Lifestyle

8 Tips Agar Solo Travelingmu Aman dan Nyaman

Written by Kriscahyani Abid Ra

Masalah keamanan, kenyaman, dan kesepian kadang menjadi bayangan yang menakutkan bagi orang-orang yang ingin mencoba solo traveling. Memang tidak bisa dijamin bahwa sebuah perjalanan akan selalu berjalan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Namun, kamu dapat meminimalisasi peluang munculnya gangguan ketika berpelesir dan menjadikan perjalananmu menyenangkan dengan persiapan dan perencanaan yang matang. Delapan tips solo traveling berikut akan membantumu merencanakan perjalanan impianmu, langsung saja yuk kita simak!

Lakukan Riset

Sebelum bepergian, kamu harus mengetahui seluruh hal terkait perjalananmu dengan baik terlebih dahulu. Kumpulkan informasi sebanyak banyaknya mengenai perjalananmu. Seperti destinasi yang ingin kamu kunjungi, penginapan dan transportasi, perkiraan biaya yang harus kamu keluarkan sepanjang perjalanan juga riset cuaca terhadap daerah tersebut.

Agar lebih meyakinkan kamu dapat berselancar di internet untuk melihat review atau testimoni dari para blogger.

Membuat rancangan anggaran biaya

Riset saja tidak cukup untuk menghadapi apa yang akan terjadi di lapangan, oleh karenanya kamu harus membuat rancangan anggaran biaya yang harus kamu keluarkan. Cobalah untuk membuat perhitungan relatif setiap biaya perjalanan dari mulai harga tiket transportasi hingga harga makanan di tempat-tempat wisata tujuanmu.

Siap sedia catatan

Tidak ada perjalanan yang tidak beresiko, oleh karena itu kamu harus benar-benar memikirkan kemungkinan terburuk yang bisa kamu alami selama perjalanan. Misalnya saja, kehilangan handphone-mu.

Untuk itu, penting sekali membuat catatan berisi kontak penting orang terdekatmu juga nomor-nomor penting  dari alamat yang ingin kamu tuju baik itu fasilitas umum seperti rumah sakit maupun kontak penginapan.

Pisahkan uang dan dokumen berharga

Usahakan untuk memisahkan kemudian menyimpan barang berhargamu di dua tempat yang berbeda. Sebagian di dompet dan sebagian lagi di dalam tas, misalnya. Kamu juga dapat membagi sejumlah uangmu agar tidak disimpan dalam satu tempat.

Hal ini bertujuan untuk mengatasi kemungkinan terburuk bila nanti kamu mengalami kehilangan sebagian barang-barangmu. Setidaknya kamu memiliki cadangan di tempat penyimpanan yang lain.

Packing secukupnya

Agar barang-barangmu tidak tercecer atau hilang, usahakanlah untuk packing secukupnya saja. Bawalah barang-barang yang sekiranya multifungsi seperti handphone yang . Hindari membawa barang-barang yang sekiranya sudah disediakan di penginapan.

Untuk pakaian, lebih baik bawa pakaian yang berbahan dasar ringan seperti sifon, tapi kalau cuaca di tempat wisatanya dingin tentu akan beda lagi. Satu buah koper berukuran sedang atau backpack ditambah satu tas jinjing kecil sepertinya sudah cukup untuk bepergian selama 5-7 hari.

Bertanya pada penduduk setempat

Sering kali ketika tersesat di tempat asing apalagi kali pertama untuk kunjungi, kita malu untuk bertanya pada penduduk setempat. Namun jangan biarkan malu tersebut membuatmu tidak bisa bergerak. Jangan ragu untuk bertanya atau bahkan mengobrol panjang lebar dengan penduduk setempat.

Biasanya penduduk setempat apalagi penduduk yang memang berada di daerah wisata selalu menyambut dengan ramah para wisatawan. Ada baiknya juga kamu mempelajari sedikit frasa dari bahasa lokal penduduk setempat yang akan memudahkan dalam percakapan.

Menjaga kontak dengan anggota keluarga

Tidak ada salahnya untuk mengontak anggota keluarga maupun teman yang tinggal di tempat yang ingin kamu kunjungi. Ingat bahwa kamu sedang menjalankan solo traveling, maka cobalah untuk sekadar menggali informasi. Hal ini untuk memudahkanmu dari kebingungan nantinya.

Siapa tahu mereka punya rekomendasi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Transportasi yang harusnya kamu gunakan saat bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Begitu juga kalau kamu tersesat, kamu bisa langsung menghubungi mereka. Jangan lupa juga untuk mengabari keluargamu di rumah ya!

Nikmati setiap momen namun tetap hati-hati

Nikmatilah setiap momen selama perjalanan, jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kameramu. Tapi ingatlah untuk selalu hat-hati, hindari bepergian di malam hari atau dijalanan yang gelap dan sepi. Berjalanlah dengan tegak ke arah depan, hindari menatap handphone-mu berlebihan di jalan. Hal ini bisa membuatmu tidak awas dengan sekitarmu.

Solo traveling sangatlah personal, selain menemukan tempat-tempat yang menakjubkan kamu dapat mengenali lebih dalam dirimu sendiri. Memang terkadang ada kejutan tak terduga yang ikut mengiringinya namun kamu harus bisa menghadapinya dengan perencanaan dan langkah-langkah efektif seperti yang telah disebutkan di atas. Semoga perjalananmu menyenangkan!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read