Work

Tanda-Tanda Kamu Tidak Cocok dengan Pekerjaanmu

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini

Apakah kamu pernah merasa lelah dan stres terus-menerus dalam mengerjakan tugas dari kantor?

Tentu, tidak ada pekerjaan di dunia ini yang sempurna atau selalu menyenangkan. Setiap tugas yang diberikan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Namun, jika hampir setiap waktu pekerjaan ini membuatmu tidak bergairah atau bersemangat, dampaknya dapat menghabiskan energi dan produktivitas.

Bahkan ketika ada hal baik di tempat kerja, kamu tetap tidak bisa berhenti berpikiran negatif. Tak hanya sekali atau dua kali, kamu sampai merasa berat untuk bangun dari Senin hingga Jumat untuk berangkat kerja. Atau kamu sering kali merasa tertekan sampai menangis saat diberikan tugas?

Mungkin saat ini kamu masih ragu, apakah kamu cuma bosan dan capek sementara, atau memang benar-benar tidak cocok dengan pekerjaan itu? Untuk lebih mengetahui perbedaannya, berikut tanda-tanda kalau kamu memang sudah tidak cocok atau merasa tersiksa dengan pekerjaanmu sekarang.

Tidak Berhenti Memikirkan Pekerjaan

Photo by Dollar Gill on Unsplash

Pertama, pahami bahwa pekerjaan tidak seharusnya menyita waktumu 24 jam dalam seminggu. Waktu sore dan malam di weekday serta weekend merupakan waktu untuk bersantai dan menyegarkan pikiran.

Namun jika saat pulang kerja atau hari libur kamu tetap memikirkan beban kerja, inilah salah satu tanda kamu sudah tersiksa dengan pekerjaanmu.

Kehilangan Semangat Saat Bekerja

Berkaitan dengan sebelumnya, tentu kamu sudah tidak merasakan gairah dan keanyamanan selama berada di kantor. Bekerja yang notabene adalah rutinitas sehari-hari, akan sangat membuatmu tertekan bila kamu sendiri tidak menikmatinya. Ketidaknyamanan dan rasa malas ini akan mempengaruhi kinerjamu menjadi tidak optimal.

Sebelum melangkah lebih jauh, mungkin kamu bisa cari tahu dulu penyebab dari hilangnya semangat dan rasa nyaman saat bekerja. Bila hal itu ternyata masih bisa diperbaiki, coba untuk perbaiki. Namun jika sudah tidak ada jalan keluar, mungkin kamu memang sudah tidak cocok dengan pekerjaan itu.

Selalu Mengeluh Jika Diberikan Tugas

Photo by Icons8 Team on Unsplash

Jika kamu benar-benar sudah tidak bahagia dengan pekerjaanmu, kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu dan energi untuk mengeluh. Tak hanya di kantor, sering kali kamu komplain tentang urusan pekerjaan di luar waktunya, seperti saat bersama keluarga, teman, atau siapapun yang ada di dekatmu.

Merasa Tidak Berkembang di Kantor

Salah satu tanda kamu tidak cocok dengan pekerjaanmu adalah ketika kamu tidak mengalami perkembangan setelah sekian tahun. Apalagi ketika kamu telah berusaha keras, namun atasanmu kurang memberikan apresiasi.

Saat kamu stuck dengan tugas dan kemampuan yang gitu-gitu saja, hal ini tentu tidak akan baik bagi perkembanganmu. Seharusnya, kamu bisa terus mengasah kemampuan dan meningkatkan pengalaman di dunia kerja.

Kurang Menyatu dengan Suasana Kantor

Photo by Austin Distel on Unsplash

Pada awalnya, kamu merasa sangat cocok dan nyaman dengan bekerja di sana. Sesuai dengan visi, kultur, dan lingkungan perusahaan, serta banyak lagi hal lainnya yang kamu senangi. Namun lama-kelamaan, kamu merasa bahwa sudah tidak ada kecocokan itu.

Padahal kamu sudah berusaha keras untuk menyatu, tapi kamu sudah tidak dapat memperbaiki perasaan tidak cocok di kantor. Jika kamu langsung ingin buru-buru pulang tanpa bersosialisasi dengan rekan kerja, mungkin kamu sebaiknya memikirkan langkah baru.

Tidak Bisa Berpikiran Positif

Sekalipun ada hal-hal baik yang kamu dapatkan dari kantor, kamu tidak bisa menerimanya dengan pikiran terbuka. Rasanya, setiap hari pikiranmu selalu dipenuhi hal-hal negatif yang berkaitan dengan pekerjaan. Kamu cenderung menjadi khawatir, gampang stress dan tertekan karena pikiranmu dipenuhi dugaan-dugaan negatif.

Mengalami Gangguan Kesehatan

Photo by VanveenJF on Unsplash

Perasaan tertekan atau stress tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisik. Untuk sebagian orang, tanda-tanda bila mengalami tekanan adalah seperti sakit perut, pusing, dan lainnya. Bahkan, sistem pertahanan tubuhmu menjadi lemah dan akhirnya gampang terserang penyakit.

Tidak Peduli dengan Performa Kerja

Terakhir, rasanya kamu sudah benar-benar tidak cocok untuk melanjutkan pekerjaan ketika kamu sudah tidak peduli dengan performamu. Bagaimana cara mengetahuinya? Ciri-cirinya termasuk terlalu sering menunda-nunda, tidak proaktif, mengerjakan tugas kantor dengan seenaknya, bahkan tidak mengumpulkan tugas sama sekali.

Saat kamu melakukan tanda-tanda itu hampir setiap hari, sepertinya kamu memang sudah kehilangan minat dengan pekerjaanmu.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Apakah tanda-tanda di atas semuanya atau hampir sebagian besar cocok denganmu? Kalau iya, maka cobalah mengevaluasi diri dan mulailah mencari pekerjaan yang baru. Jangan sampai menyiksa diri sendiri dengan mengesampingkan fakta bahwa kamu memang sudah tidak cocok bekerja di sana. Keluar bukan berarti lemah, kamu hanya lebih peduli dengan dirimu sendiri.

Namun, jangan langsung gegabah, ya. Jika setelah menimbang-nimbang dan memang masih harus bertahan, cobalah atasi persoalan-persoalan yang muncul. Caranya dengan mencari kegiatan menyenangkan atau mengembalikan dirimu pada kondisi positif seperti awal bekerja dulu.

Bagaimana? Apakah sudah lebih memahami pola kerjamu selama ini? Lakukan pekerjaan yang bisa membuatmu senang dan nyaman, dan tinggalkan ketika sudah terlalu membebani. Yuk berpikir dan bertindak cerdas!