Lifestyle

Mengenal Staycation, Konsep Liburan yang Harus Kamu Coba

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini

Di tengah-tengah kesibukan harian yang membuat penat, kita pasti memiliki keinginan untuk bersantai sejenak. Segala macam rutinitas seperti bekerja di kantor seharian, atau kuliah beberapa hari dalam seminggu, rasanya membuat kita ingin segera berlibur.

Namun sayang, mungkin tidak semua dari kita memiliki waktu dan keuangan yang tepat untuk liburan. Belum lagi membayangkan urusan-urusan yang harus dipersiapkan seperti cuti kerja, ijin kuliah, perlengkapan yang harus dibawa, durasi perjalanan, dan lain-lain. Memikirkannya saja seolah-olah jadi beban tersendiri, nih.

Nah, untuk kamu yang ingin berlibur tapi tidak punya waktu atau dana yang cukup, bisa mencoba alternatif lain, yaitu Staycation.

Sudah tahu belum apa itu staycation?

Jadi, liburan itu tidak harus identik dengan ke luar kota atau luar negeri, lho. Ada konsep liburan di dalam kota yang biasa disebut dengan staycation. Kata ini merupakan singkatan dari ‘stay’ (tetap) dan ‘vacation’ (liburan).

Menurut Cambridge Dictionary, definisi staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau dekat rumah tanpa pergi atau melakukan perjalanan ke tempat lain.

Dari mana asal mula kata staycation?

Ternyata, istilah ini muncul pertama kali di Amerika pada 2003, saat mereka mengalami krisis keuangan. Sementara, istilah staycation telah dikenal di Indonesia sejak awal 2010-an, meski trennya baru mengalami peningkatan khususnya di kota-kota besar pada awal 2018. Hingga kini, semakin banyak masyarakat terutama kalangan milenial yang tertarik dengan konsep staycation.

Lalu, apa yang bisa dilakukan saat staycation?

Pilihan kegiatan yang dapat kamu jalani diantaranya adalah piknik di taman, bersepeda, mengujungi museum, rekreasi ke kebun binatang, pergi ke pantai atau gunung sekitar kota, sampai menginap di hotel atau vila terdekat.

Seiring dengan perkembangan media sosial dan internet, staycation memang lebih dikenal dengan arti lain. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah menikmati waktu berlibur dengan menghabiskan waktu menginap di hotel dalam kota. Untuk kenyamanan, hotel yang dipilih sering kali adalah hotel berbintang.

Lalu, pilihan aktivitas di hotel biasanya berupa maraton film, pesta di kolam renang, memesan makanan hotel, spa atau perawatan, dan lain-lain.

Gimana? Apakah kamu masih ragu untuk mencoba staycation? Simak dulu keunggulannya berikut ini, yuk.

Alasan Kamu Tak Perlu Ragu Mencoba Staycation

Lebih Hemat

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Ini adalah poin yang paling penting. Dibandingkan dengan vacation konvensional, kamu bisa lebih menekan biaya liburan saat memakai konsep staycation. Misalnya, kamu tidak perlu menyusun anggaran khusus bagi tranportasi, karena jarak hotel atau tempat wisata yang dekat dari rumah.

Jika kamu hanya memiliki budget yang sedikit, kamu bisa memilih tempat wisata terdekat yang bagus namun murah. Atau sekedar berekreasi di taman kota bersama teman-teman dan keluarga. Bisa juga dengan menginap di hotel berbintang, namun bersama keluarga atau teman-teman agar biayanya dapat ditanggung bersama.

Waktu Fleksibel

Waktu kegiatan staycation berbeda dengan vacation ke luar kota atau negeri yang membutuhkan waktu cukup lama karena dihabiskan untuk perjalanan. Dengan konsep ini, kamu akan lebih mudah menentukan jadwal dan tidak perlu menyiapkan waktu khusus. Kamu bisa berangkat dan pulang di hari yang sama, atau menghabiskan sekitar dua hari saja. Kegiatan ini juga dapat dilakukan ketika weekend, tak perlu cuti kuliah atau kerja.

Terhindar dari Lelah

Photo by Abbie Bernet on Unsplash

Biasanya, kebanyakan orang malas melakukan perjalanan panjang karena khawatir capek dan lelah. Belum lagi alasan seperti jetlag, susah tidur di kendaraan, pusing dan pegal-pegal saat perjalanan, menunggu lama di bandara atau terminal, dan lainnya. Konsep staycation akan membuatmu terhindar dari lelah ataupun stres karena perjalanan yang relatif singkat.

Persiapan dan Pelaksanaan Lebih Mudah

Selanjutnya, konsep staycation akan memudahkanmu dalam hal persiapan dan pelaksanaan, Tak perlu ribet-ribet menukar uang, mempersiapkan jenis baju atau peralatan tertentu, kamu tinggal mencari tempat wisata atau hotel yang diinginkan.

Kamu juga tidak perlu memikirkan hal-hal rumit lainnya seperti dokumen penting atau barang bawaan yang berat, karena kegiatannya yang sederhana dan lokasi yang mudah dijangkau.

Pengalaman Berbeda, Namun Manfaat yang Sama

Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Jangan menganggap staycation lebih tidak menarik dibanding dengan vacation konvensional ya. Meski terkesan sederhana dan singkat, ternyata staycation mampu menciptakan suasana baru yang berbeda. Namun, manfaatnya yaitu efek refreshing juga dapat dirasakan sama seperti ketika traveling ke luar kota atau luar negeri.

Bahkan nilai plusnya, kamu bisa lebih mengenal daerah sendiri. Mungkin selama ini kamu hanya terfokus pada wisata di luar daerah saja, padahal mungkin banyak potensi di dalam kota yang bisa dieksplor. Hal ini bisa membuatmu lebih bangga dan paham dengan keindahan tempat tinggalmu.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai staycation yang semoga saja bisa menginspirasi kamu untuk melakukannya.

Jadi, apakah tertarik untuk mencoba staycation?

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read