Lifestyle

6 Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas: Efektif & Mudah

Written by Kriscahyani

Tidur merupakan suatu proses untuk merehatkan tubuh yang seharian telah sibuk beraktivitas. Namun, seringkali kita mengalami kesulitan dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Padalah kualitas tidur merupakan kebutuhan yang harus benar-benar diperhatikan.

Kualitas tidur pada dasarnya akan mempengaruhi kualitas kesehatan kita. Lalu, apakah yang dimaksud dengan tidur berkualitas? Tidur yang berkualitas ialah tidur dalam kisaran waktu 6-8 jam.

Kualitas tidur yang baik juga akan membuat kita merasa segar setelah bangun sehingga dapat memulai aktivitas dengan produktif. Nah, mari simak 5 tips berikut yang bisa membantumu mendapatkan tidur berkualitas

Tetapkan jadwal dan siklus tidur rutin

Jadwal tidur yang berantakan dapat menganggu kesehatan salah satunya metabolisme tubuh. Tidak hanya itu jadwal tidur yang berantakan akan membuatmu sulit merasa segar di pagi hari.

Oleh karena itu mulailah memperbaiki jadwal tidurmu mulai sekarang. Jadwal tidur disini tidak hanya menunjukkan kapan kamu mulai tidur tapi juga kapan kamu bangun. Usahakan untuk tidur dan bangun pada siklus yang sama setiap harinya. Kamu harus konsisten dengan jadwal dan  tersebut ya!

Perhatikan konsumsi makanan dan minuman

Sebelum tidur ada baiknya perut kita sudah terisi sebelumnya agar tidak terbangun di tengah malam secara tiba-tiba karena lapar. Usahakan makanan yang masuk ke perut tadi merupakan makanan yang sehat.

Menurut para peneliti dalam sebuah studi pada tahun 2014 yang dilaporkan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI) beberapa makanan tertentu dapat meningkatkan kualitas tidur, di antaranya yaitu makanan yang mengandung kalsium dan potasium.

Nah, kamu dapat mencoba untuk membiasakan minum susu di malam hari dengan tambahan camilan pisang atau ubi jalar. Serta jangan lupa untuk menghindari kafein. Seperti yang kita tahu bahwa kafein dapat menyebabkan kita terjaga di malam hari sehingga mengurangi waktu tidur kita.

Berolahraga secara teratur

National Sleep Foundation menyatakan bahwa orang-orang dengan kebiasaan olahraga teratur akan merasakan tidur yang lebih nyenyak dibandingkan dengan yang tidak. Namun, berolahragalah di pagi hari atau 4-5 jam sebelum tidur.

Hindari berolahraga menjelang waktu tidur karena hal tersebut membuat hormon endorfin aktif sehingga kamu lebih nyaman untuk tetap terjaga.

Relaksasi sebelum tidur

Menjelang tidur alam pikiran juga butuh ketenangan, oleh sebab itu bantulah dirimu sendiri dalam menenangkan pikiran. Hal tersebut dapat dilakukan dengan relaksasi sebelum tidur.

Relaksasi menjelang tidur dapat mencegah terjadinya kram yang mengganggu kualitas tidurmu nantinya. Adapun teknik relaksasi yang dapat kamu lakukan di ruang kamarmu ialah dengan latihan pernapasan, meditasi atau mandi dan berendam air hangat.

Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, salah satu yang perlu kamu lakukan ialah menciptakan suasana tidur yang nyaman. Berada dalam kamar tidur yang bersih dan rapi tentu lebih nyaman daripada di kamar yang berantakan.

Maka dari itu biasakanlah membereskan dan menjaga kerapian kamar dan tempat tidurmu di malam hari. Suhu yang baik untuk menjaga kualitas tidur juga perlu diperhatikan.

Para ahli menyarankan untuk menjaga suhu lingkungan tidur dalam 60-70  derajat Fahreinheit. Pertimbangkan juga untuk menggelapkan cahaya ruangan karena cahaya yang redup akan memberikanmu perasaan nyaman.

Non-aktifkan gadget sebelum tidur

Menggunakan gadget sebelum tidur selain mengganggu kualitas tidur juga dapat menyebabkan mata kering. Hal ini dapat menyebabkan masalah lain terhadap kesehatan kita. Terutama kesehatan mata.

Paparan cahaya dari gadget juga dipercaya dapat membuat otak kita menjadi aktif bekerja. Hal ini tidak disarankan ketika malam hari, karena malam hari merupakan waktu untuk mengistirahatkan tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk menonaktifkan dan menjauhkan gadget dari jangkauanmu sebelum tidur.

Ingatlah selalu bahwa kualitas tidur akan mempengaruhi kesehatan. Langkah-langkah di atas dapat kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari demi kesehatan yang lebih baik.

Menjaga kesehatan merupakan salah satu bukti mencintai diri kita sendiri lho! Namun jangan lupa langkah di atas harus dijalankan dengan komitmen ya!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read