News

8 Langkah Mudah agar Aman Saat Berbelanja

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini

Kasus virus Corona masih cukup tinggi. Pemerintah telah berupaya ‘menggalakkan’ gerakan social distancing pada masyarakat Indonesia. Bukan berarti mengurung diri, namun untuk mengurangi interaksi dan menjaga jarak dengan orang lain.

Tentu kita masih bisa pergi keluar rumah, dengan catatan hanya jika sangat penting dan mendesak. Salah satu contoh kegiatan yang harus dilakukan adalah berbelanja, terutama bahan makanan untuk sehari-hari.

Sebenarnya, ada alternatif yang bisa dipilih bila ingin menghindari keluar rumah. Seperti layanan jasa belanja online yang bisa dipesan melalui aplikasi di smartphone.

Namun tidak semua bahan tersedia setiap waktu dan mungkin ada hal-hal lain yang menghalangi kita untuk berbelanja online. Akhirnya, kita tetap harus belanja di pasar atau supermarket terdekat.

Jangan panik, kita cukup waspada dan menerapkan hal-hal penting sebelum pergi berbelanja. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan sebelumnya? Yuk simak tips berikut ini.

Membuat Daftar Belanja

Photo by David Ballew on Unsplash

Sebelum pergi, pastikan untuk membuat daftar belanja. Perhatikan bahan atau barang apa saja yang dibutuhkan dan tentukan jangka waktu produk. Membuat daftar belanja akan berguna agar kamu tidak perlu bolak-balik pergi ke supermarket saat ada yang lupa dibeli.

Selain itu, kamu juga bisa menakar kebutuhan, dan tidak tergoda melakukan panic buying atau membeli secara ‘gila-gilaan’ karena takut kehabisan.

Jika memang ingin membeli untuk persediaan, kamu bisa belanja dengan jumlah agak lebih banyak dibanding biasanya, namun tetap wajar. Jangan lupa untuk membeli makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah, sayur, atau protein lainnya.

Memakai Masker

Photo by Ani Kolleshi on Unsplash

Selanjutnya, bangun perlindungan diri dengan memakai masker yang baru dan bersih. Meski masker lebih tepat dipakai oleh orang yang sakit, ada baiknya kamu tetap menggunakan masker untuk berjaga-jaga.

Ingat, gunakan masker yang memang dapat menangkal virus, yaitu masker bedah dan masker N95. Selain dua jenis masker tersebut sebenarnya tidak akan berfungsi secara optimal. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memakai masker, ya.

Memasang Sarung Tangan

Photo by Marcus P. on Unsplash

Tak hanya masker, sarung tangan juga dapat mengurangi kemungkinan terkena virus. Terutama karena kamu akan pergi ke tempat umum, kemudian menyentuh barang-barang yang tidak diketahui kebersihannya.

Tapi jika memang tidak ada, kamu tidak wajib untuk menggunakannya. Hal yang lebih penting adalah untuk rajin mencuci tangan dengan sabun setelah memegang benda-benda dari luar.

Hindari Transportasi Umum

Photo by Art Markiv on Unsplash

Menghindari keramaian di transportasi umum seperti transjakarta, MRT, atau KRL adalah langkah yang tepat. Usahakan pergi ke supermarket terdekat menggunakan kendaraan pribadi untuk mengurangi kemungkinan berinteraksi dengan orang lain.

Jika tidak ada kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan transportasi online seperti Gojek, Grabcar, dan lainnya. Intinya, lakukan perjalanan dengan orang umum seminim mungkin, karena kamu tidak dapat menjamin kesehatan mereka.

Tidak Menyentuh Muka

Photo by Jacqueline Day on Unsplash

Umumnya, orang-orang terbiasa untuk menyentuh muka secara tidak sadar. Saat sedang berbelanja di luar, paksa dirimu untuk tidak memegang wajah, terutama saat belum cuci tangan.

Meski kurang nyaman, kamu harus tetap menahan diri. Pasalnya, ada kemungkinan virus bisa masuk ke mata, hidung, atau mulut saat tanganmu menyentuh daerah wajah.

Menjaga Jarak

Photo by Isaiah Rustad on Unsplash

Meski kamu bertemu dengan kenalan atau harus berbicara dengan orang lain, usahakan untuk membuat jarak. Setidaknya, 1-2 meter saat berinteraksi dengan orang lain. Apalagi saat orang tersebut terlihat kurang sehat dengan menunjukkan gejala batuk atau flu.

Ingat, harus tetap sopan ya menjaga jaraknya. Jangan sampai melakukan perilaku yang kasar hingga orang lain tersinggung.

Melepas Barang dari Luar

Photo by chrissie kremer on Unsplash

Setelah selesai berbelanja, segera masukkan barang-barang dari luar di tempat kotor. Masker yang sudah dipakai sekali, sudah lembab atau kotor, harus segera dibuang. Pakaian dan barang-barang lain juga dilepas untuk kemudian dibersihkan.

Segera Bersihkan Diri

Photo by Curology on Unsplash

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan tubuhmu. Virus dapat menempel di tubuh secara kasat mata, maka segera lepas pakaian lalu langsung mandi, ya. Pastikan kamu sudah membersihkan seluruh badan dari ujung rambut hingga kaki untuk mengindari virus yang menempel.

Bagaimana? Cukup mudah kan untuk dipraktikkan? Yuk disiplin dengan diri sendiri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga saja situasi ini segera berakhir sehingga kita dapat beraktivitas seperti biasa lagi.

8 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat #diRumahAja

  ·   5 min read