Lifestyle

Pentingnya Mengelola Keuangan Bagi Anak Muda

Written by Chairul Rachman Ramadhan

Masa muda adalah masa dimana kita memiliki impian dan semangat yang tinggi untuk menata masa depan dengan melakukan hal-hal positif. Tapi tak jarang, kita juga tidak dapat menghindari melakukan hal-hal negatif.

Banyak rintangan yang harus kita lalui untuk mewujudkan impian kita, contohnya dalam mengontrol keuangan, Walaupun memang sulit, tetapi mengontrol keuangan amat berdampak pada kehidupan kita kedepannya.

Kemajuan teknologi khususnya internet, menyuguhkan sesuatu yang serba mudah salah satunya kegiatan belanja online. Hal ini tentu membuat kita, khususnya para kawula muda menjadi impulsif dan secara tidak sadar  mengeluarkan banyak uang untuk belanja online. Disaat kita kecanduan dalam berperilaku konsumtif, kita rela membeli apapun yang terlihat menarik tanpa memikirkan kondisi keuangan kita.

Keinginan untuk membeli sesuatu tanpa berpikir panjang mengenai fungsi dan manfaatnya sering menjadi masalah bagi keuangan kita. Terkadang hanya dengan melihat barang bagus dan menarik kita langsung terpikat untuk membelinya sekalipun harga barang cukup mahal. Selanjutnya, membuat keuangan kita seketika menipis hanya karena membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan.

Oleh karena itu sangat penting mengontrol keuangan kita dengan baik agar dapat memberikan dampak yang positif bagi masa depan kita. Nah, kamu dapat mencoba mengontrol keuanganmu mulai dari sekarang agar tercipta kebiasaan hingga tua nanti.

Berikut manfaat yang akan kita dapat saat kita mampu mengelola keuangan kita dengan baik.

Memiliki masa depan yang sejahtera

Mengelola keuangan dengan baik disaat muda akan meningkatkan peluang lebih besar bagi kita mendapatkan masa depan karena keuangan kita sudah terencana dengan baik.

Kita pun harus konsisten untuk menggunakan uang untuk hal yang penting saja dan benar-benar kita butuhkan. Dengan begitu kita hidup kita akan menjadi lebih baik dan mendapatkan manfaat yang nyata apabila dari mengelola keuangan dengan bijak.

Tidak terlilit hutang

Terkadang apabila kita sedang tidak mempunyai uang namun perlu membeli sesuatu, maka salah satu solusi yang kita lakukan adalah dengan meminjam uang kepada orang lain. Tetapi kita sendiri ragu kapan kita dapat mengembalikannya karena kita belum memiliki uang dan akan kepusingan sendiri.

Siapa yang tidak pusing jika memiliki? Dengan mengelola keuangan secara baik kita mampu terhidar dari lilitan hutang karena dapat meredam keinginan-keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak perlu.

Hidup menjadi hemat

Dengan mengelola keuangan secara maksimal kita akan terbiasa untuk hidup hemat. Hemat disini bukan berarti hidup pelit atau serba kurang, tetap selalu merasa cukup. Nantinya kita akan tau apa yang penting dan tidak, selalu mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Ketiga hal diatas adalah manfaat yang dapat kita peroleh  jika mengelola keuangan dengan baik dan mungkin masih banyak lagi manfaat yang akan kita rasakan. Nah, sudahkah kamu siap untuk mengelola keuangan baik?

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read