Produktivitas

Solusi Praktis Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Written by Kriscahyani

Sebagian dari kita terkadang mudah lupa dan butuh usaha keras dalam mengingat suatu hal di saat-saat tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan daya ingat yang bisa saja terjadi karena faktor usia, banyaknya pikiran dan lain-lain.

Di dalam otak, terdapat bagian yang disebut hippocampus yang berperan untuk mempertahankan ingatan atau memori. Memori menyimpan segala informasi yang sebelumnya diproses dari ransangan yang diterima dari lingkungan. Memori menjadi hal yang sangat krusial bagi praktik kehidupan kita sehari-hari.

Penurunan daya ingat tentu dapat menjadi bumerang bila kita sedang membutuhkan sebuah informasi. Barangkali kita juga pernah bertanya-tanya apakah mungkin untuk meningkatkan daya ingat.

Jawabannya ialah sangat memungkinkan, apabila kita melakukan langkah-langkah yang tepat juga dianjurkan oleh para ahli. Nah, kiat-kiat di bawah ini dapat membantu anda untuk mempertajam daya ingat, langsung saja simak yuk!

Olahraga

Olahraga memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik maupun mental. Dilansir dari helpguide.org, olahraga juga memainkan peran penting dalam neuroplastisitas. Neuroplastisitas yaitu kemampuan sel-sel saraf otak untuk mengingat, mengolah memori, beradaptasi dan memperbarui kualitasnya secara fungsional.

Penelitian lain juga turut membuktikan bahwa olahraga sangat memungkinkan seseorang untuk meningkatkan ingatannya.

Rutin berolahraga di usia muda juga dapat menurunkan risiko terkena demensia (penurunan daya ingat) di kemudian hari. Nah, sempatkanlah untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki, lari atau berenang secara teratur ya.

Asah otak

Tidak hanya latihan fisik, otak juga perlu dilatih agar kamu mampu memproses dan mengingat sesuatu dengan baik. Asah otak menjadi aktivitas yang dapat membantu mempertajam ingatanmu karena kamu distimulasi untuk menantang kemampuan otak di luar kebiasaanmu.

Latihan asah otak dapat kamu lakukan dengan mengisi TTS, scrabble,main catur atau memainkan games asah otak di handphone-mu. Selain solutif, terdengar mengasyikkan juga bukan?

Meningkatkan konsumsi makanan dan minuman kaya antioksidan

Agar kemampuan otak tetap optimal, maka wajib bagi kita untuk menjaga asupan nutrisi bagi otak. Tidak sulit lho, untuk menjaga nutrisi bagi otak kamu dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung antikosidan seperti buah-buahan, sayuran dan teh hijau.

Selain berfungsi melindungi sel tubuh dari kerusakan, antioksidan juga dapat membantu meningkatkan daya ingat, memperlambat penuaan pada otak serta merawat sel-sel saraf otak.

Mengurangi asupan gula dalam makanan

Penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Boston mengemukakan bahwa, orang yang lebih sering mengonsumsi minuman manis memiliki daya ingat yang lebih buruk dan mengalami penurunan volume otak pada hippocampus dibandingkan dengan orang yang jarang minum minuman manis.

Dilansir dari Halodoc.com, hal yang serupa diungkapkan oleh ahli dari Charite University Medical Centre di Jerman bahwa kelebihan gula dapat membuat  area hippocampus menyusut. Dengan begini, dapat disimpulkan bahwa kelebihan gula akan mengganggu kemampuan otak untuk mengingat.

Kalau ingin menjaga kinerja otak agar tetap baik dalam memproses memori, kurangilah konsumsi gula dari sekarang ya!

Meditasi

Meditasi adalah salah satu bentuk relaksasi yang bertujuan untuk menjernihkan pikiran, meningkatkankan konsentrasi dan mendapatkan kedamaian yang dilakukan dengan melatih diri memusatkan pikiran pada satu hal.

Selain itu, ternyata meditasi juga dapat meningkatkan kemampuan otak menyimpan memori jangka panjang.

Meditasi akan sangat efektif apabila dilakukan secara teratur. Mulailah meluangkan waktumu untuk bermeditasi sekitar 20 menit dalam sehari.

Tidur yang cukup

Tidur memainkan peran yang cukup penting terhadap kesehatan seseorang. Dan ternyata, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa tidur yang cukup berpengaruh terhadap ketajaman memori atau ingatan.

Oleh karena itu, tidurlah yang cukup dan berkualitas dengan cara membiarkan tubuh tidur selama 7-9 jam dan menetapkan jadwal tidur yang teratur. Nah untuk kamu yang selama ini terbiasa atau sering bergadang, segera ubah kebiasaan tersebut ya!

Memori atau daya ingat menjadi elemen yang penting bagi keseharian manusia. Pada akhirnya, kesulitan dalam mengingat akan sangat menggangu, sehingga harus diantisipasi. Untuk meningkatkan daya ingat menjadi lebih baik lagi, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di atas dengan sungguh-sungguh. Semangat!