Produktivitas, Work

5 Kesalahan Manajemen Waktu Yang Menyebabkan Kekacauan & Stress

Written by Arni Tsalitsa Abid Ra

Hari ini saya ingin membahas beberapa kesalahan manajemen waktu yang dilakukan oleh banyak perempuan ketika mencoba mengatur pekerjaan dan kehidupan mereka.

Saya telah membuat kesalahan ini juga, dan terkadang masih saja dilakukan! Apalagi saat ini saya melakukan pekerjaan di sebuah perusahaan dan menjalankan bisnis online di rumah.

5 Kesalahan Manajemen Waktu Yang Menyebabkan Stress & Kekacauan

Kewalahan Melakukan Daftar di Luar Kendali

Ketika kamu selesai dengan hari itu (hari dalam daftar) dan menyadari bahwa kamu hanya melakukan tiga hal dalam 15 daftar tugas yang harus dilakukan, sungguh keadaan seperti itu cukup membuat frustrasi.

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Saya benci ini, jadi saya tidak lagi mengatur tugas saya seperti ini. Saya sarankan agar kamu berfokus pada satu hal dalam suatu waktu. Jangan pergi ke rencana kedua sampai kamu menyelesaikan rencana pertama.

Urutkan kegiatan sesuai prioritas. Apabila kamu terlalu banyak menambahkan list kegiatan ke dalam daftarmu ini benar-benar akan membuat frustasi, kecuali jika kamu pandai mengatur waktu.

Tidak Membuat Rencana atau Jadwal untuk Hidup Kamu

Jangan lakukan apa pun yang kamu inginkan dalam satu waktu, bertahaplah. Sebaliknya, miliki waktu yang tepat bahwa kamu akan melakukan hal-hal tertentu dalam seminggu.

Perencanaan dan disiplin diperlukan jika kamu ingin mencapai tujuan karirmu. Inilah sebabnya saya memiliki sesi evaluasi mingguan di mana saya meninjau apa yang saya lakukan setiap hari di minggu berikutnya dan semuanya dijadwalkan dalam kalender saya.

Photo by Estée Janssens on Unsplash

Jika kamu tidak punya rencana, kalender kamu (waktu) akan mengendalikan semua kegiatanmu tanpa hasil yang pasti dan ini yang pernah membuat saya benar-benar tidak tahan!

Ingat, kamu adalah orang yang bertanggung jawab atas waktumu sendiri. Kamulah yang mengontrol kalender. Kalendermu tidak mengendalikan kamu!

Kamu harus memiliki waktu yang ditetapkan ketika melakukan hal-hal seperti mengirim email, membaca buku, membuka media sosial, bekerja, melakukan hobby, dll setiap minggunya.

Tidak Memiliki Ritual Pagi

Kesalahan terbesar yang saya lihat berulang kali adalah bangun dan langsung memeriksa handphone. Bagi saya itu benar-benar salah satu ritual pagi yang buruk dalam menjalani hidup.

Cobalah untuk memberi selang waktu 30 menit sampai 1 jam setelah bangun, baru kamu bisa memeriksa handphone.

Lakukanlah rutinitas pagi setelah bangun seperti beribadah, bersih-bersih, meditasi, membuat perencanaan kegiatan, membaca, keluar menghirup udara segar dan berolahraga. Cara tersebut benar-benar mengubah hidup saya saat ini.

Photo by Ben White on Unsplash

Bahkan jika kamu bukan seorang pengusaha, semua hal tersebut bisa kamu lakukan ketika kamu berada di perusahaan setiap pagi.

Ini melibatkan bangun sedikit lebih awal tetapi jauh lebih baik untuk bangun dan melakukan sesuatu yang kamu sukai serta produktif, daripada bangun dan bergegas keluar pintu untuk pergi ke pekerjaan yang tidak kamu sukai.

Jadi pikirkan bagaimana kamu dapat mengubah rutinitas pagi setiap harinya.

Tidak Melakukan Perawatan Diri

Apakah kamu secara teratur memberi ruang waktu dengan sedikit memanjakan diri? Ya, kesalahan besar yang sering terjadi adalah tidak menyediakan waktu untuk kamu dan apa yang kamu sukai setiap hari.

Photo by Aw Creative on Unsplash

Apakah kamu memberi dirimu waktu untuk mengisi energi atau relaksasi diri dengan mengerjakan hasrat serta tujuanmu?

Kosongkan waktumu untuk bersenang-senang, teleponlah beberapa teman, jadwalkan janji temu untuk pergi ke salon, dan lain sebagainya.

Tidak Memiliki Batasan untuk Media Sosial, Waktu Keluarga, dan Waktu Pribadi

Saya menemukan bahwa sebagian besar rekan bisnis ataupun rekan kantor saya tidak cukup untuk menikmati kehidupan.

Ketika kami pertama kali mulai bekerja bersama, mereka tidak mengambil istirahat dari internet dan selalu terikat dengannya. Sayapun pernah melakukan itu, bahkan sering!

Photo by Jessica Rockowitz on Unsplash

Sekarang saya dengan hati-hati menjaga hari libur saya untuk meluangkan waktu dengan keluarga dan berusaha sekuat tenaga untuk mematikan komputer atau menjauhi perangkat teknologi seperti handphone untuk tidak berbicara tentang pekerjaan.

Sangat penting untuk menyadari apa prioritas kamu dan menjaga waktu sebanyak mungkin!