Work, Produktivitas

Hal Yang Perlu Kamu Tau Untuk Menguasai Public Speaking

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini Abid Ra

Berbicara di depan atau public speaking umum memang susah-susah gampang. Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, saya masih sering menyaksikan teman satu kelas yang seringkali gugup saat presentasi di depan ruangan.

Lho, kok bisa? Bukankah mahasiswa Ilmu Komunikasi seharusnya menguasai cara dan teknik berbicara di depan umum?

Ya, sebagian menguasai, sebagian tidak. Ternyata memang tidak mudah menerapkan teori dalam praktek kehidupan. Materi presentasi yang seharusnya hanya sebagai alat bantu, terkadang menjadi alat ‘bacaan’ yang terus-menerus dilihat mahasiswa saat presentasi.

Memasuki era kompetisi global seperti sekarang, keterampilan berbicara di depan umum atau dikenal sebagai public speaking menjadi suatu keharusan yang dimiliki individu. Baik itu pemimpin negara, pengusaha, dosen, mahasiswa, pelajar, bahkan dokter sekalipun.

Biasanya, apa sih alasan seseorang takut untuk berbicara di depan umum? Beberapa alasan yang sering muncul adalah karena tidak percaya diri, tidak terbiasa, kurang menguasai materi, takut dicemooh orang lain, dan masih banyak lagi lainnya.

Padahal, keterampilan public speaking merupakan faktor penting dalam mendukung karir dan kehidupan seseorang. Dengan kemampuan public speaking yang baik, seseorang dapat menyampaikan pikiran yang ada di kepala secara terstruktur dan audiens yang mendengar akan lebih memahaminya.

Ternyata kemampuan berbicara di depan umum tidak semata-mata dari bakat seseorang saja. Meski dari awal ada sebagian orang yang dianugerahi kemampuan dalam public speaking, hal ini tidak menjadi halangan bagi yang lain.

Kemampuan berbicara di depan umum adalah suatu keahlian yang bisa dilatih dan dikuasai siapapun, asal ada tekad dan kemauan kuat untuk belajar.

Tak ada sesuatu yang instan. Jika ingin ahli dalam berbicara di depan umum, tentu kamu juga harus belajar banyak hal. Nah, untuk melakukan public speaking yang baik, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Lakukan Persiapan

Photo by Product School on Unsplash

Sebelum tampil di depan umum, lakukan persiapan yang matang.

Apa saja yang perlu dipersiapkan? Tentu saja yang paling utama adalah materi yang akan disampaikan. Beberapa hari sebelum kamu tampil, usahakan sudah memahami isi materi tersebut.

Tak wajib untuk menghapal, kamu bisa menyusun poin-poin penting dari setiap topik, kemudian mengembangkannya dengan bahasa sendiri.

Jika kamu akan melakukan presentasi dengan alat bantu, pastikan materinya menarik. Gunakan gambar, video, atau tulisan yang jelas dan mudah dipahami audiens.

Materi sudah siap, selanjutnya kamu bisa mulai berlatih. Latihan menyampaikan materi bisa di depan cermin atau minta temanmu untuk berpura-pura menjadi audiens. Kemudian tanyakan pendapat dan saran mereka terhadap penampilanmu.

Jangan lupa, persiapkan kebutuhan lain seperti pakaian, kondisi fisik, dan perangkat pendukung seperti proyektor, mic, sound system, dan lainnya jika dibutuhkan.

Kuasai Materi

Jika kamu akan melakukan public speaking, pastikan bahwa kamu telah menguasai topik atau materinya. Dengan menguasai materi, kamu akan menjadi lebih percaya diri dan terlihat meyakinkan, sehingga audiens pun tertarik dengan ucapanmu.

Pilih topik yang kamu sukai atau kuasai. Bila tidak ahli dalam suatu topik, namun tetap harus kamu sampaikan, luangkan waktu untuk mempelajari topik tersebut. Dalami materi, dan tunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang ahli dan dapat dipercaya untuk berbicara hal itu.

Pelajari Cara Komunikasi

Untuk menemukan gaya berkomunikasi yang tepat dengan kepribadianmu, tak ada salahnya melihat-lihat referensi. Cari informasi mengenai cara berkomunikasi di depan umum yang baik, kemudian coba terapkan dalam dirimu.

Contohnya adalah teknik komunikasi efektif atau cara berbicara dengan artikulasi yang jelas. Tidak perlu mengikuti gaya orang lain yang sudah hebat, jadilah dirimu sendiri.

Pelajari cara komunikasi yang baik, ekspresi wajah, postur tubuh, maupun olah vokal sebelumnya. Kamu bisa mengetahui itu dari berbagai website atau bertanya langsung pada orang lain yang kamu jadikan teladan dalam melakukan public speaking.

Kenali Audiens

Photo by Miguel Henriques on Unsplash

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting, kenali siapa audiensmu. Dengan mengetahui informasi standar tentang audiens, seperti usia, profesi, etnis, atau latar belakang, kamu akan lebih mudah ‘menyelami’ dunia mereka.

Dalam teori komunikasi dikatakan bahwa seseorang akan lebih mudah dekat dan tertarik pada orang lain yang memiliki kesamaan dengan dirinya (dalam hal apapun).

Untuk hasil maksimal, kamu bisa meriset keinginan atau kebutuhan audiens pada saat mendengarkanmu berbicara, kira-kira apa yang ingin mereka dapatkan? Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan topik dan gaya bicara pada audiens.

Interaksi dengan Audiens

Apakah kamu tahu, 3 menit pertama akan menentukan segalanya dalam public speaking. Sebelum mulai, kamu bisa lakukan interaksi kecil agar audiens memusatkan perhatian mereka.

Salah satu tips yang disampaikan oleh seorang pakar adalah 3S, yaitu Senyum, Sapa, Sanjung. Ketiga hal tersebut akan membuat audiens merasa dihargai dan lebih senang untuk mendengarkan.

Selama public speaking berlangsung, pahami bahwa audiens bisa cepat bosan. Interaksi ini tak hanya kamu lakukan di awal, namun bisa diterapkan secara kontinu. Misalnya di tengah-tengah presentasi, kamu bisa melemparkan pertanyaan pada audiens.

Dengan interaksi cukup dan sesuai porsinya, audiens akan semakin memahami materi yang kamu sampaikan.

Terus Berlatih dan Evaluasi Diri

Setelah selesai melakukan presentasi, jangan cepat berpuas diri, ya. Latihan secara rutin akan sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Jam terbang yang tinggi juga membuat kamu terbiasa serta lebih ahli dalam menyesuaikan diri di berbagai situasi dan kondisi.

Minta juga saran atau feedback dari audiens serta teman terdekat mengenai penampilanmu. Bila belum maksimal, jangan mudah menyerah.

Terus kenali dirimu. Secara bertahap, hilangkan kekuranganmu, dan tingkatkan kelebihan yang sudah ada. Setelah mengevaluasi penampilan, tanyakan kembali pada teman atau audiens mengenai performamu.

Jika belum merasakan perubahan yang signifikan, kamu bisa mencari tempat pelatihan khusus public speaking. Saat ini, sudah banyak lembaga kursus untuk melatih kemampuan berbicara, yang tersedia dalam berbagai jenis. Kamu tinggal mencari informasi tempat kursus yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tip-tips di atas mungkin belum dapat mencakup semua hal terkait public speaking. Tentu menjadi ahli berbicara di depan umum tidak dapat dikuasai dalam waktu sebentar.

Maka, setidaknya kamu bisa mulai melakukan hal-hal kecil tadi untuk mengasah kemampuanmu. Semoga bermanfaat dan selamat berlatih!

Tanda-Tanda Kamu Tidak Cocok dengan Pekerjaanmu

  ·   4 min read