Bisnis

7 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Promosi Lewat TikTok

Written by Arni Tsalitsa

Saat ini pasti kamu sering kali mendengar istilah aplikasi TikTok, bahkan banyak diantara kalian yang mungkin sudah menggunakannya. Buat kalian yang belum tahu apa sih itu TikTok? TikTok merupakan sebuah aplikasi jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh Zhang Yiming.

Keberadaan TikTok sendiri kini telah digandrungi masyarakat dunia khususnya para remaja sebagai wadah untuk berimajinasi dan berkreativitas dalam membuat video berdurasi singkat antara 15 detik sampai dengan 1 menit. Video yang dibuatpun bermacam-macam mulai dari video make up, komedi, memasak, menari, horor, dan lain sebagainya. Pengguna TikTok juga dapat mengkreasikan videonya dengan berbagai pilihan filter, stiker, efek khusus, transisi, dan fitur video lainnya.

TikTok di tanah air dulu sempat menghilang dan di-bullysebagai aplikasi bodoh karena menayangkan video hiburan tak mendidik serta penggunanya dianggap alay. Seiring berjalannya waktu, TikTok telah muncul kembali dengan beberapa perubahannya dan semakin bersaing dengsan platform media sosial lainnya.

Menurut data laporan dari Store Intelligence Sensor Tower per Q3 2019, TikTok menempati posisi ketiga sebagai aplikasi yang banyak diunduh dari Android dan iOs dengan capaian angka 614 juta unduhan setelah aplikasi WhatsApp dan Meseenger.

Aplikasi TikTok pun kini telah banyak digunakan oleh para content creator untuk membagikan ilmu atau melakukan kursus, serta tahukah kamu? Bahwa aplikasi buatan negeri Tiongkok ini juga dapat dijadikan media promosi produk kamu agar makin terkenal lho!

Tidak hanya instagram, facebook dan whatsapp yang dapat dijadikan tempat berpromosi, berikut hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan promosi di aplikasi TikTok :

Konten yang relevan dan kenali fitur aplikasi

TikTok merupakan konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Apabila kamu akan menggunakan TikTok sebagai media promosi, maka konten yang dibuat haruslah relevan. Cobalah untuk membuat konten yang dimengerti orang, ikuti tren agar orang lain tertarik sehingga tercipta suatu interaksi.

Perhatikan pula cara untuk mengoptimalkan penggunaan fitur aplikasi seperti fitur filter dengan memainkan tona dan rona pada suatu objek, stiker dan efek sebagai pelengkap video, musik yang disesuaikan dengan tema video, serta voice changer function sebagai efek suara yang unik.

Hasilkan konten kreatif

Walaupun video yang dibuat singkat dan sederhana, pastikanlah bahwa isi atau materi konten yang kamu buat menarik serta kreatif.  Konten tidak harus selalu serius, kamu boleh membuat konten menyenangkan serta membuat orang lain tertawa. Hal-hal yang cenderung bersifat humor dan aneh biasanya akan lebih menarik bagi seseorang untuk dibagikan kepada rekan-rekannya.

Libatkanlah diri kamu dan orang lain

TikTok dikarenakan aplikasi yang sangat visual, maka akan sulit untuk mengembangkan bisnis tanpa menunjukkan wajah atau melibatkan diri kamu sendiri. Bangun beberapa hubungan dengan pengguna TikTok, dengan cara ini konten yang telah kamu sajikan berpeluang untuk dapat dibagikan sehingga bisnis dapat tumbuh lebih cepat.

Selain itu, kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengiklan adalah membuat promosi satu arah. Hasil terbaik dari cara berpromosi melalui TikTok adalah dengan melibatkan diri dengan konten orang lain seperti menyukai dan mengomentari video mereka.

Gunakanlah challenge hashtag

Challenge hashtag adalah bagian terpenting dari platform dan komunitas TikTok. Pengguna TikTok akan ditantang untuk membuat video ulang dengan menambhkan hashtag (tagar) dari merek bisnis kamu.

Penggunaan cara ini telah dilakukan oleh beberapa merek Amerika dan diikuti pula oleh negara-negara lain. Melalui challenge hashtag biasanya pihak perusahaan akan memberikan hadiah bagi mereka yang mampu membuat video menarik dengan jumlah like, komentar dan share terbanyak.

Beriklan di TikTok

Jika kamu berminat untuk menginvestasikan uangmu terhadap pemasaran digital atau media berbayar (iklan) di TikTok, maka ada beberapa jenis iklan yang dapat kamu pilih diantaranya :

  1. Konten asli : Konten akan ditampilkan dalam layar penuh seperti bagaimana cara story instagram ditampilkan dan dapat diabaikan. Konten asli mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi. Dampak video terhadap bisnis diukur dengan jumlah klik, tayangan, RKT, tampilan video, durasi pemutaran dan interaksi video.
  2. Penyebutan brand : Dalam kategori ini gambar, GIF animasi dan video dapat      digunakan. Tautan yang disematkan dapat dihubungkan ke halaman arahan      situs web atau tantangan dan tagar di dalam platform. Ini memungkinkan brand mengambil alih TikTok untuk hari itu. Kategori ini menawarkan tayangan, jangkauan unik, dan klik.
  3. Challenge hashtag : Bentuk iklan ini digunakan ketika merek memilih untuk menggunakan tagar yang dipromosikan. Dalam kategori ini, challenge hashtag akan berisi tautan yang mengarahkan pengguna ke halaman tantangan utama di mana mereka dapat melihat detail tantangan dan instruksi yang ditampilkan. Challenge hashtag dapat diukur dengan interaksi video, klik, tampilan spanduk, dan video yang dibuat pengguna serupa.
  4. Lensa brand : TikTok melakukan inisiatif untuk membuat aplikasinya lebih menarik. Salah satu proyek prospektif yang diambil oleh perusahaan TikTok adalah lensa bermerek. Sama seperti lensa Snapchat 2D dan 3D untuk foto dan wajah, TikTok berencana untuk membuat platform mereka mungkin dapat memasukkan fitur ke aplikasi mereka.

Bekerjasama dengan influencer TikTok

Influencer TikTok dapat memberikan keuntungan bagi bisnis kamu karena dengan adanya influencer, bisnis makin dikenal. Namun, sebelum menentukan siapa influencer yang akan kamu pilih, kamu perlu memastikan bahwa audience influencer tersebut memang cocok dengan produk yang akan kamu kenalkan.

Jangan salah pilih ya, jika kamu salah pilih maka uang yang kamu keluarkan untuk influencer tersebut akan sia-sia, hasil tidak sesuai yang diharapkan karena tidak sesuai target pasar.

Go behind the scence

Biasanya orang-orang akan semakin tertarik terhadap bisnis kamu apabila kamu juga menayangkan apa yang sebenarnya terjadi atau dilakukan dibalik tirai. Punya kantor? Cobalah merekam disana, bisa juga rekam aktivitas kantor ataupun keliling kantor. Orang akan menyukainya karena hal ini dianggap sebagai bentuk transparan sehingga pengguna TikTok lainnya tidak merasa bosan. Transparan adalah salah satu kunci menuju bisnis yang sukses.

Aplikasi TikTok seiring pertumbuhannya, semakin banyak orang yang menggunakannya. Khususnya para kaum remaja yang menjadikan TikTok sebagai media hiburan untuk berimajinasi, berkreasi, dan berkspresi melalui sebuah video.

Bukan hanya itu saja, merebaknya pemasaran secara digital membuat TikTok meluncurkan konsep segar yang diperuntukkan bagi para pebisnis dalam mempromosikan produknya. Hal tersebut mungkin dapat kamu gunakan agar produk/brand kamu makin dikenal lewat berbagai platform.

Nah, hal yang perlu kamu perhatikan saat akan menggunakan TikTok sebagai tempat promosi produkmu telah dijelaskan di atas. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu sudah membacanya? Apakah kamu benar-benar akan menggunakan aplikasi TikTok untuk berbisnis? Jika ya, pastikan hal-hal di atas telah kamu perhatikan terlebih dahulu ya!

Karyawan vs Pengusaha, Pilih yang Mana?

  ·   5 min read