Getting Started, Produktivitas

9 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Fresh Graduate

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini

Setelah menghabiskan waktu kurang lebih empat tahun belajar di perguruan tinggi, kamu akhirnya lulus. Rasanya, beban yang ada di pundak tergantikan dengan hari bahagia ini. Wisuda dengan nilai sempurna dan dikelilingi oleh orang-orang terkasih.

Lalu, apa selanjutnya?

Tentu setelah lulus, hidupmu tak langsung berjalan mulus begitu saja. Ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari mencari kerja, hidup mandiri, membahagiakan keluarga, dan menentukan arah kehidupanmu ke depan.

Sebagian orang mungkin menganggap, lulus dari perguruan tinggi berarti terlepas dari sejumlah tuntutan dan beban selama kuliah. Jangan salah, tanggung jawab di kuliah ternyata tidak ada apa-apanya dibanding saat kamu sudah lulus nanti, lho.

Jika kamu masih menjalani kehidupan sebagai mahasiswa, hampir mau lulus, atau bahkan sudah lulus, ada baiknya segera memikirkan rencana hidup ke depan. Usahakan untuk tidak menunda-nunda perencanaan ini, karena waktu berlalu dengan sangat cepat. Tanpa sadar, tuntutan bekerja dan berpenghasilan sudah ada di depan mata.

Pastikan bahwa rencana setelah lulus kuliah dapat kamu isi dengan kegiatan yang bermanfaat atau berguna untuk meningkatkan kualitas dirimu. Masih bingung juga?

Yuk lihat beberapa pilihan kegiatan di bawah ini!

Merealisasikan Mimpi

Photo by Rahul Bhosale on Unsplash

Pertama, kamu bisa segera merealisasikan mimpi-mimpi yang mungkin terhalang selama kamu menjadi mahasiswa dulu. Tentu tak ada salahnya menghadiahi diri sendiri dengan kegiatan yang sudah kamu idam-idamkan sejak lama. Misalnya kamu bermimpi untuk traveling ke lima kota di Indonesia secara maraton, maka lakukanlah. Ini saat yang tepat untuk mengisi bucket list selama kuliah yang belum dapat terwujud.

Berkarya

Photo by Brooke Lark on Unsplash

Setelah lulus, kamu bisa memperbanyak karyamu di bidang apapun. Misalnya menulis, menggambar, mendesain, dan lainnya. Lakukan apa yang kamu cintai, dan cintai apa yang kamu lakukan. Jika selama kuliah kamu merasa kurang optimal dalam menghasilkan karya, sekarang adalah waktu yang tepat.

Hal kecil seperti hobi yang kamu kerjakan, dapat dikembangkan menjadi karya yang memiliki nilai jual. Misalnya, kamu hobi membuat kerajinan tangan, kembangkan saja. Siapa tau ada yang tertarik dengan ide dan karya unikmu.

Bikin Bisnis

Photo by Eduardo C.G. on Unsplash

Berkaitan dengan sebelumnya, kamu bisa mulai berbisnis kecil-kecilan. Berbekal pengalaman dan ilmu saat kuliah dulu, kamu bisa memulai usaha sendiri. Cara paling pertama tentu adalah tekad kuat. Kemudian, perhatikan juga usaha apa yang punya prospek menjanjikan, kebutuhan dan keinginan masyarakat, kondisi pasar, dan modal yang kamu miliki.

Menjadi Volunteer

Photo by Perry Grone on Unsplash

Punya keinginan terpendam untuk membantu orang di daerah pelosok dan tinggal bersama mereka? Atau membantu meningkatkan pendidikan anak-anak di lingkungan minim pendidikan?

Menjadi sukarelawan atau volunteer adalah jawaban yang tepat. Mungkin selama ini kamu ragu-ragu untuk mendaftar sebagai volunteer karena khawatir jadwalnya bertabrakan dengan kuliah. Apalagi, ada beberapa program sukarelawan atau pengabdian masyarakat yang berdurasi beberapa bulan. Sekarang, kami bebas mencari kegiatan sukarelawan mengajar atau membangun infrastruktur di masyarakat.

Dengan menjadi volunteer, kamu dapat membangun jaringan dan bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat. Selain itu, tentu kegiatan ini bisa menjadi nilai tambah saat melamar kerja nanti.

Ikuti Pendidikan Non Formal

Photo by Raden Prasetya on Unsplash

Selanjutnya, buat kamu yang ingin memperdalam suatu bidang di luar konsentrasi kuliahmu selama ini. Kamu bisa memperdalam keahlian dengan mengikuti pendidikan non formal yang ada, seperti kursus masak, les desain grafis, kelas tata busana, atau kursus bahasa asing. Tak perlu khawatir bosan, pendidikan non formal ini biasanya lebih santai dan menyediakan banyak praktik.

Selain menambah pengetahuan dan kemampuan, sertifikat dan nilai dari pendidikan non formal ini dapat meningkatkan nilaimu saat melamar kerja nanti. Atau jika tidak mau melamar kerja, kamu bisa mengembangkan keahlian ini untuk hal lainnya.

Lanjut Kuliah

Photo by Changbok Ko on Unsplash

Masih semangat untuk belajar formal di perguruan tinggi?

Kamu bisa langsung melanjutkan kuliah S2 setelah lulus. Terkendala biaya? Jangan khawatir, saat ini sudah semakin banyak beasiswa yang ditawarkan. Selain dapat belajar lebih dalam, potensi atau peluang kerja bagi lulusan S2 seringkali lebih besar daripada lulusan S1. Maka, opsi kegiatan ini bisa kamu pertimbangkan.

Magang atau Freelance

Photo by Joseph Gruenthal on Unsplash

Next, buat kamu yang ingin merasakan dunia kerja namun belum ingin terikat dalam jangka waktu yang lama. Cobalah daftar magang atau freelance sesuai dengan bidang yang kamu inginkan. Dua kegiatan ini akan menguntungkanmu karena waktu kerja yang lebih fleksibel dan singkat, namun tetap mendapat ilmu dan pengalaman seperti dunia kerja.

Beberapa lowonngan magang juga menyediakan uang saku, sementara freelancer juga mendapat pemasukan meski tidak sebesar karyawan tetap.

Mendaftar Jadi PNS

Photo by History in HD on Unsplash

Pilihan lain yang bisa kamu jadikan rencana ke depan, yaitu mendaftar jadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Pekerjaan di area ini seringkali menjadi pedoman bagi orangtua, karena cukup menjanjikan dan menjamin masa depan. Untuk masalah gaji, besaran gaji yang diterima seorang PNS tergantung dari instansi tempatnya bekerja.

Melamar ke Perusahaan

Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Nah, ini dia pilihan terakhir yang sepertinya paling umum diminati para fresh graduate. Dengan berbekal pengalaman dan ilmu selama kuliah, kamu bisa mendaftar ke perusahaan sesuai dengan bidang yang diinginkan. Hal-hal yang kamu persiapkan juga mungkin tidak seberat bila ingin membuka usaha.

Wah, banyak juga ya ternyata kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan setelah lulus kuliah. Mau apapun aktivitasnya, tak masalah. Hal terpenting adalah untuk tetap produktif dan tahu arah seperti apa yang akan kamu tempuh.

Tak selalu mencari kerja, kegiatan-kegiatan di atas juga memiliki kualitas yang sama baiknya. Mulai sekarang, coba pikirkan dan rencanakan tujuanmu saat lulus nanti ya.