Bisnis

6 Tips Membangun Hubungan Baik dengan Mentor

Written by Arni Tsalitsa

Kamu yang terjun dalam dunia karir atau bisnis, pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah "mentor". Ya, mentor memiliki peranan penting dalam membantu setiap perkembangan karir kita, dia lah orang yang dapat diandalkan untuk membimbing kamu sepanjang karir.

Seorang mentor akan memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi, turut membantu dalam mengambil keputusan yang sulit, hingga nasihat karier sehari-hari. Biasanya dengan keterampilan yang kamu miliki, mentor akan mendorong kamu menjadi seorang pemimpin, ahli strategi, konsultan atau manajer. Pada intinya  memiliki seorang mentor bisa menjadi aset yang luar biasa, tidak peduli tahap apa pun yang akan kamu lalui dalam perjalanan karir.

Agar hubungan kamu dengan mentor berhasil, maka dibutuhkan adanya dedikasi dan komitmen.  Sayangnya, hal tersebut tidaklah mudah karena kamu perlu meluangkan waktu, upaya dan fokus dalam mengembangkan dan menumbuhkan hubungan ini.  Lantas bagaimana caranya agar hubungan kamu dengan mentor dapat berjalan baik dan berkelanjutan? Berikut tips dalam membungan hubungan baik dengan mentor.

Identifikasi tujuan kamu

Tujuan dalam berkarir atau berbisnis dapat membantumu untuk memutuskan siapa yang akan menjadi mentor terbaik dan tepat bagi pengembangan diri dan kari kamu. Kamu bisa bertanya pada diri sendiri seperti apa yang kamu harapkan dari hubungan itu? Mentor hanya dapat memberi arahan dan dukungan sesuai kebutuhan setelah kamu mengetahui apa tujuan tersebut.

Kenali mentor

Dalam menjalin hubungan apa pun termasuk berhubungan dengan mentor, kamu perlu mengenal satu sama lain. Pelajarilah latar belakang profesional mereka dan kesukaan serta minat pribadi mereka.

Semakin banyak yang kamu ketahui, maka semakin mereka dapat membantumu. Apabila kamu belum mengenal mereka, janganlah malu untuk bertanya tentang latar belakang profesional mereka dan bagaimana mereka dapat mengatasi tantangan-tantangan karir di masa sebelumnya.

Ikuti mentor

Agar hubungan dapat tumbuh, kamu harus tetap berhubungan secara teratur dengan mentor. Bersikaplah konsisten dan ikuti arahan baik darinya (follow up). Jadwalkan pertemuan secara tatap muka atau langsung karena ini merupakan cara paling efektif untuk membangun hubungan yang kuat.

Berinteraksilah juga dengan mereka melalui media sosial ataupun media lainnya. Ingat, mentor kamu memberikan waktu mereka dengan niat baik. Mungkin kamulah yang harus menjangkau lebih sering dan menjaga hubungan itu tetap hidup.

Bersiaplah

Bersiaplah untuk setiap pertemuan, dan tunjukkan kepada mentor bahwa kamu benar-benar ingin maju dalam urusan karir. Mentor yang baik tertarik pada orang-orang yang proaktif tentang karir mereka, sangat ingin belajar, tertarik dengan kehidupan orang-orang di sekitar mereka, dan mencari suatu hal penting untuk menambah nilai di mana mereka bisa.

Bersiaplah untuk memiliki agenda spesifik. Setiap kali kamu berbicara dengan mentor, berikan garis besar terlebih dahulu tentang apa yang ingin didiskusikan. Jadilah spesifik sehingga mentor kamu merasa seperti bahwa kamu telah memenuhi tujuan disetiap akhir pertemuan.

Hal ini juga dapat membantu mentor kamu agar siap dalam membimbing dan memberikan saran terbaik mereka. Apabila kamu telah bersiap untuk melakukan mentoring dengan mereka, mentor pun merasa senang dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Nah, perasaan senang itu akan memperkuat hubungan antara kamu dan mentor.

Tahu kapan saatnya untuk pindah

Tujuan dan jalur karir adakalanya berubah. Hubungan mentor tidak dirancang untuk bertahan selamanya, dan itu tidak masalah. Meskipun mentor kamu akan selalu menjadi kenalan yang berharga, penting juga untuk mengetahui kapan hubungan tersebut sudah tidak perlu lagi dilakukan.

Ingatlah bisa saja pada waktunya kamu dapat melampaui mentor, karena kebutuhan berubah seiring waktu sementara seseorang mentor mungkin luar biasa di satu bidang tertentu, namun mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan pada bidang lain. Bukan berarti hubungan tersebut benar-benar berakhir ya...tetaplah jaga hubungan baik dengannya.

Ucapkan terimakasih

Ucapkan terima kasih kepada mentor sebagai bentuk pengahargaan bahwa mereka telah membantumu selama ini, dengan ucapan tersebut mentor juga akan merasa senang bahwa dirinya telah dihargai dan saran-saran mereka telah didengar.

Hubungan mentor yang baik dapat memberi sumber daya yang kuat berupa saran, strategi, dan pemahaman yang lebih baik tentang dunia karir. Hubungan itu dapat mengarahkan kamu dalam mendefinisikan dan memahami peran pekerjaanmu, menavigasi masalah apa pun di tempat kerja/bisnis serta memberdayakan kamu untuk melakukan pekerjaan.

Pekerjaan terbaik, pada gilirannya dapat menghasilkan promosi di dunia usaha atau kesuksesan bisnis jangka panjang. Pada saat yang sama, hubungan tersebut juga bermanfaat bagi seorang mentor yang menyediakan cara bagi mereka untuk merasa didengarkan dan dihargai atas pengalamannya.

Karyawan vs Pengusaha, Pilih yang Mana?

  ·   5 min read