Lifestyle, wisata

Menjelajahi Museum MACAN Dari Rumah

Written by Shafira Annisa Putri

Berbicara tentang seni rupa, tentunya Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau yang biasa disebut Museum MACAN tidak dapat dikecualikan. Museum ini merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki karya seni rupa kontemporer lokal maupun internasional, lho!

Nama Museum MACAN sendiri mulai diketahui masyarakat Indonesia ketika Yayoi Kusama, seorang seniman Jepang  yang mengadakan pameran karyanya yaitu Life Is The Heart of A Rainbow di Indonesia. Iya, pameran yang sempat menarik perhatian para pegguna Instagram karena banyak karya polkadotnya itu.

Program #MuseumFromHome

Seperti tempat publik lainnya, untuk sementara waktu Museum MACAN tutup untuk mencegah penyebaran Covid-19. Namun, tidak perlu khawatir karena Museum MACAN mengadakan program #MuseumFromHome yang dapat membuat pengunjung melihat berbagai karya seni rupa dari kenyamanan rumah masing-masing.

Program ini dapat diakses dengan mudah melalui situs web https://www.museummacan.org/MuseumFromHome/museum-from-home. Pada awal halaman, pengunjung museum akan disambut oleh video dari Aprina Murwanti sebagai Kepala Edukasi dan Program Publik Museum MACAN.

“Tim edukasi  akan menghadirkan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga dan anak. Materi yang dapat dipergunakan oleh guru untuk tetap terhubung dengan para murid selama periode belajar jarak jauh juga pengenalan berbagai karya di dalam Museum MACAN “ ujar Aprina.

Menjelajahi Pameran Seni Rupa

Photo by Jessica Pamp on Unsplash

Di bawah sambutan Aprina, dapat dilihat berbagai konten menarik yang berhubungan dengan seni rupa. Pada bagian pertama program yang ditawarkan di website : Explore Our Exhibitions, pengunjung dapat melihat pameran seni yang pernah diadakan oleh Museum MACAN. Mulai dari tulisan kuratorial pameran sampai foto-foto karya ditampilkan pada website.

Arsip lengkap dari pameran seniman lokal seperti Melati Suryodarmo dan Arahmaiani sampai seniman internasional seperti Yayoi Kusama dan Xu Bing tersedia dalam bagian Explore Our Exhibitions ini.

Penulis sendiri merekomendasikan menjelajahi pameran Art Turns. World Turns. bagi pembaca yang ingin mempelajari tentang perkembangan seni rupa di nusantara. Atau pameran Yayoi Kusama: Life Is The Heart of A Rainbow bagi pembaca yang ingin mempelajari bagaimana seni dapat menjadi pelarian psikologis manusia.

Sumber Materi Pendidikan Sekolah

Photo by Alexander Dummer on Unsplash

Seperti yang disebutkan oleh Aprina pada video sambutan, dalam website ini tersedia juga materi pendidikan seni rupa yang dapat diakses oleh para pendidik. Kurikulum dalam materi pendidikan yang telah disusun dengan penuh perencanaan mencakup materi kelas satu sekolah dasar sampai kelas dua belas sekolah menengah atas.

Bagian program yang tidak kalah menarik adalah aktivitas-aktivitas untuk anak yang disediakan. Hanya dengan mengunduh beberapa file pdf yang sudah disediakan, kegiatan karantina di rumah dapat menjadi lebih seru dengan melakukan aktivitas kesenian bersama anak ataupun adik.

“Semoga anda sekalian dapat merasa terinspirasi, termotivasi, dan dapat mempergunakan periode ini untuk kembali terhubung dengan orang-orang terdekat” tutup Aprina.

Nah, terlihat seru sekali kan program #MuseumFromHome satu ini? Jadi tunggu apa lagi, yuk langsung saja dibuka link nya dan jelajahi dunia seni rupa dari rumah!


Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read