Lifestyle

Tips Menabung agar Cerdas Kelola Keuangan

Written by Faqihah Muharroroh Itsnaini

Menabung, suatu hal yang penting dilakukan oleh semua kalangan, baik muda sampai yang tua.

Ada banyak keperluan yang terkadang tidak dapat diprediksi sebelumnya, kemudian ternyata kita membutuhkan biaya besar untuk kebutuhan tersebut. Hal-hal sederhana yang seringkali kita lupakan, bisa muncul kapan saja. Itulah pentingnya memiliki tabungan yang cukup.

Umumnya, beberapa golongan yang rawan untuk menabung karena belum terbiasa adalah mahasiswa atau mereka yang baru mendapatkan kerja.

Masa-masa mahasiswa yang jauh dari pengawasan orangtua, menyebabkan mereka terkadang lupa untuk mengontrol pengeluaran. Sementara mereka yang baru lulus kuliah dan diterima kerja, seringkali mendapat gaji yang masih kecil sementara kebutuhan mulai beragam.

Adanya keperluan mendadak seperti laptop rusak, pengeluaran untuk kerja atau organisasi, biaya ketika sakit, dan lain-lain menjadi tantangan tersendiri.

Sebenarnya, menabung bukan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Kamu bisa mulai dari nominal yang kecil, namun dilakukan secara rutin. Dengan disiplin keuangan dan rutin menabung, kamu bisa mendapatkan hasil yang cukup banyak.

Jika memiliki tekad kuat untuk menabung, tentu akan lebih mudah bila kita merencanakan segala hal yang berkaitan dengan aktivitas ini. Untuk yang masih merasa kesulitan, boleh coba berlatih menabung mulai dari sekarang.

Mari kita bahas satu per satu tips untuk menabung yang tepat berikut ini.

Tetapkan Motivasi

Apa motivasimu untuk menabung? Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing, seperti untuk biaya pendidikan, biaya nikah, masa depan, investasi, dan lainnya. Kamu bisa menuliskan target atau mimpimu saat awal menabung, kemudian memasang tulisan tersebut di tempat yang sering kamu lihat.

Saat kamu mulai malas atau lupa untuk menabung, ingat kembali motivasi awalmu. Mengingat target dan tujuan yang sudah kamu tetapkan dapat meningkatkan motivasi. Meski kecil, tidak masalah. Hal terpenting adalah konsistensinya.

Tentukan Jumlah yang Ingin Ditabung

Selanjutnya, coba kamu pikirkan berapa jumlah yang ingin ditabung setiap bulannya. Jika kamu masih mahasiswa, jumlahnya tentu harus disesuaikan dengan uang saku yang diberikan orangtua. Bila kamu sudah bekerja, sesuaikanlah dengan total gaji yang didapat setiap bulan. Jangan sampai memberatkan ya!

Tidak harus jumlah yang besar. Ketika kamu kebetulan hanya memiliki Rp20.000 saja, tak masalah untuk menabungnya. Setidaknya tabungan tetap diisi rutin, agar secara tak sadar, jumlahnya akan terus bertambah.

Simpan Uang di Tempat yang Aman

Photo by Michael Longmire on Unsplash

Jika kamu menggunakan celengan sebagai salah satu tempat untuk menabung dan menyimpan uang, kamu bisa meletakkannya di tempat tertentu.

Usahakan tempat celengan ini agak tersembunyi, meskipun tetap harus aman. Dengan celengan yang jarang terlihat, kamu bisa lebih menahan godaan untuk mengambil uang tabungan.

Buat Daftar Belanja

Aktivitas ini seringkali terlupakan. Padahal, membuat daftar belanja akan sangat membantumu untuk mengurangi kebiasaan boros dan membeli barang yang tidak perlu.

Biasakan untuk menyusun list belanja sebelumnya, agar kamu tahu prioritas barang yang harus dibeli. Selain itu, kamu bisa mencari tahu apakah ada diskon tertentu untuk barang-barang tersebut atau tidak.

Jangan ‘Kalap’ Melihat Diskon

Photo by Artem Beliaikin on Unsplash

Memang diskon atau sejenisnya akan membantu proses menabung, karena diskon memungkinkan kamu untuk membeli barang dalam jumlah besar. Namun, yang harus diingat adalah perhatikan kebutuhanmu. Hanya beli barang yang kamu butuhkan, bukan inginkan.

Jangan sampai melihat diskon sedikit saja, kamu sudah terlalu senang sampai melupakan tujuan awalmu menabung. Manfaatkan diskon atau penawaran yang ada untuk berhemat, agar uangnya bisa kamu tabung lagi untuk kebutuhan lain.

Catat Pengeluaran

Selesai berbelanja atau membeli barang, jangan lupa untuk mencatatnya. Setiap pengeluaran harus disimpan dan nantinya dirinci. Kebutuhan seperti apa yang paling kamu perlukan, berapa jumlah uang yang keluar dalam sehari, dan lainnya.

Dengan mencatat pengeluaran hingga detil, kamu bisa lebih waspada terhadap keuanganmu.

Bawa Bekal dari Rumah

Photo by S'well on Unsplash

Tips berikutnya untuk membantu proses menabung adalah dengan membawa bekal dari rumah/kosan. Dengan membawa minuman dan makanan yang kamu bikin sendiri, biaya sehari-hari menjadi lebih murah.

Tanpa disadari, pengeluaran untuk makan dan minum di luar sangat besar, lho! Apalagi jika dilakukan tiga kali dalam sehari. Menekan biaya makan berarti semakin banyak uang yang bisa kamu tabung.

Kumpulkan Uang Receh

Supaya uang cepat terkumpul, biasakan untuk menyimpan uang receh yang kamu dapat dari kembalian. Umumnya, orang-orang menganggap bahwa uang receh tidak berharga. Sebagian orang tidak mau menyimpan receh, padahal jika dikumpulkan, uang recehan bisa bernilai lebih. Coba untuk kumpulkan recehan sebagai tabungan, ya.

Pakai Aplikasi Menabung

Jika kamu adalah orang yang sangat rapih dan tersistem, kamu bisa memanfaatkan aplikasi menabung yang ada. Teknologi smartphone yang sudah canggih memudahkan setiap orang yang ingin menabung.

Saat ini, banyak sekali aplikasi untuk menabung, seperti Jenius, Monefy, My Finances, Money Lover, Expense IQ, dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut bisa membantumu menabung karena dapat merinci pengeluaran dan pemasukan.

Mengunci Tabungan

Photo by Nick Pampoukidis on Unsplash

Tips ini terlihat sedikit esktrem bagi beberapa orang. Namun, jika kamu masih suka mendapat godaan untuk mengambil uang di tabungan, mungkin ini cara yang sesuai.

Jika kamu menabung di celengan, pilih celengan yang ada kuncinya atau tidak bisa dibuka dengan mudah. Dengan begitu, kamu akan merasa kesulitan untuk membukanya dan membatalkan niat untuk mengambil tabungan.

Sedikit berbeda dengan menabung di Bank, kamu bisa memilih tabungan yang menggunakan sistem penguncian. Bagaimana maksudnya? Jadi tabungan ini akan tetap terkunci bila belum mencapai nominal tertentu. Hal ini ditujukan agar kamu lebih bisa mengontrol keinginan untuk mengambil uang dari tabungan Bank yang ada.

Itulah beberapa tips untuk menabung agar keuanganmu bisa dikelola dengan baik. Semoga tips ini dapat diterapkan secara efektif ya.

Stoicism: Cara Tepat Menghadapi 2020

  ·   3 min read