Opini

9 Tips untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Written by Arni Tsalitsa


Tidak ada yang dilahirkan dengan kepercayaan diri yang tak terbatas. Jika seseorang tampaknya memiliki kepercayaan diri yang luar biasa, itu karena dia telah berusaha membangunnya selama bertahun-tahun.

Kepercayaan diri adalah sesuatu yang kamu pelajari untuk dibangun, karena dunia bisnis atau karier yang menantang dan kehidupan secara umum dapat mengempiskannya.

Ulasan negatif dari pelanggan tentang produk kita, permintaan pengembalian dana atau penolakan dari investor terkadang dapat menyebabkan kepercayaan diri berkurang.

Komentar tidak ramah dari orang-orang terdekat pun  dapat menyebabkan seseorang terpukul sehingga kepercayaan diri memudar. Di atas semua itu, kita harus berurusan dengan berbagai kritikan batin dalam diri tentang keraguan yang terus-menerus memberi tahu kita bahwa kita tidak cukup baik.

Ketika dibombardir oleh begitu banyak elemen yang mengancam kepercayaan diri kita, kita perlu mengambil tanggung jawab untuk membangunnya demi diri kita sendiri.

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Membangun bisnis yang sukses membutuhkan daya tahan dan kepercayaan yang tak tergoyahkan pada kemampuan kamu untuk mengatasi rintangan. Inilah 9 hal yang dapat kamu lakukan untuk membangun kepercayaan diri.

Visualisasikan Diri Seperti yang Kamu Inginkan

Visualisasi adalah teknik melihat gambar diri sendiri yang dibanggakan dalam pikiran kamu sendiri.

Ketika kita berjuang dengan kepercayaan diri yang rendah, kita memiliki persepsi yang buruk tentang diri kita sendiri yang sering tidak akurat. Berlatih memvisualisasikan versi diri kamu yang fantastis untuk mencapai tujuanmu.

Tegaskan Diri

"Afirmasi adalah alat yang ampuh untuk secara sengaja memasang kepercayaan yang diinginkan tentang dirimu" - Nikki Carnevale.

Kita cenderung berperilaku sesuai dengan citra diri kita sendiri. Trik untuk membuat perubahan yang langgeng adalah mengubah cara kamu memandang diri sendiri.

Afirmasi adalah pernyataan positif dan meneguhkan yang kita katakan kepada diri sendiri. Ini biasanya lebih efektif jika diucapkan dengan lantang sehingga kamu dapat mendengar dirimu mengatakannya.

Kita cenderung percaya apa pun yang kita katakan pada diri sendiri terus-menerus. Sebagai contoh, jika kamu membenci penampilan fisikmu sendiri, berlatih mengatakan sesuatu yang kamu hargai atau sukai tentang diri kamu ketika melihat ke cermin.

Agar otak kamu menerima pernyataan positif lebih cepat, ungkapkan afirmasi sebagai pertanyaan seperti, "Mengapa saya begitu pandai membuat kesepakatan?" alih-alih "Saya sangat pandai membuat kesepakatan".

Otak kita terhubung secara biologis untuk mencari jawaban atas pertanyaan, tanpa menganalisis apakah pertanyaan itu valid atau tidak.

Lakukan Satu Hal yang Membuat Kamu Takut Setiap Hari

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut adalah menghadapinya secara langsung.

Dengan melakukan sesuatu yang membuat kamu takut setiap hari dan mendapatkan kepercayaan dari setiap pengalaman, maka kamu akan melihat rasa percaya diri kamu melambung.

Jadi, keluarlah dari zona nyaman dan hadapilah ketakutan itu!

Tanyakan Suara Batinmu

"Kamu telah mengkritik diri sendiri selama bertahun-tahun, dan itu tidak berhasil. Coba setujui diri kamu dan lihat apa yang terjadi" - Louise L. Hay.

Beberapa komentar terberat yang kita dapatkan berasal dari diri kita sendiri yaitu melalui "kritikan suara batin".

Jika kamu berjuang dengan kepercayaan diri yang rendah, ada kemungkinan bahwa kritik atau suara batinmu menjadi terlalu aktif dan tidak akurat.

Strategi seperti terapi perilaku kognitif membantu kamu mempertanyakan kritikan yang ada di batin, dan mencari bukti untuk mendukung atau menyangkal hal-hal yang dikatakan oleh suara batinmu kepada kamu .

Misalnya, jika kamu berpikir bahwa kamu gagal, tanyakan pada diri sendiri, "Bukti apa yang ada untuk mendukung pemikiran bahwa saya gagal?" dan "Bukti apa yang ada yang tidak mendukung pemikiran bahwa saya gagal?"

Temukan peluang untuk memberi selamat, memuji, dan menghargai diri sendiri, bahkan untuk keberhasilan terkecil. Seperti yang dikatakan Mark Twain, "Manusia tidak dapat merasa nyaman tanpa persetujuannya sendiri".

Atur Diri Kamu untuk Menang

"Untuk membangun kepercayaan diri yang sejati, kita harus berkonsentrasi pada kesuksesan kita dan melupakan kegagalan dan hal negatif dalam hidup kita" - Denis Waitley.

Terlalu banyak orang berkecil hati tentang kemampuannya karena mereka menetapkan sendiri tujuan yang terlalu sulit untuk dicapai.

Mulailah dengan menetapkan sendiri tujuan-tujuan kecil yang dapat kamu menangkan dengan mudah.

Setelah kamu membangun aliran kesuksesan yang membuatmu merasa nyaman dengan diri sendiri, kamu kemudian dapat beralih ke tujuan yang lebih sulit.

Pastikan bahwa kamu juga menyimpan daftar semua pencapaian, baik besar maupun kecil untuk mengingatkan diri sendiri tentang waktu yang telah kamu lakukan dengan baik.

Bantu Orang Lain

Membantu orang lain sering memungkinkan kita untuk melupakan diri kita sendiri dan merasa bersyukur atas apa yang kita miliki. Ini juga terasa tenang ketika kamu bisa membuat perbedaan untuk orang lain.

Alih-alih berfokus pada kelemahan sendiri dengan secara sukarela menjadi mentor, membantu atau mengajar orang lain,pada nantinya kamu akan melihat kepercayaan diri kamu tumbuh secara otomatis dalam prosesnya.

Peduli pada Diri Sendiri

Kepercayaan diri tergantung pada kombinasi antara kesehatan fisik yang baik, kesehatan emosional dan kesehatan sosial.

Sulit untuk merasa baik tentang diri sendiri jika kamu membenci tubuhmu atau terus-menerus memiliki energi rendah.

Luangkan waktu untuk berolahraga dan memperbaiki kebiasaan makan serta kualitas tidur. Selain itu, berpakaian lah sesuai keinginanmu. Bangun rasa percaya diri dengan melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan kamu sendiri.

Buat Batasan Pribadi

"Jangan pernah diganggu ke dalam keheningan. Jangan pernah biarkan dirimu menjadi korban. Jangan terima definisi siapa pun tentang hidupmu, tetapi tentukan diri kamu sendiri” -  Harvey Fierstein.

Belajarlah untuk mengatakan tidak. Ajari orang lain untuk menghormati batasan pribadimu. Jika perlu, ambil kelas tentang bagaimana menjadi lebih tegas dan belajar untuk meminta apa yang kamu inginkan.

Semakin banyak kendali dan mengatakan bahwa kamu memiliki atas hidupmu sendiri, semakin besar pula kepercayaan diri kamu.

Beralih ke Mentalitas Kesetaraan

"Ingin menjadi orang lain adalah pemborosan dari dirimu" - Marilyn Monroe

Orang-orang dengan kepercayaan diri rendah melihat orang lain lebih baik atau lebih pantas daripada diri mereka sendiri. Alih-alih membawa persepsi ini, anggap diri kamu setara dengan semua orang.

Mereka tidak lebih baik atau lebih pantas daripada kamu. Buat perubahan mental ke mentalitas kesetaraan dan kamu secara otomatis akan melihat peningkatan dalam kepercayaan diri sendiri

Nah, beberapa  tips di atas dapat kamu lakuka untuk meningkatkan kepercayaan dirimu. Tentunya sikap percaya diri tersebut harus kamu terapkan dalam hal-hal positif. Semoga membantu ya!

Mengenal “Bias Negatif dalam Berpikir”

  ·   2 min read