Produktivitas

Pentingnya Memelihara Rutinitas Harian : Tahukah Kamu?

Written by Kriscahyani

Kebanyakan orang beranggapan bahwa yang dinamakan rutinitas begitu monoton dan membosankan. Ada pula yang lebih memilih menjadi tipe fleksibel sehingga selalu terbuka dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. Mencoba sebisa mungkin beradaptasi, namun terkadang pada akhirnya jadi kerepotan sendiri.

Tapi, tahukah kamu? Penelitian telah membuktikan bahwa rutinitas sangat penting dan berpengaruh baik kehidupan sehari-hari. Jadi jangan langsung menganggap rutinitas sebagai hal remeh ya. Lalu apa saja sih yang membuat kenapa memelihara rutinitas ini menjadi penting? Kita simak yuk!

Lebih disiplin dan terogranisir

Rutinitas akan membentuk pola tertentu secara berurutan yang berulang. Adanya pengulangan pola ini dalam kehidupanmu akan menghasilkan sebuah kebiasaan yang pasti setiap harinya.

Nah, ketika mengetahui secara pasti apa yang harus dilakukan kemungkinan besar akan membuatmu menjadi lebih disiplin dan terorganisir.

Meningkatkan Fokus

Serangkaian kegiatan rutinitas harian akan meningkatkan fokusmu. Hal ini dikarena kamu akan berpikir untuk mengutamakan apa yang harus diselesaikan. Kamu lebih dapat meminimalisasi adanya gangguan dan menjaga semua hal agar tetap stabil.

Dengan begitu kamu juga akan terlatih untuk memperkirakan dan mengantisipasi yang bisa saja terjadi.

Meningkatkan keterampilan manajemen waktu

Memiliki rutinitas harian membuat kita berelasi pada pengulangan pola tertentu seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pola ini akan membantu menghasilkan daftar rencana kegiatan atau yang lebih kita kenal dengan jadwal.

Selanjutnya, adanya jadwal akan membuatmu lebih mampu mengalokasikan dan mengelola waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aktivitasmu sehari-hari.

Membantu menjaga kesehatan fisik

Seringkali kita tidak sadar bahwa adanya aktivitas harian yang rutin berpengaruh secara signifikan bagi jam biologis kita. Ketika rutinitas kita berubah, maka jam biologis kita juga bisa terganggu.

Misalnya saja, ketika jam makan atau jam tidur kita berubah dapat menyebabkan tubuh kita tidak mendapatkan waktu untuk beristirahat. Selanjutnya ini bisa membuat tubuh tidak bekerja secara maksimal.

Menjaga kesehatan mental

Tidak hanya kesehatan fisik, rutinitas yang jelas juga berdampak baik kesehatan mentalmu lho! Pikiranmu tentu akan lebih tenang dan lega apabila mengetahui bahwa kegiatanmu berjalan lancar sesuai dengan yang kamu rencanakan.

Ini membuat kamu dapat mengurangi kemungkinan stress dan anxiety yang mungkin disebabkan oleh kekacauan dalam keseharianmu.

Menciptakan efisiensi waktu

Alasan lain yang membuat rutinitas menjadi hal yang krusial ialah, rutinitas secara tidak langsung memberikan kamu waktu yang lebih efisien dalam berkegiatan. Kamu tidak harus buang-buang waktu dan bingung memikirkan apa lagi yang harus kamu tuntaskan.

Lebih mudah untuk melakukan rangkaian jadwalmu karena sudah terbiasa melakukan hal tersebut. Ini tentu membuat waktumumu lebih hemat dan memberikan keluangan, nah kamu dapat memanfaatkan waktu luangmu dengan hal-hal menarik lainnya.

Membangun rutinitas harian dan memeliharanya tidak selalu menjadi hal yang mudah. Seperti yang telah disebutkan juga di atas, sebagian orang menganggap bahwa rutinitas membosankan.

Namun tidak selalu begitu kok, rutinitas selain berkaitan dengan pekerjaan juga harus kamu lakukan juga dapat berperan sebagai cara untuk berelaksasi atau bersantai. Nah setelah membaca ini, apa kamu masih menganggap remeh dan tidak mau memelihara rutinitas?