Produktivitas

Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Mencintai Diri Sendiri

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini
To be beautiful means to be yourself. You don’t need to be accepted by others. You need to accept yourself.” – Thich Nhat Hanh

Pernahkah kamu mengeluh dengan kondisi dirimu?

Atau, menganggap bahwa dirimu kurang berharga?

Mungkin, kamu masih belum mencintai dirimu sepenuhnya. Padahal, dengan mengetahui cara memperlakukan dan menjalin hubungan dengan diri sendiri, kamu akan lebih mudah berhubungan dengan orang lain.

Sering kali seseorang hanya fokus pada kekurangan dirinya. Terlalu memikirkan perkataan orang lain dan membanding-bandingkan, membuat seolah-olah diri sendiri tidak berharga.

Padahal dibalik itu semua, setiap orang tentu memiliki kelebihan masing-masing. Ada kekuatan yang sebenarnya kamu miliki, namun belum disadari karena kurang memperhatikan diri sendiri.

Untuk dapat lebih mencintai diri sendiri, kamu perlu menerapkan kondisi yang dinamakan dengan Self love. Kondisi ini merupakan saat dimana seseorang menerima dirinya secara utuh, yaitu tubuh, pikiran, dan hati, serta selalu ingin menjadi yang terbaik bagi dirinya.

Dengan melakukan Self love, seseorang akan mencintai dan menghargai dirinya semaksimal mungkin.

Bukan tentang membandingkan, merasa lebih baik, atau lebih hebat dibandingkan orang lain. Self love akan memberikan seseorang kebahagiaan lahir dan batin, kepercayaan diri, dan ketenangan, serta tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain.

Jika kamu mampu menerapkan konsep Self love, kamu akan mempunyai dasar yang lebih kuat dari dalam diri. Selain itu, hidupmu dapat menjadi lebih terarah dan tersusun untuk mencapai tujuan ke depan.

Lalu, bagaimana caranya mulai mencintai diri sendiri? Yuk lihat tips berikut ini!

Berdamai dengan Masa Lalu

Photo by Roman Kraft on Unsplash

Melakukan kesalahan itu wajar, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Saat kamu pernah berbuat salah di masa lalu, cobalah untuk memaafkan dirimu. Belajar berdamai dengan masa lalu berarti mengikhlaskan semua yang telah terjadi.

Selain karena tidak ada gunanya meratapi masa lalu, kamu juga tidak dapat mengulang kembali waktu itu. Maka, usahakan untuk berubah dan tingkatkan performa, fokuslah pada kegiatan di masa mendatang.

Buat Daftar Hal-Hal Positif

Photo by Calum MacAulay on Unsplash

Sebelum menghargai orang lain, kamu harus lebih dulu menghargai diri sendiri. Saat sedang merasa bersedih atau down, jangan biarkan hal itu menguasai pikiranmu. Salah satu yang bisa kamu lakukan agar lebih percaya diri adalah dengan menuliskan daftar hal-hal positif yang kamu miliki atau telah lakukan.

Dengan menuliskan hal-hal positif yang kamu lakukan, kamu bisa lebih menyadari bahwa sebenarnya kamu telah mengerjakan sesuatu yang baik, lho. Setelah menuliskan dan membacanya, kamu akan merasa lebih yakin dengan diri sendiri.

Asah Kemampuan di Bidang yang Kamu Sukai

Photo by Steve Johnson on Unsplash

Selanjutnya, kamu bisa meningkatkan kebahagiaan dengan melakukan suatu kegiatan yang kamu sukai dan kuasai. Dengan berlatih secara giat, tentu kamu akan semakin terampil di bidang yang kamu sukai. Diri sendiri bahagia, orang lain juga dapat memperoleh inspirasi saat berinteraksi denganmu.

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Photo by Pro Church Media on Unsplash

Terkadang, kamu akan susah mencintai diri sendiri saat terlalu fokus dengan kehidupan orang lain. Melihat orang lain lebih bahagia dan sukses, kamu jadi merasa gagal. Padahal, ukuran kebahagiaan itu berbeda-beda, dan manusia diciptakan dengan keunikan masing-masing. Tak perlu iri dengan orang lain, karena kamu juga pasti memiliki kelebihan yang patut disyukuri. Yuk lebih fokus pada diri sendiri!

Luangkan Waktu untuk “Me-time”

Photo by Valentin Salja on Unsplash

Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang dapat menyenangkan dirimu, misalnya membaca buku, solo traveling, dan lain sebagainya. Menjalankan aktivitas dengan diri sendiri dan tanpa gangguan orang lain wajib kamu lakukan.

Meski sibuk, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dengan melakukan me-time. Otak dan pikiran menjadi lebih segar, badan lebih rileks, dan kamu akan lebih siap dalam mengatasi tantangan.

Jauhi Lingkungan yang Toxic

Photo by Francisco Moreno on Unsplash

Mengapa hal ini perlu kamu lakukan? Sadarilah bahwa salah satu aspek yang membentukmu adalah orang-orang dan lingkungan sekitar. Untuk mempertahankan diri yang bahagia dan positif, menjauh dari lingkungan yang membawa dampak negatif itu perlu dilakukan.

Kamu bisa coba batasi interaksi di lingkungan yang toxic. Cobalah bergabung dengan orang-orang yang bisa memberikan pengaruh baik buatmu, dan sebaliknya.

Rawat dan Cintai Tubuhmu

Photo by The Honest Company on Unsplash

Terakhir, cara yang tepat untuk mencintai diri sendiri adalah dengan merawat tubuh. Kamu bisa berolahraga agar tubuhmu semakin sehat dan kuat. Berbelanja barang-barang bagus namun tetap bermanfaat sebagai penghargaan atas usahamu. Atau pergi ke salon dan memanjakan diri dengan perawatan kecantikan.

Perlakukan tubuhmu dengan baik agar lebih mudah menghargai diri sendiri. Tentunya, tubuh yang sehat dan terawat akan membawa pengaruh positif bagi kesehatan hati dan pikiranmu.

Yuk mulai terapkan hal-hal di atas agar lebih mencintai diri sendiri. Kamu pasti bisa!