di latar belakang dapat membuat bahkan tugas paling biasa pun terasa seperti kamu mengubah dunia, sehingga meningkatkan konsentrasi dan produktivitasmu.

Musik sinematik dapat memberdayakan, mengangkat semangat,dan mencerahkan suasana hati. Jadi, jika kamu merasa lelah dan kehabisan tenaga, cobalah mendengarkan musik sinematik bergaya epik untuk memberika dorongan motivasi ekstra.

Beberapa musik sinematik yang bagus dan perlu kamu coba untuk didengar antara lain Inception, Cloud Atlas, The Bourne Identity, The Social Network, Moon, Lawrence of Arabia, dan lain-lain.

Video Game Musik

Mungkin terdengar aneh, tetapi mendengarkan musik yang dikomposisikan untuk permainan video bisa menjadi alat yang hebat untuk membantu kamu fokus.

Setiap elemen pada game video dirancang untuk menciptakan pengalaman game yang disempurnakan untuk semua indera kamu, dan musik telah dikomposisikan secara khusus untuk membantu kamu fokus pada tugas tanpa terganggu oleh hiruk-pikuk suara.

Musik ini umumnya tidak memiliki lirik atau suara manusia dan cukup cepat untuk membuat kamu bergerak maju.

Banyak dari game video yang melibatkan penyelesaian teka-teki dan berurusan dengan situasi yang intens, sehingga membuat diri kamu menghadapi tantangan yang disimulasikan dengan penuh tekanan.

Video game telah menginvestasikan banyak sumber daya untuk menentukan keseimbangan sempurna dengan musik yang mereka gunakan.

Musik video game disusun dengan cara yang membuat kamu tetap terlibat saat mengevaluasi, menavigasi, dan sering berjuang melalui dunia-dunia khayalan pada game.

Komposisi musik ini mungkin hanya untuk mendorong kamu maju dan membuatmu memperbesar tugas dan daftar tugas harian.

Berikut adalah beberapa pilihan musik video game yang luar biasa untuk dilihat atau didengar seperti Battlefield One, Final Fantasy 7, The Legend of Zelda : Ocarina of Time, Assassin's Creed 2, The Elder Scrolls V Skyrim, dan lain-lain.

Musik Antara 50 dan 80 Beats Per Menit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bukan jenis musik yang penting dalam membantu kamu tetap fokus dan produktif, tetapi tempo musik itu.

Penelitian telah menemukan bahwa musik dengan 50 hingga 80 beats per menit dapat meningkatkan dan merangsang kreativitas serta pembelajaran.

Mendengarkan musik yang diatur dalam rentang 50 hingga 80-beat dapat menempatkan otak dalam kondisi alfa. Ketika kita bangun, kita biasanya dalam keadaan pikiran yang dikenal sebagai beta, keadaan kewaspadaan tinggi di mana aktivitas gelombang otak kita adalah antara 14 dan 30 Hz.

Ketika otak kita melambat antara 7 dan 14 Hz, kita berada dalam kondisi alfa pikiran yang lebih rileks yang memungkinkan kita menjadi lebih reseptif dan terbuka, serta kurang kritis.

Keadaan pikiran inilah yang dihubungkan dengan kegiatan yang melibatkan imajinasi, ingatan, dan intuisi, termasuk "momen eureka" kita.

Jika kamu pernah mendengarkan musik yang dikenal, hanya untuk menemukan diri kamu tenggelam dalam pikiran dan tidak benar-benar mendengarkan musik sama sekali, ini adalah kondisi alfa yang disebabkan oleh musik. Kamu menyetel saat sedang disetel.

Ini bekerja paling baik untuk menemukan lagu yang kamu kenal dan menetapkan 50 hingga 80 beats per menit.

Berikut daftar lagu dari lagu-lagu dalam rentang itu, termasuk lagu-lagu populer sepertiMirrors oleh Justin Timberlake, Last Goodbye oleh Jeff Buckley, The Lazy Songoleh Bruno Mars, Chasing Pavements oleh Adele.

Musik Favorit

Ketika datang untuk menangani proyek atau pekerjaan yang kamu tidak benar-benar bersemangat, kamu dapat memutar musik yang kamu sukai untuk meningkatkan mood dan produktivitasmu.

Pilihan pribadi dalam musik adalah suatu hal yang penting ketika memutuskan apa yang harus didengarkan saat bekerja, terutama bagi mereka yang cukup terampil dalam pekerjaannya.

Seseorang yang mendengarkan musik dan menikmatinya saat menyelesaikan tugas, biasanya mereka lebih cepat dan menghasilkan ide daripada mereka yang tidak melakukannya. Ini karena musik membantu mereka merasa lebih baik dan meningkatkan suasana hati.