Lifestyle

6 Alasan Kenapa Solo Traveling: Tertarik?

Written by Kriscahyani

Traveling tentu jadi suatu yang menyenangkan baik itu traveling bersama keluarga, teman maupun pasangan. Namun, pernahkah kamu membayangkan untuk traveling sendirian? traveling sendirian juga tidak kalah menarik lho!

Banyaknya tekanan dan kejenuhan terhadap rutinitas kehidupan kadang kala membuat kita ingin pergi sendirian, entah untuk menenangkan pikiran maupun untuk mencoba hal-hal baru.

Mungkin bagi beberapa orang solo traveling terdengar ngenes bahkan menyeramkan. Tapi tidak se-ngenes dan se-menyeramkan yang kita bayangkan kok. Nah agar lebih yakin, berikut 6 alasan mengapa kamu harus menyempatkan solo traveling setidaknya sekali dalam hidupmu.

Lebih bebas mewujudukan keinginan

Pernah kepikiran untuk mencoba hal-hal baru tapi tidak ada yang setuju denganmu? Atau selama ini kamu lebih sering membiarkan temanmu mengatur harus pergi kemana di waktu liburan? Sudah saatnya kamu berhenti menahan diri untuk menjalankan pilihanmu.

Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan saat solo traveling dengan begitu kamu akan merasakan pengalaman yang benar-benar mengasyikkan. Mungkin sehabis itu kamu dapat bonus menemukan tempat yang akan jadi favoritmu sehingga lain kali kamu ingin kembali ke tempat itu.

Membuatmu lebih mandiri

Seorang solo traveler selain merepresentasikan kebebasan, juga merepresentasikan kemandirian dan keberanian.

Ibarat film, kamu akan jadi sutradara sekaligus aktor utama yang merencanakan juga memainkan peran dalam perjalananmu sendiri. Apa yang ingin kamu lakukan? Tempat apa yang kira-kira menarik untuk dikunjungi? Apa makanan yang ingin kamu cicipi?

Kamu sendiri yang lebih tahu jawabannya dan menentukan langkah selanjutnya. Disini kamu akan menyadari seberapa mampu kamu untuk mengandalkan diri sendiri dan beradaptasi dalam perjalanan.

Keluar dari zona nyaman

Sebagian besar orang selalu berusaha mempertahankan diri dalam keadaan yang mereka rasa cukup nyaman. Namun tetap berada dalam zona nyaman bisa membuatmu tidak berkembang. Stagnan disitu-situ saja. Kamu tidak mendapatkan kesempatan untuk mencoba tantangan baru di luar sana.

Bepergian sendiri kadang tampak menakutkan saat kamu hanya bisa makan sendiri tanpa ada teman mengobrol. Namun kamu harus memulai untuk keluar dari zona nyaman dengan menghadapi ketakutanmu tersebut. Ingat, semua ketakutan hanyalah imajinasi yang bermain dalam pikiran kita.

Lebih mengenal diri sendiri

Dunia begitu luas man, ketika kamu menjelajahi dunia kamu tidak hanya menemukan apa yang tersembunyi di ujung dunia tapi juga menemukan sosok dirimu sendiri.

Solo travel memberikanmu kesempatan untuk meluangkan waktu bagi dirimu sendiri. Kamu bisa mengambil jeda dan merenungkan apa yang telah kamu lalui. Hal ini bisa kamu jadikan evaluasi untuk mengembangkan dirimu. Serta tujuan apa yang ingin kamu capai selanjutnya.

Bertemu dan menjalin hubungan dengan orang baru

Bepergian sendirian bukan berarti kamu tidak bisa berbagi momen dengan orang lain. Kamu bisa saja bertemu orang asing dan menghabiskan waktu untuk berkenalan dan mengobrol dengan orang tersebut.

Nah, siapa tahu ke depannya orang asing yang kamu temui tadi dapat menjadi temanmu atau bahkan teman hidupmu, uhuy.

Proses belajar dari pengalaman yang mengasyikkan

Dengan solo traveling kamu akan melihat hal-hal baru yang membuat matamu lebih terbuka. Melihat lingkungan, kebudayaan, orang-orang yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya.  Ingat pepatah yang menyatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik?

Nah, pengalaman traveling selain menjadi guru terbaik juga menjadi guru yang asyik nih.  

Solo traveling bisa melahirkan momen-momen yang tak terduga dengan cara yang tak terduga pula. Disini kamu belajar untuk menghargai setiap momen tersebut serta belajar bersyukur.

Jadi bagaimana guys, masih ragu untuk mencoba solo traveling? Ingat bahwa kamu tidak bisa terus-terusan menunggu menemukan orang yang ingin mencoba hal yang sama denganmu. Sudah saatnya mengatasi ketakutanmu akan kesepian.

Kalau kamu punya waktu senggang maka jangan ragu untuk solo traveling sebelum kamu menyesal karena tidak bisa mencobanya di kemudian hari. Eit, sebelum bepergian usahakan untuk meriset destinasi tujuanmu dan merencanakan perjalananmu ya! Semangat!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read