Lifestyle, Opini

Seberapa Mirip Fitur Baru di iOS 14 dengan Fitur di Android?

Written by Adrianus Sukanto

Pada 22 Juni lalu, Apple secara resmi memperkenalkan iOS 14 sebagai sistem operasi baru untuk perangkatnya, yaitu iPhone dan iPod. Sistem operasi terbaru ini diperkenalkan pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020. Ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) sendiri merupakan ajang konferensi yang diselenggarakan setiap tahun oleh Apple Inc. dan memungkinkan para developer Apple di seluruh dunia untuk berkumpul.

Sesuai namanya, iOS 14 memang merupakan sebuah pembaharuan dari sistem operasi pendahulunya, yaitu iOS 13. Sistem operasi ini diproyeksikan dapat digunakan secara publik pada bulan September mendatang.

Apple secara jelas mengonfirmasi bahwa iPhone yang dapat menjalankan sistem operasi iOS 13, tentu dapat menjalankan iOS 14 juga. Artinya, iPhone lawas seperti iPhone 6s dan iPhone SE dapat menjalankan sistem operasi iOS 14 nantinya. Adapun daftar lengkap perangkat iPhone dan iPod yang dapat menjalankan iOS 14:

·         iPhone 11/ 11 Pro/ 11 Pro Max

·         iPhone X/ XS/ XS Max

·         iPhone XR

·         iPhone 8/ 8 Plus

·         iPhone 7/ 7 Plus

·         iPhone 6s/ 6s Plus

·         iPhone SE (1stgen/ 2nd gen)

·         iPod Touch (7thgen)

iOS 14 sendiri membawa beberapa perubahan dan fitur baru yang menarik perhatian dan dapat dinikmati oleh penggunanya. Bahkan, Apple mengklaim bahwa iOS 14 merupakan sebuah pembaharuan sistem operasi terbesar yang pernah dilakukan oleh Apple.

Adanya pernyataan tersebut, tentu memunculkan  rasa penasaran bagi penggunanya. Fitur baru apa sajakah yang dapat digunakan oleh penggunanya? Nah, berikut Javamagz merangkum beberapa fitur baru yang dinilai membawa perubahan besar pada iOS 14.

Widgets

Adanya fitur satu ini membuat banyak orang bertanya-tanya, mengapa Apple mencoba untuk menjiplak fitur Android? Ya, fitur widget sendiri memang sudah menjadi bagian dari Android sejak lama.

Maka, tak heran banyak orang yang mengklaim bahwa Apple mencoba untuk menjiplak fitur Android. Dilihat dari fungsinya, widgets yang terdapat di Android dan iOS 14 memiliki fungsi yang sama. Namun, tampilan fitur yang terdapat di iOS 14 dinilai lebih menarik.

Hal tersebut lantaran widgets yang terdapat di iOS 14 lebih fleksibel dan tidak kaku. Fleksibel yang dimaksud ialalah pengguna dapat menumpukkan beberapa widgets sekaligus, sehingga tidak membutuhkan tempat yang banyak. Pengguna hanya perlu men-swipe atau menggeser layar untuk melihat widgets lainnya.

Sedangkan, tidak kaku yang dimaksud dalam hal ini adalah widgets dapat ditempatkan dimana saja dan ukurannya dapat disesuaikan dengan selera pengguna.

Translate

Berbeda dengan fitur translate pada kebanyakan perangkat, translate yang terdapat di iOS 14 dapat menerjemahkan berbagai bahasa melalui suara. Fitur ini dinilai dapat memudahkan penggunanya berinteraksi dengan orang lain yang berbeda bahasa. Menariknya, fitur ini dapat digunakan walaupun dalam kondisi offline.

App Library

Adanya fitur ini juga membuat orang-orang beropini bahwa Apple ingin mencoba menjiplak Android. Dengan adanya fitur ini, maka pengguna tidak lagi dipaksa untuk menampilkan seluruh aplikasi di home screen perangkatnya. Pengguna dapat menghapus aplikasi yang terdapat di home screen mereka.

Namun, hal tersebut bukan berarti pengguna meng-uninstall aplikasi mereka. Aplikasi yang sementara disembunyikan tersebut masih dapat ditemukan di App Library.

Menariknya, aplikasi yang terdapat di perangkat dapat dikategorikan secara otomatis, sehingga nantinya membentuk folder dengan kegunaan aplikasi yang serupa. Dengan adanya fitur pintar ini, pengguna tidak perlu mengkategorikan aplikasi atau membuat folder secara manual.

Mention di iMessages

Fitur mention diyakini akan hadir dan dapat digunakan oleh pengguna iMessages. Fitur ini nantinya dapat digunakan ketika sedang mengobrol di group chat. Secara umum, fungsi penggunaannya akan sama seperti fitur mention di aplikasi chat lainnya. Pengguna dapat memanggil temannya yang terdapat di dalam group chat dengan menggunakan tanda “@”.

Back Tap

Fitur Back Tap menjadi fitur yang paling banyak diperbincangkan, baik dari pengguna iPhone maupun bukan. Fitur ini tentu menarik perhatian pengguna dan pecinta gadget.

Pasalnya, fitur ini memungkinkan pengguna dapat menjalankan suatu fungsi hanya dengan mengetuk bagian belakang iPhone sebanyak 2-3 kali. Fungsi yang dapat digunakan melalui fitur ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kesenangan pengguna.

Adapun beberapa fungsi yang dapat digunakan dalam fitur ini adalah screenshot, app switcher, home, lock screen, dan masih banyak lainnya. Dengan begitu, fitur back tap ini diyakini dapat mempermudah dan mempercepat aksesibilitas pengguna. Selain itu, adanya fitur ini juga diyakini sebagai salah satu cara Apple meningkatkan kenyamanan pengguna.

Secara sekilas, memang terdapat beberapa fitu dari iOS 14yang terkesan mirip dengan fitur di Android. Namun,  dilihat dari teknis penggunaannya, Apple tidak sepenuhnya menjiplak fitur yang dimiliki oleh Android.

Di sisi lain, Apple justru mengembangkan fitur-fitur tersebut sehingga membawa kesan menarik tersendiri. Ini membuktikan bahwa Apple konsisten mempertahankan kekhasan pada iOS mereka.

Bagi pengguna iPhone yang tertarik dengan iOS 14, ada baiknya menunggu hingga September mendatang demi keamanan perangkat. Hal tersebut lantaran banyak reviewer gadget yang gagal ketika mengunduh iOS 14 versi beta dan mengalami kerusakan pada perangkat miliknya, jadi harap bersabar ya!

Referensi

Clinten,   B. (2020, June 23). Daftar iPhone yang Kebagian "Update" iOS 14.   Retrieved from Kompas.com:   https://tekno.kompas.com/read/2020/06/23/09020097/daftar-iphone-yang-kebagian-update-ios-14

Din. (2020, Maret 13). Apple   Ungkap Fitur Baru di iOS 14 yang Dirilis Akhir Tahun. Retrieved from CNN   Indonesia:   https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200312090918-185-482736/apple-ungkap-fitur-baru-di-ios-14-yang-dirilis-akhir-tahun

Pratama, A. (2020, June   23). iOS 14 Resmi Diperkenalkan, Nih Fitur Barunya! Retrieved from   CNBC Indonesia:   https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200623165050-40-167455/ios-14-resmi-diperkenalkan-nih-fitur-barunya

Rahman, A. F. (2020,   June 26). Fitur Unik iOS 14 Ini Patut Dicoba. Retrieved from detikinet:   https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-5069168/fitur-unik-ios-14-ini-patut-dicoba

Samudo, A. (2020, April   16). Bocoran iOS 14: Perangkat, Fitur, hingga Tanggal Rilis. Retrieved   from Tirto.id: https://tirto.id/bocoran-ios-14-perangkat-fitur-hingga-tanggal-rilis-eNr2