Lifestyle

Pentingkah Ramalan Zodiak Bagi Milenial?

Written by Chairul Rachman Ramadhan

Keingintahuan tentang banyak hal seringkali dirasakan oleh generasi muda atau pada zaman ini sering disebut generasi milenial. Perkembangan teknologi pun turut memfasilitasi rasa ingin tahu dari generasi milenial.

Rasa ingin tahu tersebut khususnya berkutat pada hal yang akan terjadi di masa depan. Termasuk di dalamnya ramalan zodiak, shio maupun  ramalan jawa berdasarkan weton yang masih tetap di minati oleh berbagai kalangan khususnya kelompok milenial.

Ramalan zodiak identik dengan berbagai macam simbol dengan bermacam-macam ramalan didalamnya seperti keuangan, percintaan, karier dan yang lainnya. Bagi sebagian kalangan milenial, zodiak menjadi bagian dari keseharian karena menurut mereka ramalan zodiak tersebut cukup menghibur dikala stres tiba apalagi saat pandemi seperti sekarang ini.

Banyaknya website maupun aplikasi serta akun-akun di media sosial yang membahas tentang ramalan zodiak adalah suatu bukti adanya suatu ketertarikan terhadap zodiak itu sendiri.

Ketersediaan informasi yang lebih mendalam dan kemudahan untuk mengaksesnya secara online telah memberikan kenyamanan tersendiri, banyak anak muda tertarik tentang zodiak,  bahkan jika mereka tidak benar-benar mempercayainya.

Sementara itu di luar negeri, zodiak menjadi tren khusus. Melansir dari The Atlantic, diungkapkan bahwa zodiak menjadi jalan generasi milenial dalam meniti spiritualitas. Bahkan, menjadi cara baru dalam psikologi penyembuhan diri.

Bagi para milenal, zodiak tidak hanya sekedar ramalan, mereka percaya bahwa walaupun ramalan tersebut belum tentu benar tetapi dapat membuat mereka menjadi  lebih positif untuk menjalankan kehidupan kedepannya.

Seperti menurut Gumbiw, mahasiswa yang memberikan pendapatnya mengenai ramalan zodiak "Gini, zodiak sebenernya ga terlalu ngaruh buat saya, percaya berlebihan juga ga baik, kan zodiak masuk nya ke ranah ramalan. Zodiak dibikin buat seru-seruaan aja, kalau memang ada yang bener ya syukur kalau tidak juga ya udah, jika didalam zodiak itu ada hal positif yang menyangkut diri kita, bisa kita jadikan contoh buat lebih baik kedepannya".

Nah, apakah ada manfaatnya dari membaca ramalan zodiak atau ramalan jenis lainnya?

Menurut Psikolog di Lembaga M_Eureka Psychology Consultant, Meity Arianty STP.,M.Psi. “bermanfaat atau tidak sebuah ramalan tergantung dari sikap manusia itu sendiri, Semua hal di dunia ini memiliki manfaat jika kita mengambil hal positif, misal kita jadi memiliki persepsi positif terhadap diri kita jika ramalan tersebut baik atau positif.

Kita juga memiliki perasaan positif dan bahagia memikirkan masa depan dengan berpikir positif dan meyakini hal-hal baik akan menimpa kita. Tentu akan memberikan dampak positif jika ramalan tersebut baik.” (Dilansir menurut Wolipop.detik).

Terkadang banyak orang yang tidak bisa mengenali dirinya sendiri. Dengan membaca ramalan zodiak, kita dapat mencari hal-hal yang positif dan membuang yang negatif

Tidak baik juga berharap dan menjadikan zodiak sebagai acuan hidup karena ketika ramalan tersebut tidak terjadi, kita dapat merasakan kekecewaan yang mendalam. Cobalah menjadikan ramalan zodiak tersebut sebagai media introspeksi diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi ya!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read