Produktivitas, Lifestyle, covid-19

7 Tips Menjaga Pikiran Tetap Sehat Saat Pandemi

Written by Chairul Rachman Ramadhan

Sejak WHO mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi pada pertengahan Maret 2019, banyak upaya dan kebijakan yang muncul untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Salah satunya ialah kebijakan Work From Home yang diterapkan beberapa instansi.

Kampanye Work From Home digagas dengan menjaga pola hidup bersih di antaranya mencuci tangan dan menjaga jarak atau physical distancing. Selain itu, digalakan juga kampanye #dirumahaja untuk mengurangi interaksi dengan orang lain karena dapat berpotensi terpapar virus corona.

Saat #dirumahaja, kebosanan sangat mungkin terjadi karena kita menjalani rutinitas yang sama terus-menerus namun tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Rasa bosan yang mengganggu pikiran tentunya akan sangat berdampak terhadap kreativitas dan produktivitas kita dalam mengerjakan sesuatu.

Kebanyakan dari kita biasanya melakukan refreshing saat pikiran penat dan bosan. Lalu, bagaimana cara untuk menjaga pikiran tetap segar dan produktif disaat kita tidak bisa melakukan refreshing keluar rumah? Nah berikut beberapa tips menjaga pikiran tetap sehat selama #dirumahaja

Meditasi

source: Unsplash

Meditasi cukup penting dilakukan untuk mengelola stres. Dengan meditasi, kamu dapat membiarkan pikiranmu beristirahat dan "dibersihkan" agar siap untuk menerima informasi baru. Meditasi dapat kamu lakukan saat sedang gelisah yang selanjutnya akan membuatmu menjadi lebih tenang.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan meditasi adalah pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum beristirahat. Dengan pikiran yang sudah rileks, akan membantumu untuk menjadi lebih fokus setelahnya.

Mengatur Pola Makan Sehat

source: Unsplash

Pola konsumsi dapat mulai diperbaiki dengan mengurangi konsumsi olahan tepung, kafein, dan gula. Hal-hal tersebut ternyata cukup mempengaruhi pikiran dan emosi yang dirasakan tubuh kita.

Perbanyaklah mengonsumsi buah, sayuran, kacang, daging putih, dan ikan untuk tetap menjaga pola makan sehat.

Lakukan Olahraga Ringan

source : Unsplash

Dengan tubuh yang bugar, pikiran pun tentunya akan tetap sehat dan terhindar dari stres. Olahraga juga cukup berpengaruh untuk menjaga pikiran tetap sehat.

Olahraga di rumah tentunya bisa menjadi opsi yang cukup praktis seperti basic workout. Apabila membutuhkan suasana yang berbeda, kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda mengitari komplek rumah.

Jalani Hobi yang Positif

source: Unsplash

Melakukan hobi-hobi yang positif membantu menyegarkan pikiran kita disaat penat dengan pekerjaan atau tugas kuliah. Bisa dengan menjalani hobi yang sudah ditekuni sebelumnya, atau juga waktu luang dapat digunakkan untuk mengulik hobi baru agar lebih variatif dan tidak bosan.

Tidur Cukup dan Berkualitas

source : Unsplash

Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang tentunya dapat berpengaruh terhadap kinerja tubuh terutama otak. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, pikiran pun tetap terjaga dan dapat beristirahat dengan baik.

Hindari minum kafein selepas jam 5 sore karena akan mengganggu pola tidur yang normal. Usahakan agar bisa tidur malam minimal 7 jam. Ingat, tidurlah saat malam dan terjaga di pagi harinya, jangan terbalik ya!

Merasa Bahagia

source : Unspplash

Menerapkan pola pikir yang positif, membantu kita terhindar dari pikiran-pikiran yang menyebabkan stres. Banyak menonton hiburan yang menyenangkan dan membuat tertawa sangat membantu menciptakan rasa bahagia. Menurut penelitian, tertawa membantu meredakan stres dan mencegah pelepasan hormon yang merusak dalam tubuh.

Mendengarkan Musik yang Menenangkan

source: Unsplash

Mendengar musik yang menenangkan cukup membantu dalam mengurangi stres. Musik yang bernada lembut dan menenangkan dapat membuat detak jantung lebih teratur, meredakan cemas, dan menurunkan tekanan darah.

Musik juga dapat membantu menjadi pengiring saat kita sedang ingin bersantai atau saat ingin fokus mengerjakan sesuatu. Musik yang baik juga dapat membangun suasana dan perasaan hati menjadi lebih baik dan tenang.

Hal-hal ringan yang dapat dilakukan selagi masa #dirumahaja tersebut mampu membantu kita untuk tetap menyegarkan pikiran. Dalam keadaan seperti ini, sangat besar kemungkinan kita untuk memilih bermalas-malasan.

Karenanya, sangat penting bagi kita untuk tetap produktif di masa pandemi ini agar nantinya saat semuanya dapat kembali normal, kita sudah siap untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti biasanya.