Berkenalan dengan Orang Baru? Cobalah 6 Topik Obrolan berikut

Written by Kriscahyani

Kamu pasti pernah bukan, bertemu dengan orang asing dalam perjalanan atau acara tertentu misalnya kondangan?

Mengobrol dengan orang yang baru pertama kamu temui entah di perjalanan atau di tempat baru dengan tidak sengaja kadang jadi momok menakutkan. Apalagi bagi kamu yang pemalu atau lebih nyaman jauh dari keramaian.

Eit, tapi jangan mundur dulu. Akan lebih menyenangkan bila kamu dan dia dapat berbagi pengalaman satu sama lain, daripada hanya diam di tengah keheningan dan perasaan canggung.

Nah untuk mengurangi rasa canggung dan ragu-ragu di awal, kamu harus memikirkan apa saja topik yang dapat kamu bicarakan dengan orang yang abru kamu kenal. Langsung saja kamu dapat menyimak dan memilih topik obrolan ringan berikut!

Profil lawan bicara

Obrolan basa-basi seputar pribadi lawan bicara itu penting banget lho, jika kamu baru pertama kali bertemu dengan seseorang. Kamu bisa memulai dengan menanyakan namanya, daerah asal, pekerjaan dan sebagainya.

Nah, dari jawaban terkait latar belakang tersebut kamu dapat menyambungkan obrolan dengan hal-hal yang kamu tahu misalnya dari daerah asalnya atau jenis pekerjaannya.

Situasi saat itu

Topik terkait konteks yang terjadi saat kamu pertama kali bertemu orang lain menjadi yang paling relevan untuk dibicarakan. Misalnya, jika kamu dan dia bertemu dalam sebuah acara pernikahan, kamu dapat bertanya ia datang untuk memenuhi udangan dari mempelai pria atau wanita.

Jika kamu berkenalan di perjalanan kamu dapat menanyakan dengan sopan tujuan perjalanan teman ngobrolmu di awal “turun dimana Mas? atau “tujuannya mau kemana Mbak?”

Hobi

Umumnya orang-orang cenderung menyenangi obrolan tentang hobi mereka. Jika lawan bicaramu terlihat seumuran atau umurnya tidak jauh denganmu, cobalah mencari persamaan hobi di antara kalian. Persamaan ini dapat memperpanjang dan memperluas percakapan kalian lho!

Film

Topik terkait hiburan juga menarik dibicarakan untuk dapat saling mengakrabkan diri. Misalnya saja film atau tv series. Pertanyaan seperti “genre film apa yang kamu suka? “apa film favoritmu” atau “apa film terakhir yang kamu tonton?”

Nah, pembicaraan soal film dan TV series ini dapat kamu kaitkan dengan tema dalam film atau tv series tersebut misalnya isu sosial, budaya, gaya hidup, dll.

Musik

Kamu tentu pernah atau sering mendengarkan musik, kan? Apalagi jika kamu dan teman mengobrolmu adalah generasi millenials, kemungkinan besar kalian pasti suka mendengarkan lagu lewat spotify atau joox.

Nah, selain film dan tv series, topik musik juga dapat jadi bahan pembicaraan ketika kamu bertemu orang di perjalanan.

Kamu bisa mengobrol tentang genre musik favoritmu, musisi atau grup band yang paling kamu sukai yang siapa tahu memiliki kesamaan dengan lawan bicaramu.

Rencana yang akan datang

Setelah berbagi banyak pengalaman, topik selanjutnya yang dapat kamu bicarakan dengan santai pada orang baru ialah tentang rencana mereka yang akan datang atau apa yang mereka nantikan.

Selanjutnya, kamu dapat menanyakan kegiatan yang akan mereka lakukan baik dalam jangka pendek maupun panjang, contohnya apa yang akan ia lakukan minggu ini, atau apabila situasinya dalam perjalanan kamu dapat bertanya berapa lama ia akan tinggal di tempat tujuannya atau apa saja yang akan ia lakukan di tempat tersebut.

Nah, sudah kebayang kan topik apa saja yang dapat kamu gunakan untuk mengobrol dengan orang baru? Jadi jangan ragu-ragu untuk mengajak mereka mengobrol ya!