Produktivitas

8 Tips Aplikatif Yang Dapat Kamu Coba Untuk Mengembangkan Kreativitas

Written by Kriscahyani

Di era digital seperti saat ini, kreativitas menjadi hal yang sangat berharga. Segala aspek yang menunjang keberlanjutan hidup manusia membutuhkan inovasi dan kreativitas.

Sebagian orang beranggapan bahwa kreativitas adalah bakat yang dibawa sejak lahir. Sedangkan sebagian yang lain percaya, kreativitas dapat dipelajari dan ditingkatkan.

Kreativitas sendiri didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda. Kemampuan untuk melihat masalah dari sudut pandang berbeda, kemudian menggagas dan mengembangkan konsep baru yang kontras dengan ide-ide sebelumnya.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan latihan dan kerja keras kamu dapat mendorong dirimu menjadi lebih kreatif. Nah oleh sebab itu, kamu tidak bisa hanya diam menunggu inspirasi. Yuk simak beberapa tips menarik berikut yang dapat membuatmu meningkatkan kreativitas

Berjalan dan amati sekeliling

Seperti yang disebutkan sebelumnya kalau kreativitas pada dasarnya berkaitan dengan kemampuan mengembangkan ide. Nah, kamu dapat memulai mengeksplor berbagai ide dengan pengamatan visual. Coba luangkan waktumu untuk berjalan kaki sebentar.

Tidak perlu jauh-jauh kok, di sekitaran rumahmu juga tak masalah. Sering kali berjalan sambil mengamati sekeliling, membuat kita sadar akan hal-hal tertentu dan memberi kita inspirasi.

Kontemplasi

Harus diakui, merenung dengan penuh konsentrasi terkadang akan membuahkan sebuah ide. Jadi, biarkan dirimu duduk sejenak mencari inspirasi. Kemudian uraikanlah dalam buku catatanmu. Satu yang harus diingat ialah jangan takut untuk mewujudkan ide-idemu.

Dengarkan lagu-lagu favoritmu

Pernah stuck atau kehabisan ide lalu tiba-tiba mendapatkan ide baru setelah mendengarkan musik? Ya, memang terkadang dalam keadaan sepi, kita tidak terpikirkan akan apa-apa.

Sebuah studi melaporkan bahwa mendengarkan lagu-lagu yang menyenangkan dapat meningkatkan kreativitas. Studi lain mengungkapkan bahwa dengan menikmati lagu, seseorang dapat mengembangkan ide-ide kreatif.

Dipikir-pikir benar juga ya? lagu apapun bisa menstimusi kita asal dinikmati. Nah, kalau begitu mainkan playlist lagu yang kamu sukai dan cocok dengan suasana hatimu, kemudian nikmatilah.

Brainstorming

Brainstorming memberikan kita kesempatan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan solusi yang didapat dari mendengarkan beragam pendapat. Teknik ini seringkali dilakukan di lingkungan akademik juga perusahaan-perusahaan.

Waktu yang diperlukan untuk menghasilkan ide kreatif pun relatif singkat karena prosesnya yang menghimpun banyak gagasan. Mulailah untuk berdiskusi dengan teman-teman atau orang-orang di sekitarmu sehingga nantinya kalian bisa berkolaborasi menciptakan sesuatu.

Berlatih memecahkan masalah

Memecahkan masalah menjadi strategi yang membuatmu berkesempatan melihat sebuah fenomena dari sudut pandangmu. Berlatih memecahkan masalah juga akan membuatmu peka akan keadaan sekitar. Kemudian menumbuhkan pemikiran kreatif dan menghasilkan solusi-solusi yang efektif.

Mencoba seni rupa

Seorang seniman asal Amerika, Jeff Kons menyebutkan bahwa terlibat dalam seni rupa mampu meningkatkan kreativitas. Kamu bisa mulai dengan menggambar atau fotografi. Hal ini menunjukkan bagaimana kamu mampu mensintesiskan dan merepresentasikan apa yang kamu lihat dengan caramu sendiri.

Jangan takut kalau menurutmu kamu tidak hebat dalam hal tersebut. Tanamkan keyakinan bahwa menggambar maupun fotografi juga sama dengan kreativitas, bukanlah bakat bawaan sejak lahir tetapi dipelajari ya gais!

Merancang dekorasi kamar yang kreatif

Psikolog, Mihaly Csikszentmihalyi menyatakan bahwa lingkungan ikut berperan dalam proses mendorong ide-ide kreatif. Oleh sebab itu, kelilingilah dirimu dengan hal-hal yang kamu sukai sehingga dapat menginspirasimu.

Mendekorasi ruangan kamarmu dengan dengan warna kesukaanmu dan barang-barang unik yang kamu buat sendiri, terdengar menarik bukan?

Olahraga

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa olahraga secara teratur dapat mempertajam kreativitas. Hal yang serupa dikemukakan oleh  Wendy Suzuki, seorang ahli saraf yang berasal dari Universitas New York.

Latihan aerobik seperti berlari dapat merangsang sesuatu yang disebut Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF), yang mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru. BDNF ini  juga memiliki peran yang penting dalam ingatan jangka panjang dan berpikir kreatif.

Nah selain menjalani gaya hidup sehat, kamu juga dapat menjadi lebih kreatif dengan olahraga teratur. Jadi tunggu apalagi?

Kreativitas akan mengarahkan kita pada produktivitas. Jadi kalau kamu ingin kreatif dan produktif, jangan lelah untuk mencoba mewujudkan idemu dengan bantuan tips di atas.

Ada hal yang perlu diingat, yaitu mengasah kreativitas bukanlah sihir yang bisa terjadi sekejap mata. Tapi memerlukan praktik dan kerja keras. Dengan begitu kamu akan semakin mantap untuk mengeksekusi ide-ide baru.