Lifestyle

Pola Sederhana untuk Hidup Sehat bagi Pemula

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini

Menjaga kesehatan adalah kewajiban yang perlu dilakukan setiap individu. Bukan hanya sekedar tren, memiliki tubuh sehat merupakan bagian dari kesadaran yang harus ditanamkan sejak dini. Dengan tubuh sehat, aktivitas yang akan dikerjakan pun akan semakin lancar.

Mungkin, sebagian besar orang menganggap bahwa gaya hidup sehat itu ribet dan mahal. Alasannya, terlalu banyak aturan atau pantangan yang tidak boleh dilakukan. Padahal, hidup sehat itu mudah dan murah, lho.

Sesuai dengan kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Bayangkan, hanya dengan sakit ringan seperti flu, pusing, atau batuk saja bisa mengacaukan kegiatan harianmu. Belum lagi, biaya-biaya pengobatan yang harus dikeluarkan, menjadi beban tersendiri.

Untuk menjalani pola hidup sehat diperlukan konsistensi. Memang, mengubah kebiasaan yang tadinya tidak peduli menjadi peduli dengan kesehatan itu tidak mudah. Namun setelah mencoba, dampak positif yang akan kamu rasakan sangat besar dan berpengaruh dalam hidupmu.

Lalu, bagaimana sih cara memulai pola hidup sehat?

Kurangi Stres

Photo by Radu Florin on Unsplash

Saat kamu stres, seluruh sistem dalam tubuh juga akan merespons negatif. Bahkan, stres juga dapat mempengaruhi organ tubuhmu yang lain, hingga kamu rentan terkena penyakit. Sebisa mungkin, kurangi atau hindari aktivitas yang bisa membuatmu tertekan.

Bila sudah terlanjur terjebak dalam situasi yang memusingkan, cobalah untuk mengatasinya secepat mungkin. Atau, istiharatlah sejenak dari aktivitas yang membuatmu lelah. Tenangkan diri, ambil napas, dan hibur dirimu dengan hal-hal menyenangkan. Jangan lupa berpikir bahwa setiap masalah pasti memiliki jalan luar. Yakinkan dirimu kalau kamu pasti bisa!

Perbanyak Minum Air Putih

Minum minuman berasa itu boleh, tapi jangan lupa konsumsi air putih rutin, ya. Air putih terbukti memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk membuat metabolism tubuh tetap terjaga. Metabolisme tubuh yang baik akan membuat kinerja organ-organ tubuh menjadi maksimal, menetralisir racun, serta melancarkan pencernaan.

Maka, minumlah air putih delapan gelas dalam sehari secara rutin. Kalau bisa, kurangi juga konsumsi minuman bersoda atau berpengawet lainnya. Terlalu banyak mengonsumsi kopi, teh, atau minuman manis lainnya bisa membuat seseorang rentan terkena diabetes dan penyakit lainnya.

Tingkatkan Konsumsi Sayur dan Buah

Photo by Jannis Brandt on Unsplash

Untuk kamu yang malas mengonsumsi sayur dan buah, coba untuk ubah kebiasaan itu. Kandungan yang ada di setiap sayur dan buah sangatlah bermanfaat bagi tubuh, seperti mencegah sel kanker, kandungan vitamin yang banyak, menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Jangan merasa terbebani untuk langsung mengonsumsi banyak sayur atau buah jika kamu kurang suka. Mulailah dengan hal sederhana seperti minum jus buah, atau menargetkan setidaknya satu sayur dalam sehari. Kreasikan juga makanan sehari-harimu dengan sayur agar lebih menarik dan menggugah selera.

Batasi Kadar Gula dan Garam

Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Jika kamu penyuka asin atau yang manis-manis, coba kurangi mulai sekarang. Masalahnya, kebanyakan sodium dalam rasa asin bisa menaikkan tekanan darah tinggi, jantung, hingga penyakit stroke. Sementara, terlalu banyak gula juga rentan membuatmu kena diabetes. Diabetes dapat membawamu ke penyakit lain yang lebih serius.

Mulailah dari hal simpel seperti mengurangi takaran garam saat memasak, atau mengganti garam dengan penyedap yang lebih sehat. Bisa juga dengan mengurangi takaran gula saat membuat teh atau kopi.

Kurangi Makanan Tidak Sehat

Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Masih soal konsumsi sehari-hari, nih. Mengurangi makanan atau minuman tidak sehat artinya kamu harus berusaha sesedikit mungkin makan junk food, makanan berlemak, dan lain sebagainya.

Perhatikan juga kandungan makanan atau minuman yang akan kamu beli. Jika sekiranya mengandung zat-zat yang tidak sehat, sebaiknya kamu mulai berhenti mengonsumsinya.

Olahraga Rutin

Photo by Jannis Brandt on Unsplash

Jika kamu sering merasa lemah atau tidak fit, mungkin kamu kurang berolahraga. Dengan olahraga rutin setidaknya seminggu sekali sebagai permulaan, tubuhmu akan berubah lebih sehat. Menjadi lebih fit dan bugar, serta dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Mulailah dengan olahraga santai seperti senam, lari-lari kecil, atau yang lainnya. Bergerak secara rutin akan membuat tubuhmu lebih lentur, fleksibel, dan tak mudah lelah. Usahakan untuk membuat jadwal rutin berolahraga. Agar lebih semangat, buat motivasi sendiri atau ajak teman dan keluargamu untuk olahraga bersama.

Jaga Kebersihan

Photo by The Honest Company on Unsplash

Menjaga kebersihan juga termasuk pola hidup sehat. Mengapa? Karena kuman dan bakteri akan jarang mendatangi tempat-tempat yang bersih dan terjaga. Selain itu, tempat bersih juga membuat kita nyaman dan tenang. Usahakan rutin membersihkan lingkungan sekitarmu, mulai ruang tidur, kamar mandi, hingga halaman sekitar.

Istirahat Cukup

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Menjaga waktu tidur yaitu 6-8 jam merupakan cara efektif untuk pola hidup sehat. Tidur yang tepat dapat meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh. Usahakan untuk tidak memforsir energi dengan bekerja seharian. Terbukti, orang-orang yang kurang tidur dapat mengurangi produktivitas, karena mudah lelah, pegal, pusing, dan lain-lain.

Hindari Rokok dan Alkohol

Photo by Ali Yahya on Unsplash

Saat ini, semakin banyak anak muda yang mengonsumsi alkohol dan merokok. Padahal, kedua hal itu bisa menyebabkan kecanduan dan membawa efek berbahaya bagi tubuh.

Rokok dan alkohol dapat menimbulkan penyakit kanker, jantung, paru-paru, dan masih banyak lagi. Jika sudah sering mengonsumsinya, pahami bahaya yang muncul, lalu cobalah untuk kurangi perlahan-lahan. Yuk telaah lagi, apa faedah yang didapatkan?

Cek Kesehatan Rutin

Photo by Hyttalo Souza on Unsplash

Mungkin poin ini yang sering dilupakan oleh banyak orang. Memang, kesadaran untuk memeriksa kesehatan belum terbangun secara merata di masyarakat. Kamu juga mungkin enggan melakukan cek kesehatan rutin karena beberapa alasan, salah satunya biaya yang mahal.

Padahal, ada beberapa penyakit yang tidak terdeteksi atau tidak ada gejalanya. Ketika sudah terdeteksi, ternyata sudah terlalu terlambat dan akhirnya susah disembuhkan. Maka, tidak ada salahnya meluangkan sedikit biaya untuk mengecek kesehatanmu secara rutin.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Ayo ciptakan pola hidup sehat mulai sekarang!

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read