News, Produktivitas

Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Saat Self Isolation di Rumah

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini

Virus Corona menjadi pandemi di berbagai wilayah, masing-masing negara mengeluarkan kebijakan tertentu. Semua orang diminta untuk menerapkan social distancing atau menjaga jarak untuk menghindari penularan penyakit.

Indonesia juga menerapkan cara-cara seperti work from home (WFH) dan Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) sebagai usaha menekan penyebaran virus. Setidaknya, untuk beberapa minggu ke depan, kita akan menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Dengan menjauhkan diri dari kerumunan atau keramaian, kontak fisik antara masing-masing orang dapat dikurangi.

Lalu, apakah kamu bosan saat tinggal di rumah cukup lama? Atau takut tidak dapat melakukan kegiatan bermanfaat?

Sebenarnya, hal ini bisa diatasi. Jangan menganggap WFH atau PJJ sebagai waktu untuk liburan ya. Kamu bisa tetap bekerja atau belajar online, lalu setelahnya melakukan aktivitas berfaedah yang bisa diterapkan di rumah.

Supaya tetap produktif di rumah, yuk lakukan kegiatan berikut ini!

Membaca

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Buat kamu yang biasanya susah menamatkan buku karena tidak sempat, sekarang waktu yang tepat nih! Kamu bisa menjadi produktif dengan membaca berbagai jenis buku, mulai dari komik, novel, eksiklopedia, jurnal, dan lain-lain. Dengan membaca, kamu bisa bertambah pintar karena dapat menambah pengetahuan, memperbanyak kosakata, sampai meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Jika kamu tidak suka baca buku, tinggal di rumah dapat menjadi latihan untuk rajin membaca. SIapa tahu dengan baca beberapa halaman awal, kamu jadi ketagihan melakukannya.

Menonton Film

Photo by Jens Kreuter on Unsplash

Siapa sih yang tidak suka nonton film? Sepertinya jarang sekali ya. Tak hanya sekedar menghibur, manfaat dari menonton film juga sangat banyak. Seperti menghilangkan kepenatan, menambah pengetahuan dan informasi, mengasah kemampuan analisis, bahkan untuk terapi kesehatan atau sinematerapi.

Terapi kesehatan saat nonton film terbukti berhasil karena dapat mengobati orang yang depresi, frustasi, atau gangguan mood lainnya.

Tak hanya film, jenis lain seperti variety show, reality show, dokumenter, serial, short movie, atau tayangan lainnya juga memberikan manfaat. Contohnya channel Jubilee, yang sering melakukan eksperimen unik, atau channel Menjadi Manusia yang membahas mengenai isu-isu kelompok minoritas, dan banyak lagi.

Membuat Karya

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Next, kamu yang berjiwa kreatif bisa memanfaatkan waktu untuk membuat karya seni yang disukai. Misalnya, membuat scrapbook dari bahan bekas, atau membuat desain baju, dan lainnya. Untuk yang suka menulis, kamu bisa rutin membuat karya tulisan seperti artikel, cerpen, wattpad, atau bahkan menulis novel. Intinya, salurkan hobimu untuk menghasilkan sesuatu.

Memasak

Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Mengurangi intensitas ke luar dan memesan makanan lewat jasa online, adalah alasan yang tepat untuk kreasi masakan di rumah. Kamu bisa belajar resep baru dengan cara melihat tutorial di internet.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya asupan gizi lebih sehat, terjamin, hemat biaya, serta dapat melatih kemampuan memasak dan kreativitas. Dengan rutin memasak, kamu akan menjadi lebih terampil dan mandiri dalam segala situasi.

Belajar Hal Baru

Photo by Jacek Dylag on Unsplash

Ingin mencoba hal yang berbeda? Sekalian saja tekuni bidang baru yang belum pernah kamu kuasai sebelumnya. Selama di rumah, kamu bisa belajar hal baru seperti bahasa asing, belajar menari, atau bermain musik. Bisa saja, kamu menjadi ahli atau menemukan hobi baru setelah rutin latihan.

Berolahraga

Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Siapa bilang olahraga harus selalu di luar rumah? Ternyata, banyak juga olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di dalam rumah. Contohnya senam tubuh, push up, plank, sit up, jumping jack, leg lift, dan masih banyak lagi.

Tak perlu khawatir, banyak langkah-langkah work out yang bisa kamu dapatkan dari internet. Dengan menerapkan olahraga secara disiplin, kamu bisa tetap sehat dan bugar selama di rumah!

Meningkatkan Ilmu Agama

Photo by Jeremy Yap on Unsplash

Selanjutnya, waktu kosong di rumah dapat kamu gunakan untuk memperdalam ilmu agama. Selain beribadah wajib menurut kepercayaanmu, kamu bisa membaca kisah-kisah religi, mendengar ceramah agama, mempelajari kitabmu, dan masih banyak lagi.

Dengan meningkatkan keimanan, rasa aman, pahala, dan ketenangan akan kamu dapatkan. Jangan lupa untuk berdoa demi keselamatan negara ini, ya.

Membersihkan Rumah

Photo by The Honest Company on Unsplash

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membersihkan rumahmu. Selain dapat membuat rumah lebih bersih, kamu juga bisa menjadi sehat karena rajin bergerak. Rumah yang bersih dan sehat akan membuatmu nyaman. Selain itu, virus dan bakteri juga enggan menempati rumah yang terjaga kebersihannya.

Mendekorasi Kamar

Photo by John Mark Arnold on Unsplash

Bosan dengan suasana kamar yang gitu-gitu aja? Kamu bisa mendekorasi ulang kamar tidurmu mulai dari sekarang. Waktu yang cukup lama dapat memberimu kesempatan untuk mencari konsep dan suasana tempat tidur yang menyenangkan. Kamu bisa menghias dinding kamar dengan foto, gantungan lucu, atau hiasan lainnya. Intinya, ciptakan keadaan kamar yang sekiranya nyaman untuk kamu tempati.

Berkebun

Photo by Dan Gold on Unsplash

Terakhir, kami bisa memilih untuk berkebun di waktu luangmu. Berkebun memang dilakukan di luar, namun selama masih di sekitar rumah dan tidak ramai, kamu tetap bisa merawat tanamanmu. Menghias tanaman juga dapat menjadi hobi tersendiri, lho! Pasti puas dan senang rasanya melihat tumbuhan yang indah dan subur.

Bahkan, kamu bisa menanam buah yang mudah diproduksi seperti jambu, belimbing, atau sawo jika pekaranganmu cukup luas. Dengan penanganan yang tepat, kamu bisa membudidayakan buah-buahan, deh.

Nah, itulah sejumlah kegiatan produktif yang dapat kamu lakukan saat karantina di rumah. Ingat, social distancing sangat penting sebagai upaya mencegah penyebaran virus. Yuk jaga diri sendiri dan orang lain dengan tetap tinggal di rumah!

8 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat #diRumahAja

  ·   5 min read

8 Langkah Mudah agar Aman Saat Berbelanja

  ·   4 min read