Produktivitas

Cara Jitu Mengoptimalkan Kualitas Kerja Selama Work From Home

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini

Peraturan untuk bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona telah disampaikan pemerintah sejak beberapa waktu lalu.

Tak hanya bekerja, kegiatan lain di luar rumah yang tidak begitu penting seharusnya juga dihindari. Penggunaan tagar #dirumahaja menjadi semakin ramai di tengah masyarakat.

Meski terdengar menyenangkan, WFH memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah kemungkinan produktivitas yang menurun karena lingkungan rumah yang jauh berbeda dengan lingkungan kerja. Beberapa penyebabnya adalah karena banyaknya gangguan serta kurangnya pengawasan.

Contohnya, kita akan lebih tergoda dengan kasur, notifikasi di media sosial, rasa ingin bersantai di sofa, rasa lapar karena aroma dapur, atau gangguan-gangguan lainnya yang memunculkan rasa malas. Namun, jangan salah. Sebenarnya WFH bisa memberikan keuntungan besar jika kita mampu memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Tentunya ada cara-cara agar produktivitas kita bisa tetap maksimal selama kerja di rumah. Jika kamu termasuk orang yang mudah terdistraksi atau takut kurang produktif saat WFH, coba simak beberapa tips berikut ini.

Bangun Pola Pikir untuk Bekerja

Photo by Marten Bjork on Unsplash

Pertama dan yang terpenting, terapkan mindset seolah-olah kamu bekerja ke kantor seperti biasa. Meski bekerja dari rumah, tetap bangun pikiran positif dan semangat seperti biasanya.

Jangan bersantai-santai, kamu harus tetap bangun pagi, mandi, sarapan, membersihkan kamar, dan memakai baju yang rapi. Dengan mengikuti pola rutinitas saat bekerja, pikiran dan tubuhmu akan secara otomatis bergerak, dan tidak ada perubahan yang mengganggu.

Susun Jadwal

Photo by Emma Matthews Digital Content Production on Unsplash

Selanjutnya, buatlah jadwal sebelum bekerja, lalu pastikan untuk stick to the schedule. Susun jadwal kerjamu sama seperti biasanya, mulai dari kapan harus bekerja, jam makan siang, waktu istirahat, hingga jam pulang kantor. Buat juga to do list jika diperlukan, agar kamu lebih ingat dengan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

Siapkan Tempat Kerja

Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash
Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash

Selama WFH, jangan berpikir untuk kerja di kasur sambil rebahan ya. Sebagian besar orang yang melakukannya terbukti menjadi lebih malas dan mudah mengantuk. Bahkan, kamu bisa rentan untuk ketiduran saat jam kerja dan akhirnya tugasmu tidak selesai.

Untuk mengatasinya, coba siapkan tempat kerja khusus di rumah yang menurutmu nyaman. Jika tidak ada ruang kerja khusus, kamu bisa menyediakan tempat kecil di pojokan yang muat untuk meja dan kursi yang diperlukan. Selain itu, kamu bisa menghias tempat kerja dengan kata-kata motivasi atau hiasan yang dapat membangkitkan semangatmu.

Siapkan Sarana yang Mendukung

Photo by Praveen kumar Mathivanan on Unsplash

Work from home artinya kemungkinan besar kamu membutuhkan media seperti komputer (atau laptop) serta jaringan internet. Langkah yang harus kamu siapkan selanjutnya adalah memastikan ketersediaan alat-alat tersebut. Pekerjaan online membutuhkan koneksi internet yang lancar dan laptop yang kompatibel. Pastikan semuanya dapat digunakan secara aman untuk melancarkan kerjamu nanti.

Buat Perencanaan dan Target

Next, susunlah target sebelum mulai bekerja. Tak jauh berbeda dengan saat di kantor, kali ini kamu lebih bisa memperkirakan target kerja tanpa tekanan langsung dari atasan. Pasalnya, kerja tanpa target yang jelas akan cenderung membuatmu tidak bergairah dalam menyelesaikan tugas.

Buatlah target pribadi dan target tim jika ada, kemudian jangan lupa untuk terus memantau dan mengecek perkembangan masing-masing.

Jauhkan Distraksi

Photo by Jamie Street on Unsplash

Selama bekerja, usahakan untuk memperkecil kemungkinan gangguan yang muncul. Misalnya, kamu bisa mematikan sejumlah notifikasi tidak penting dari media sosial, menjauhkan posisi smartphone, atau mematikan tv. Atau bila kamu mudah terdistraksi dengan camilan, kamu bisa menetapkan waktu khusus untuk istirahat, kemudian makan sebentar untuk meningkatkan energi.

Manfaatkan Tools Produktivitas Kerja

Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Di era teknologi digital seperti sekarang, semakin banyak aplikasi atau tools yang dapat membantu pekerjaan kantor. Jangan mau tertinggal, kamu bisa memanfaatkan berbagai tools mulai dari yang gratis hingga berbayar untuk optimalisasi pekerjaan. Contohnya kamu bisa menggunakan Hangout, Google Docs, Google Sheets, Asana, Office 365, Evernote, Trello, dan masih banyak lagi tools lainnya.

Jaga Komunikasi

Photo by Dollar Gill on Unsplash

Meski kamu tidak bertemu tatap muka dengan rekan kerja atau atasan, pastikan untuk tetap menjaga komunikasi dengan mereka. Dengan tetap mengikuti perkembangan dan menjalin komunikasi, proyek tim yang kamu kerjakan bisa semakin optimal. Manfaatkan fitur-fitur chat atau video call yang dapat memudahkan kalian untuk berdiskusi dan rapat online.

Luangkan Waktu untuk Istirahat

Photo by Natalia Figueredo on Unsplash

Terakhir, jangan lupa untuk menentukan waktu istirahat. Biasanya, kamu akan mudah lupa dengan waktu istirahat karena bekerja di rumah dan merasa terlena dengan suasana lingkungan sekitar. Luangkan aktivitas kerja dengan makan siang, melakukan hiburan, mencari udara segar, atau peregangan.

Cukup sederhana untuk diterapkan, bukan? Ayo lakukan cara-cara di atas dan jaga produktivitas kerjamu selama di rumah.