4 Tips Cara Memakai Parfum Agar Wangi Seharian

Written by Shafira Annisa Putri

Pemakaian parfum bagi sebagian orang merupakan hal yang tidak dapat dilupakan pada rangkaian langkah perawatan tubuh mereka. Bukan tidak beralasan, parfum sendiri telah dibuktikan mempunyai efek psikologis yang positif. Selain itu, rasanya sudah menjadi sebuah tindakan kesopanan umum untuk memakai parfum agar orang lain tidak mencium bau badan yang kurang enak.

Walaupun begitu terkadang parfum yang dipakai tidak bertahan lama dan memerlukan pengaplikasian ulang sampai beberapa kali dalam sehari. Di bawah ini merupakan beberapa tips agar wangi parfum tahan lebih lama.

Semprotkan Parfum di Belakang Kuping

Source: google

Agar wangi parfum tahan lebih lama, semprotkan parfum pada bagian belakang kuping. Hal ini dapat membuat orang yang berada dekat dengan anda atau sedang memeluk anda dapat mencium bau parfum secara lebih kuat.

Bagi para hijabers yang khawatir bau parfum tidak akan tercium jika menyemprotkannya di belakang kuping ada lokasi alternatif lainnya, lho!. Agar tahan lama parfum juga dapat disemprotkan di titik nadi seperti pergelangan tangan.

Jangan Menggosok Parfum

Source: google

Bertentangan dengan kepercayaan populer menggosok parfum justru merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan. Setelah memakai parfum di badan hindari menggosoknya dengan tangan.

Menggosok parfum dapat menghancurkan komponen yang membuat wangi parfum tahan lebih lama. Proses evaporasi parfum berlangsung lebih cepat ketika digosokkan. Cukup tepuk-tepukan kedua pergelangan tangan dan biarkan parfum mengering dengan sendirinya.

Semprot Parfum Secukupnya

Source: google

Jika anda terbiasa untuk memakai parfum dengan jumlah yang banyak setiap harinya, indra penciuman pun akan terbiasa dengan bau tersebut. Bisa jadi bau parfum tidak dapat dicium oleh anda sendiri.

Umumnya dua sampai empat semprotan parfum sudah cukup. Terlebih ketika disemprotkan pada area seperti belakang kuping atau titik nadi. Jika merasa tidak yakin, coba tanyakan pada orang lain apakah bau parfum tersebut sudah dapat tercium.

Menggunakan Eau de Parfum

Photo by Mpho Mojapelo on Unsplash

Terdapat banyak jenis parfum dengan tingkat konsentrasi aroma yang berbeda pula. Eau de Parfum merupakan jenis dengan konsentrasi aroma yang paling kuat dibandingkan dengan jenis parfum body mist, cologne atau Eau de Toilette.

Sesuai dengan tingkat konsentrasi aroma yang lebih banyak, pada umumnya Eau de Parfum pun dibandrol dengan harga yang sedikit lebih mahal. Dilansir dari parfume.com, Eau de Parfum memiliki kandungan aroma sebesar 10% sampai dengan 20%.

Diatas merupakan beberapa tips agar wangi parfum lebih tahan lama. Bagaimana? Langsung dicoba aja yuk!

Referensi:

Admin /. (2019, December 10). Types of Perfumes by Perfume Concentration. Retrieved August 21, 2020, from http://www.fragrancescience.com/types-of-perfumes-by-perfume-concentration/