Resep Lazy Cooking yang Dapat Kamu Coba Selagi #Dirumahaja

Written by Shafira Annisa Putri

#Dirumahaja membuat kita menjadi punya banyak waktu luang, terutama ketika akhir pekan datang. Akhir pekan yang biasanya berlalu dengan cepat sekarang terasa lama dan membosankan. Bahkan kegiatan seperti streaming pun menjadi menjenuhkan.

Keadaan ini akhirnya memunculkan keinginan untuk mencoba hal-hal baru, salahnya memasak. Tak dapat dipungkiri, pada masa karantina ini tiba-tiba banyak bermunculan koki amatir di timeline media sosial kita.

Apa sih lazy cooking?

Lazy cooking merupakan sebuah webtoon yang berasal dari Thailand, di dalamnya terdapat berbagai resep makanan. Bahan yang digunakan dalam resep lazy cooking cukup sederhana dan dapat dengan mudah ditemukan di supermarket terdekat.

Teknik memasak ala lazy cooking dipastikan cocok untuk pemula dan bisa dibilang anti gagal walaupun kamu baru mencoba masak untuk pertama kalinya. Resep-resep lazy cooking juga cocok untuk mahasiswa yang mempunyai keterbatasan peralatan masak di rumah kos, lho!

Nah, jika kamu ingin mencoba atau belajar memasak saat #diRumahAja, di bawah ini ada empat resep lazy cooking yang dapat langsung kamu praktikan.

Lime Soda Merah

Photo by Whitney Wright on Unsplash

Masa karantina Covid-19 bertepatan dengan bulan suci ramadan tahun ini, Ramadhan  menjadi saat yang selalu dinanti banyak umat muslim di dunia. Antusiasme menjalani Ramadhan juga tercermin ketika menyiapkan menu berbuka dan sahur. Nah, lime soda merah dapat kamu jadikan menu buka puasamu nanti lho!

Bahan yang diperlukan untuk membuatnya cukup sederhana yaitu, es batu, soda, jeli, jus lime, garam dan sirup merah. Untuk langkahnya, petama-tama masukkan sirup merah ke dalam gelas sesuai selera. Kedua, tambahkan jus lime sebanyak setengah sendok makan dan sedikit garam.

Aduk sampai merata dan tambahkan jeli. Terakhir, tambahkan es batu dan soda lime lalu minuman siap untuk dinikmati!

Brownie Microwave

Photo by Matt Seymour on Unsplash

Resep yang satu ini sangat cocok untuk sarapan atau snack sore hari. Terutama untuk kamu para pecinta makanan manis, resep ini bisa dijadikan alternatif daripada membeli snack secara terus-menerus.

Bahan yang diperlukan adalah tepung terigu, gula, minyak goreng dan cokelat bar. Kamu perlu melelahkan  cokelat bar di dalam microwave selamat dua menit terlebih dahulu. Lalu pindahkan cokelat yang telah dilelehkan ke dalam gelas atau ramekin.

Tambahkan satu butir telur, dua sendok makan tepung terigu, gula setengah sendok makan dan satu setengah sendok makan minyak goreng. Aduk secara merata dan masukkan adonan ke dalam microwave selama tiga menit.

Jika dirasa brownie kurang matang, adonan dapat dimasukkan kembali ke dalam microwave.

Ham Cheese Pangsit Goreng

Photo by Matthieu Joannon on Unsplash

Kemudahan membuat dan kelezatan resep ham cheese pangsit goreng pasti akan membuatmu ketagihan. Bagi kalian yang tidak dapat mengonsumsi daging ham, tidak usah takut karena ham dapat diganti dengan smoke beef atau sosis sesuai selera.

Bahan yang diperlukan adalah kulit pangsit, keju, telur, sosis dan minyak goreng. Adapun langkahnya, potong keju menjadi persegi kecil dan taruh potongan diatas kulit pangsit.

Tambahkan sosis diatas keju sesuai selera. Ketiga, lipat kedua ujung kulit pangsit menjadi bentuk segitiga dan tekankan garpu secara horizontal pada pinggiran kulit pangsit.

Terakhir tinggal digoreng dan pangsit langsung dapat disantap. Tambahkan juga saus untuk rasa pedas.

Nah, mudah banget kan resep-resep lazy cooking? Jadi tunggu apa lagi langsung ke dapur dan coba yuk!