News, Produktivitas

Tampilan Instagram Story Kamu sedang Menurun? Begini Cara Memperbaikinya

Written by Arni Tsalitsa

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa pemirsa story di Instagram-mu menurun? Jika ya, maka kamu tidak sendirian. Beberapa waktu terakhir, penayangan Instagram stories telah menurun secara dramatis dan telah banyak dirasakan para pengguna Instagram.

Mengapa Tampilan Cerita Instagram Kamu Tiba-Tiba Turun?

Jika kamu melihat siapa yang menonton story Instagram-mu, kamu mungkin telah memperhatikan bahwa ternyata banyak akun yang melihat story kamu tetapi mereka bukanlah followers-mu. Terkadang beberapa dari mereka

Sebelumnya, Instagram pernah mengonfirmasikan bahwa pihaknya menemukan adanya fake views pada Instagram stories. Penyebabnya adalah orang-orang yang membayar layanan bot (akun palsu) hanya untuk melihat story yang mereka buat, sehingga akan terjadi peningkatan eksposur akun dan kenaikan jumlah followers.

Adanya permasalahan seperti di atas, akhirnya pihak Instagram mengeluarkan cara yang lebih ketat agar aktivitas-aktivitas serupa berkurang. Akun yang memiliki fake views dan fake followers, akan berdampak negatif pada algoritma Instagram kamu.

Intinya sekarang lebih baik memiliki followers sedikit yang berpotensial daripada followers banyak tetapi mereka adalah akun-akun palsu. Hal tersebut adalah langkah yang bagus untuk jangka panjang. Mengapa? Karena tampilan bot palsu tidak akan menyumbangkan nilai apapun ke akun ataupun bisnis kamu.

Meskipun terjadi penurunan angka yang mengecewakan di akunmu, ini merupakan peluang besar untuk memanfaatkan audiens baru dan tulus, serta mau melibatkan kamu untuk berinteraksi dengan mereka di media sosial Instagram.

Ingin meningkatkan tampilan dan mendapatkan real viewers di Instagram stories? Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Tinjau Analitik Akunmu

Pertumbuhan Instagram dimulai dengan memahami analisis Instagram kamu, dan tidak berbeda dengan cerita (story). Banyak faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan cerita Instagram, misalnya saja dengan jenis konten dan fitur.

Pengujian konten dan fitur dapat membantu kamu mengidentifikasi tren, memantau keberhasilan pengujian dan membantu kamu membuat strategi Instagram stories yang sangat baik dan benar-benar selaras dengan audiens.

Jadi hal pertama, periksalah analisis Instagram stories kamu untuk melihat apakah ada penurunan impressions atau reach! Lalu, buat peringkat pada cerita kamu dengan impressions untuk melihat story teratas dan terbawah.

Photo by Elise Darma

Apakah kamu memperhatikan tren yang ada? Cari hal-hal seperti jenis konten, gaya pengeditan, atau perhatikan juga hari-hari apa saja dalam seminggu yang dapat membuat kontenmu memiliki banyak pemirsa dan interaksi.

Ketika kamu memiliki pemahaman yang kuat tentang konten apa yang berkinerja terbaik, kamu dapat terus-menerus melakukannya sambil mengurangi jenis konten yang tidak berkinerja baik, agar membantu kamu mendapatkan lebih banyak tampilan dan membuat pengikut kamu senang!

Tambahkan Hashtag & Lokasi yang Relevan

Ketika ingin meningkatkan jangkauan kamu secara organik di Instagram, hashtag (tagar) dan tag lokasi adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya! Pada Instagram stories kamu dapat menemukannya di bagian atas.

Jadi jika kamu belum menambahkan tagar ke cerita, sekaranglah saatnya!

Menambahkan lokasi dapat membantu kamu meningkatkan tampilan, karena saat orang mencari lokasi, mereka juga dapat menelusuri cerita yang terlampir di lokasi itu. Ini berfungsi baik terutama jika kamu memiliki konten terkait perjalanan atau makanan, orang pasti ingin memeriksa lokasinya.

Kamu dapat menambahkan 10 tagar ke setiap cerita Instagram, termasuk 1 stiker tagar yang dapat diklik. Tagar tersebut harus selalu relevan dengan konten dan target audiens.

Lalu untuk mengoptimalkanya  pertimbangkan pokok cerita, apa yang akan dicari oleh target audiens, dan volume posting untuk setiap tagar.

Photo by Hotin Social Media

Hindari penggunaan tagar super populer dengan lebih dari satu juta posting, karena cerita kamu akan cepat terkubur oleh konten yang masuk.

Kemudian jika kamu khawatir tentang bagaimana tagar akan memengaruhi estetika konten yang dibuat, ada beberapa peretas hashtag untuk membuatnya pas dengan postingan kamu atau disembunyikan sepenuhnya!

Misalnya, kamu dapat membuat tagar berbasis teks lebih kecil dan menyembunyikannya di bawah GIF atau stiker. Oh ya, jangan buat teks tagar kamu terlalu kecil juga yaa...jika tidak terbaca, kemungkinan posting kamu tidak akan muncul dalam pencarian tagar apa pun.

Kamu bahkan dapat memadukan tagar berbasis teks ke latar belakang kisah Instagram kamu! Cukup pilih alat pemilih warna dari opsi teks dan pilih warna yang sangat cocok dengan latar belakang cerita Instagram yang kamu buat.

Ini berfungsi terutama jika latar belakangnya berwarna solid, jadi jika kamu menggunakan template Instagram stories misalnya. Hanya dengan dua ketukan, tagar kamu akan berbaur dengan latar belakang tetapi masih dapat dicari 100%.

Posting Cerita Instagram Secara Konsisten

Memposting secara konsisten dapat menjadi salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan tampilan pada Instagram stories kamu. Semakin kamu sering memposting Instagram stories secara lebih konsisten, semakin besar peluang kamu untuk menjangkau audiens.

Photo by S O C I A L . C U T on Unsplash

Gunakan Fitur Stiker

Stiker Instagram stories adalah cara yang bagus untuk mendorong keterlibatan pemirsa, dan semakin banyak keterlibatan yang diperoleh dari postingan kamu, nantinya berdampak pula pada naiknya algoritma Instagram!

Ada banyak stiker di Instagram, tetapi yang terbaik untuk mendorong keterlibatan adalah polling, slider emoji, dan stiker pertanyaan.

Photo by Digital Informarion World

Stiker jajak pendapat adalah cara super mudah untuk mendorong keterlibatan hanya dengan satu klik dengan memilih jawaban yang audiens anggap paling tepat.

Stiker slider emoji adalah satu cara cepat dan mudah meningkatkan engagement, dan bisa juga sangat serbaguna. Kamu dapat membuat skala geser untuk hampir semua hal.

Stiker pertanyaan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan tentang apa yang sebenarnya dipedulikan oleh audiens. Tindakan ini bisa menjadi cara super strategis untuk menginformasikan strategi konten kamu tepat atau tidak serta untuk menetapkan strategi selanjutnya.

Libatkan Influencer atau Mitra

Mengundang influencer atau merek mitra untuk mengambil alih Instagram stories kamu dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk meningkatkan views cerita di Instagram.

Photo by Momentum Social

Caranya adalah dengan meminta mitra untuk melibatkan akunmu pada Instagram storiesmereka. Melalui cara tersebut, maka nantinya akan ada audiens baru yang mengarah pada akun Instagrammu.

Promosikan Instagram Stories pada Feed

Kamu dapat menggunakan posting feed untuk mengarahkan lebih banyak audiens ke Instagram stories. Walaupun postingan feed Instagram tidak memiliki fitur seperti Instagram stories, tetapi penggunaan tagar yang lebih banyak dapat memberikan peluang besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash

Cara sederhana untuk mengarahkan audiens kamu menggunakn feed adalah dengan menambahkan ajakan bertindak yang jelas ke teks.

Ini bisa dilakukan secara langsung seperti: "Yuk, kunjungi Instagram stories kami untuk memilih mana sampul buku favorit kamu" atau "Mau tahu cerita lengkapnya? Cek story kami sekarang!"

8 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat #diRumahAja

  ·   5 min read

8 Langkah Mudah agar Aman Saat Berbelanja

  ·   4 min read