Work, Produktivitas, Leadership

Dunia Kerja : Lingkaran Belajar yang Tidak Pernah Berakhir

Written by Arni Tsalitsa

Menjadi pembelajar seumur hidup, bahkan puluhan tahun dalam karier adalah kunci kesuksesan dan kesejahteraan bagi kamu.

Sebagian besar dari kita, pasti mendapatkan pekerjaan pertama kali-nya dikarenakan gelar diploma/sarjana yang pernah kita peroleh ataupun magang yang pernah diambil.

Meskipun mungkin kamu berpikir bahwa semua proses pembelajaran telah selesai setelah kamu mendapatkan cap kelulusan, namun biasanya ada lebih banyak yang harus pelajari setelah kamu berada di dunia karier.

Ketika kamu bekerja di perusahaan, hal-hal dasar yang kamu pelajari di perguruan tinggi atau bahkan dalam enam bulan pertama kamu di tempat kerja, itu semua nantinya akan terus berubah seiring berjalannya waktu dan tren.

Contohnya, perusahaan Facebook kini terus-menerus mengeluarkan kebijakan baru tentang periklanan, telah banyak platform media sosial baru muncul atau yang lama sekarat, cara publik mengonsumsi berita serta media berevolusi setiap hari, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, melanjutkan pendidikan dengan pengembangan profesional yang teratur memungkinkan kamu untuk  tetap siap belajar.

Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan kamu mendapatkan pengembangan profesional secara rutin di dunia kerja :

Temukan Seorang Mentor

Pikirkan tentang orang-orang berpengaruh di industri kamu atau mungkin hanya seseorang yang kamu hormati secara profesional. Ini tidak harus formal , mungkin hanya pertemuan sambil minum kopi sebulan sekali.

Photo by NeONBRAND on Unsplash

Gunakan waktu tersebut untuk belajar dari seseorang yang telah berada di posisi kamu sebelumnya, membahas aspirasi profesional dan pribadi kamu serta dapatkan wawasan tentang bagaimana mereka mengatasi hambatan dalam karirnya.

Ikuti Perkembangan Tren

Temukan blog, podcast, webinar, dan acara / konferensi yang akan membantu kamu tetap mengetahui tren di industri kerja saat ini.

Kamu tidak akan pernah maju ataupun mengalahkan tren jika kamu sendiri tidak mengikuti dan mempelajari tren yang ada.  

Photo by Austin Distel on Unsplash

Apalagi jika kamu berprofesi sebagai seorang pengusaha, penting untuk mengetahui pengaruh tren terhadap bisnis yang dijalankan dan kamu bertanggung jawab untuk mampu mengikuti perkembangan tren yang terus berubah, sehingga upaya pemasaran produk/jasa yang ditawarkan perusahaan dapat terus berkembang.

Jadilah Bagian dari Komunitas

Terlibatlah dan libatkan dirimu dengan para profesional dalam industri, sehingga kamu akan berada di satu komunitas (grup) dengan mereka.

Photo by tribesh kayastha on Unsplash

Bergabung dengan grup seperti itu adalah cara yang bagus untuk berteman dengan orang yang memiliki minat sama, memperluas dan memperkuat jaringan sertamengembangkan karir kamu.

Menjadi bagian dalam sebuah komunitas juga salah satu hal yang dapat membuat resume-mu bagus, lalu ilmu yang diperoleh juga dapat kamu bagikan atau praktikan dalam lingkup industri dimana kamu bekerja.

Sisihkan Waktu

Blokir satu hingga dua jam seminggu untuk terjun ke dalam pengembangan profesional kamu dengan menonton webinar, membaca blog atau mengerjakan keterampilan yang ingin kamu kembangkan lebih lanjut.

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Pastikan bahwa kamu memiliki penetapan waktu untuk meninggalkan pekerjaan yang bukan prioritas dari daftar, karena cara yang efektif dapat memastikan kamu tumbuh secara profesional.


Tanda-Tanda Kamu Tidak Cocok dengan Pekerjaanmu

  ·   4 min read