Lifestyle

Light Packing : Teknik Packing Cerdas dan Hemat untuk Perjalananmu

Written by Kriscahyani

Apakah kamu sering membawa banyak perlengkapan saat bepergian hingga jadi ribet sendiri? Bila kamu merencanakan perjalanan yang memakan waktu cukup panjang, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut.

Kamu tentu tidak ingin gara-gara bawaan yang banyak jadi harus menambah biaya bagasi pesawat, bukan? Kebanyakan barang juga akan membuatmu repot ketika harus mengangkatnya dari satu tempat ke tempat lain.

Sudah saatnya untuk beralih pada mode travel light, yaitu konsep traveling yang mengutamakan kenyamanan dengan membawa bagasi seminim mungkin, namun tetap membawa barang-barang yang dibutuhkan.

Dalam travel light dikenal pula metode light packing, teknik mengepak bagasi secara cerdas dan hemat dan ditujukan untuk kenyamanan sendiri. Nah, berikut beberapa tips light packing yang dapat kamu aplikasikan, yuk simak!

Membuat list barang

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai packing ialah menentukan daftar atau list barang. Bawalah barang yang dibutuhkan, yang harus dimiliki, bukan yang baik kalau dimiliki.

Seringkali  kita membawa banyak barang dengan alasan untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan. Memang baik untuk berpikir seperti itu, namun jadi tidak efektif dan efisien. Maka selaraskan juga list tersebut dengan rencana perjalananmu agar tidak ada yang mubazir kalau akhirnya dibawa.

Pilih tas berukuran sedang/kecil

Tas atau koper merupakan elemen yang amat krusial di dalam packing, tentukanlah tas yang tepat sebagai penyimpanan. Terkadang kita tergoda untuk membawa tas atau koper berukuran besar karena tidak ingin ada yang tertinggal. Padahal seringkali pula barang-barang yang kita masukkan tadi tidak semuanya penting.

Nah, mulai sekarang cobalah untuk membawa tas atau koper yang tidak terlalu besar sehingga muat berada di kabin. Namun tetap memiliki banyak bagian di dalamnya, sehingga kamu dapat memenenuhi ruangan di dalam tas tersebut dengan teratur dan maksimal.

Bawa pakaian secukupnya

Sebelum mengemas pakaian, sesuaikan apa yang akan dibawa dengan destinasi wisatamu, kamu tentu tidak mungkin membawa pakaian berbahan sutra ke tempat-tempat yang cuacanya dingin.

Namun bila cuacanya tidak terlalu panas dan dingin, pertimbangkanlah untuk membawa pakaian berbahan dasar ringan.

Saat memilih pakaian untuk dikemas, pertimbangkan pula jumlahnya, sebaiknya jangan membawa terlalu banyak pakaian. Begitu pula dengan pakaian dalam, bawalah secukupnya, kamu bisa mencuci dan mengeringkannya di penginapan.

Untuk pakaian kasual, kamu dapat menggunakan jasa binatu yang disediakan oleh penginapan (jika ada). Perhitungkan juga dahulu berapa pakaian yang akan tersisa sebelum kamu mengantar pakaian kotormu ke binatu.

Gulung atau vakum pakaian

Salah satu cara paling mudah untuk menyisakan ruang lebih di dalam koper atau tas adalah dengan menggulung pakaian. Lipat pakaianmu dalam bentuk gulungan untuk mengurangi ruangan yang terpakai.

Kamu juga dapat menerapkan vakum pakaian, yaitu teknik menggulung pakaian menggunakan plastik khusus vakum pakaian yang dapat ditemui di toko perabot rumah tangga. Selain menghemat ruangan, vakum pakaian juga bisa menjaga pakaian agar tetap terlindungi dari udara lembab.

Pertimbangkan peralatan mandi dan produk kecantikan

Pilihan paling mudah untuk peralatan mandi, tentu saja, dengan tidak membawanya dan memanfaatkan fasilitas di penginapan. Atau kamu juga bisa membelinya di dekat penginapan.

Namun, travel light menjadi lebih menantang bagi wanita, karena biasanya wanita lebih mengutamakan untuk membawa peralatan mandi, skincare dan produk kecantikan milik mereka.

Untuk para wanita, kamu dapat memindahkan perlengkapan mandi dan produk skincare berbahan liquid ke wadah travel size. Serta minimalisasikan alat-alat make-up yang sekiranya dapat ditinggalkan dan tak dipakai.

Pilih produk digital dan gadget yang tepat

Saat ini semuanya sudah serba digital sehingga akan lebih praktis pula bagi kita para pengguna. Pertimbangkan untuk memilih e-book daripada buku untuk memberikan lebih banyak ruang di tas atau koper bagi barang penting lainnya.

Banyaknya gadget yang kita miliki sering membuat kita tanpa pikir panjang membawa seluruhnya saat bepergian. Bepergian dengan barang elektronik yang tepat dapat menghemat bagasi.

Kamu dapat menerapkannya dengan membawa satu gadget yang memang memiliki semua fitur yang kamu butuhkan, sebut saja smartphone. Jangan lupakan pula charger!

Memang terkadang kita kebingungan untuk untuk memilih dan menentukan barang apa saja yang seharusnya dibawa saat traveling. Namun jangan sampai kebanyakan barang membuat kenyamanan perjalanan kita terganggu.

Nah, kamu dapat menikmati traveling-mu tanpa harus ribet perihal bagasi dibantu oleh tips light packingdi atas. Selamat mencoba!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read