5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Written by Adrianus Sukanto

Laptop menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh pelajar, terutama mahasiswa. Laptop menjadi pilihan utama bagi para pelajar karena perangkat tersebut sangat fleksibel. Seperti yang telah diketahui, laptop tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan, melainkan juga dapat digunakan untuk berbagai hal lainnya, seperti bermain gameatau menonton film. Karena sifatnya yang fleksibel, maka jangan heran jika kini komputer mulai ditinggalkan oleh pengguna.

Melihat potensi pasar yang tinggi, tidak heran melihat banyak pilihan laptop dengan spesifikasi dan harga yang menggiurkan. Namun, adanya pilihan yang beragam seringkali menyebabkan pembeli salah memilih laptop yang tepat. Kesalahan ini paling banyak ditemukan oleh pembeli pemula, salah satunya adalah mahasiswa baru. Agar kesalahan tersebut tidak terulang, yuk intip beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop.

Tentukan Apa Kebutuhanmu

Sebelum memilih laptop yang ingin kamu beli, ada baiknya kamu mempertimbangkan apa kebutuhanmu untuk membeli laptop. Jika kamu hanya membutuhkan untuk mengerjakan tugas seperti menulis, sebaiknya kamu memilih laptop dengan desain keyboard yang nyaman untuk digunakan dengan waktu yang lama. Lain halnya jika kamu membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas desain atau editing, tentu kamu memerlukan laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi dan dapat menunjang pekerjaanmu.

Jangan Hanya Termakan Oleh Desain

Perlu diakui bahwa desain memang memiliki daya tarik tersendiri. Namun, kamu perlu memahami bahwa desain yang menarik belum tentu sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu hanya membeli laptop berdasarkan desain yang menarik tanpa memikirkan spesifikasi yang ditawarkan, maka semua akan sia-sia. Kamu perlu mempertimbangkan desain dan spesifikasi secara seimbang. Jangan sampai hanya karena desain yang menarik, pekerjaanmu menjadi terhambat, ya!

Pilih Laptop yang Sudah Resmi di Indonesia

Pilihan laptop yang ada di Indonesia memang tidak selengkap pilihan laptop yang ada di luar negeri. Jika kamu menginginkan laptop yang tidak dijual secara resmi di Indonesia, ada baiknya kamu kembali mempertimbangkan hal tersebut. Kamu tentu akan kesulitan untuk memperbaiki laptop yang kamu miliki jika laptop tersebut tidak dijual secara resmi di Indonesia. Pada umumnya, kamu harus kembali ke negara asal kamu membeli laptop tersebut untuk melakukan perbaikan.

Cek Harga Sebelum Membeli

Tidak jarang orang tergoda untuk membeli sebuah produk dengan harga miring. Padahal, produk yang dijual dengan harga miring patut dicurigai kebenarannya. Jika kamu menemukan harga yang jauh dari pasaran, kamu patut mengecek kebenarannya. Adapun salah satu cara untuk mengecek kebenaran tersebut adalah mencari tahu siapa yang menjual produk tersebut.

Spesifikasi yang Ditawarkan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kamu perlu mempertimbangkan spesifikasi laptop yang kamu inginkan. Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah besarnya RAM, jenis dan besaran memori penyimpanan, prosesor, GPU, dan daya tahan baterai. Pada umumnya, semakin tinggi spesifikasi yang ditawarkan, maka harga yang dibanderol juga semakin mahal. Namun, ada beberapa brand yang menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Maka dari itu, sangat penting untuk mempertimbangkan seberapa sesuai kebutuhanmu dengan spesifikasi laptop yang ingin kamu beli.

Demikian beberapa tips yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop baru. Selain membaca tips-tips membeli laptop, kamu juga perlu membaca atau menonton review laptop untuk meyakinkan dirimu. Namun, hal terpenting yang tidak boleh kamu lupakan adalah perihal dana. Pastikan bahwa laptop yang telah kamu pilih sesuai dengan budget-mu, ya!

Referensi

Gunawan,   A. (2020, May 21). 7 Tip yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Membeli Laptop   Baru. Retrieved from idntimes.com:   https://www.idntimes.com/tech/gadget/arifgunawan/tip-sebelum-membeli-laptop-baru/7

Sentausa, T. (2019,   Oktober 21). 9 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Membeli Laptop Baru.   Retrieved from review.bukalapak.com:   https://review.bukalapak.com/gadget/7-hal-yang-wajib-kamu-perhatikan-saat-membeli-laptop-baru-2631

Sinuhaji, J. (2020,   Februari 18). Simak 6 Tips Membeli dan Memilih Laptop, Salah Satunya   Minimal Intel Core i5. Retrieved from PikiranRakyat.com:   https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-01341334/simak-6-tips-membeli-dan-memilih-laptop-salah-satunya-minimal-intel-core-i5