5 Cara Sederhana Untuk Fasih Berbahasa Inggris

Written by Adrianus Sukanto

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling sering digunakan dan diperlukan di kehidupan kita. Bahkan, tidak sedikit perusahaan terkemuka mencari pekerja dengan keahlian berbahasa Inggris yang baik. Namun, tidak semua pelamar memiliki keahlian tersebut. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh EF (English First) pada 2018 silam.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kecakapan orang Indonesia dalam berbahasa Inggris hanya mencapai skor 51,58. Skor tersebut tidak dapat dianggap sebagai sebuah capaian yang baik. Faktanya, Indonesia menempati urutan ke-13 dari 21 negara di Asia. Selain itu, capaian skor tersebut masih masuk ke dalam kategori “di bawah rata-rata”. Indonesia sendiri masih dianggap memiliki skor yang lebih rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Singapura, Filipina, Malaysia, dan Vietnam.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin bahwa orang Indonesia akan terus memiliki skor yang rendah dalam berbahasa Inggris. Ada banyak cara sederhana yang dapat dilakukan oleh orang Indonesia untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Menonton Film dengan Bahasa Inggris/subtitle bahasa Inggris

Sumber: familytechzone.com

Menonton film dengan bahasa Inggris atau subtitle bahasa Inggris merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris. Kamu bisa memulai dengan cara yang sederhana, seperti menonton film Indonesia dengan subtitle bahasa Inggris. Hal tersebut dinilai sangat ampuh karena bahasa yang digunakan dalam film tersebut adalah bahasa Indonesia, sehingga kamu dapat lebih cepat memahami artinya. Jika kamu ingin mengasah aspek lainnya, kamu dapat menonton film dengan bahasa Inggris dan subtitle bahasa Inggris. Selain mempelajari bahasanya, kamu juga dapat mempelajari pengucapan dan pendengaran dalam bahasa Inggris.

Mendengar Lagu Bahasa Inggris

Sumber: buzzfeed.com

Jika kamu cepat bosan menonton film, ada baiknya kamu mencoba cara yang satu ini. Kamu dapat mendengar lagu dengan bahasa Inggris dan menuliskan liriknya. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah mengingat kata-kata yang terdapat di lirik tersebut. Selain itu, hal tersebut diyakini juga akan mempercepat kamu mengingat arti dari kata tersebut.

Membaca Buku Bahasa Inggris

Sumber: bleubirdvintage.typepad.com

Untuk cara yang satu ini, sepertinya tidak akan efektif jika kamu bukan orang yang gemar membaca. Sebaliknya, cara ini dinilai akan sangat ampuh jika kamu merupakan orang yang gemar membaca. Hal ini akan mengasah ingatanmu mengenai kata-kata asing yang sebelumnya belum pernah kamu dengar atau baca.

Menulis dengan Bahasa Inggris

Sumber: hercampus.com

Jika kamu merasa kamu ingin mengasah kemampuan writing, ada baiknya kamu mencoba cara yang satu ini. Hal ini juga dapat mengasah kemampuan berpikir kamu dalam berbahasa Inggris. Selain itu, menulis dengan bahasa Inggris juga dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam menyusun kosa kata yang baik.

Coba Berbicara Kata yang Sulit

Keahlian berbahasa Inggris tidak hanya sekedar memahami artinya, namun juga harus ahli dalam berbicara. Untuk mengasah keahlian berbicara bahasa Inggris, mungkin kamu bisa mencoba latihan berbicara dengan kalimat “The thirty-three thieves thought that they thrilled the throne throughout Thursday”. Jika hanya dibaca, mungkin kalimat tersebut terkesan tidak sulit. Namun, cobalah berbicara kalimat tersebut dengan mulutmu. Susunan kalimat tersebut diyakini dapat mengasah kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Setelah melihat beberapa cara di atas, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Tidak ada salahnya untuk kamu coba ketika kamu ada waktu luang. Namun, kamu juga dapat mengikuti kursus agar kamu dapat fasih berbahasa Inggris dengan lebih cepat. Bagi kamu yang belum fasih berbahasa Inggris, yuk asah mulai dari sekarang!

Referensi

Lakupon. (2017, Oktober 30). 6 Metode Cara Cepat   Belajar Bahasa Inggris agar Lancar Berbicara. Retrieved from   Liputan6.com:   https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3142655/6-metode-cara-cepat-belajar-bahasa-inggris-agar-lancar-berbicara

Sulistyawati, L. (2018, Desember 14). Kemampuan   Bahasa Inggris Warga Indonesia di Bawah Rata-Rata. Retrieved from   republika.co.id:   https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/12/14/pjq0na349-kemampuan-bahasa-inggris-warga-indonesia-di-bawah-ratarata

Taya, B. (2017, September 9). 14 Cara cepat   berbahasa Inggris mudah yang bisa Anda pelajari sendiri. Retrieved from   merdeka.com:   https://www.merdeka.com/gaya/14-cara-cepat-berbahasa-inggris-mudah-yang-bisa-anda-pelajari-sendiri-kln.html